Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Jalur Kereta Api Cibatu-Garut-Cikajang Tawarkan Keindahan Panorama Garut

CahayaPerdana.com - Sarana transportasi ke objek wisata kawah dan gunung di Garut terbilang mudah. Bahkan untuk mencapai Kamojang pelancong dapat melalui jalur Bandung-Majalaya hingga ke lokasi melalui "trek" mengasyikkan, seperti tanjakan Monteng.

Jika rencana menghidupkan kembali jalur kereta api di Jawa Barat terwujud, tentu akan menambah semarak wisata kota dodol karena jalur kereta api Cibatu-Garut-Cikajang yang dibangun pada tahun 1930-an pernah dinaiki selebriti Hollywood, Charlie Chaplin.

Kabarnya, Chaplin sengaja berkunjung ke Garut untuk menikmati mooi Garut, keindahan panorama Garut. Ia besama rombongan naik kereta api dari Bandung. Turun di Cibatu, ganti kereta api menuju Garut. Ia sempat menginap di Hotel Ngamplang yang pada waktu itu merupakan hotel bintang lima.

Dari Stasiun Garut ke Cikajang, penumpang istimewa kereta api jurusan tersebut adalah para "tuan kawasa" (administrator) perkebunan teh dan karet di selatan Garut. Mereka dilayani dengan gerbong khusus. Maklum, mereka memiliki banyak uang dan punya kuasa besar atas modal investasi dalam bidang komoditas penting di Hindia Belanda.

Sepanjang jalur kereta api Garut-Cikajang, terdapat pemandangan menawan di lembah yang diapit Gunung Cikuray sebelah selatan dan Gunung Papandayan sebelah utara. Sengkedan dan hamparan sawah, ladang, serta hutan terhampar, menyegarkan mata yang tak bosan-bosan memandang.

Semua itu tentu menambah kemasyhuran nilai wisata Garut di masa-masa mendatang. [H. Usep Romli HM / Maman Soleman]
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Share this article / Bagikan Artikel Ini! :