IBX5B7AA7B12AEAB Inilah 4 Jenis Investasi yang Terbukti Membayar Bagi Ibu Rumah Tangga - Cahaya Perdana

Iklan

Inilah 4 Jenis Investasi yang Terbukti Membayar Bagi Ibu Rumah Tangga

Menjadi seorang ibu rumah tangga ternyata bukan perkara yang mudah. Ada begitu banyak pekerjaan yang mesti diselesaikan dalam keseharian mereka. Tetapi, beban seorang ibu rumah tangga nyatanya tidak cuma berhenti sampai disitu saja. Di sisi lain banyak yang berkata kalau rahasia keberhasilan mengelola keuangan rumah tangga terletak di tangan isteri selaku ibu rumah tangga. 

Hal itu memang ada juga benarnya karena isteri berperan penting dalam mengelola arus keuangan rumah tangga. Itulah alasannya mengapa seorang ibu rumah tangga mesti pintar dan cermat dalam mengelola seluruh keperluan rumah tangga. Tetapi, ibu rumah tangga pun tak harus selalu menjadi sosok penjaga aset keluarga. Dari rumah pun, ibu rumah tangga juga bisa mendatangkan uang tambahan guna mempertahankan ruang dapur selalu mengepul.

Seorang istri kerap terlintas untuk membantu suaminya guna memperoleh penghasilan tambahan demi rumah tangga yang tengah mereka bina. Hambatannya, seorang ibu rumah tangga sukar untuk meninggalkan rumah lantaran terkadang masih harus menyusui bayi atau mengurus anaknya yang masih kecil. Nah, salah satu jalan keluar untuk membantu suami mendapatkan income  tambahan adalah dengan melakukan investasi.

Jenis-jenis Investasi

Investasi adalah salah satu cara yang bisa dilakukan siapa saja, termasuk ibu rumah tangga. Lalu, apa saja jenis investasi yang terbukti membayar bagi ibu rumah tangga dan tentunya aman dari unsur penipuan?

Properti
Investasi properti kelihatannya masih menjadi favorit sebagian besar orang, tak terkecuali kaum wanita, walaupun butuh modal besar. Properti disini bisa berwujud apartemen, ruko, rumah atau tempat kos. Untuk mengawali investasi di sektor properti, ada beberapa hal yang penting diperhitungkan seperti biaya perawatan, target pembeli dan riset lokasi yang strategis. Disamping bisa menjadi kebanggaan, investasi berbentuk properti juga menawarkan keuntungan jangka panjang yang menggoda.

Emas 
Jenis investasi ini dapat disebut favorit kaum ibu rumah tangga. Ada beberapa sebab yang menjadikan kaum ibu rumah tangga memilih melakukan investasi dengan emas. Pertama, yakni mudah caranya sebab membeli emas dapat dilakukan dimana pun, seperti membeli langsung emas batangan Antam atau di toko emas, bahkan saat ini Pegadaian mengadakan Tabungan Emas.

Kedua, yakni adanya kecenderungan setiap tahun harga emas akan selalu naik. Hal ini tentunya membuat investasi emas memberikan keuntungan. Nilai emas akan meningkat dengan sendirinya meski cuma disimpan di bank atau rumah saja. Tetapi ada berbagai kelemahan dari investasi emas karena ibu rumah tangga cenderung membeli emas berbentuk perhiasan. Sedangkan perhiasan emas terkena adanya unsur harga produksi dan belum tentu menyertai perkembangan harga emas batangan.

Reksa Dana
Jenis investasi ini semakin banyak disukai oleh kaum ibu rumah tangga lantaran investor-investornya akan memperoleh income pasif dengan tetap setiap waktu. Modal yang dikeluarkan untuk berinvestasi reksa dana akan diputar kembali oleh pengelola investasi (Manajer Investasi/MI) ke pasar modal berupa pasar mata uang, saham, dan beragam jenis investasi yang lainnya.

Keunggulan lainnya dari investasi reksa dana yakni Anda tidak usah pusing-pusing menata saham mana yang mesti dibeli sebab seluruh proses itu ditangani secara langsung oleh manajer investasi. Anda cuma diminta untuk memilih jenis investasi seperti investasi reksa dana emas, pasar mata uang, atau saham. Ketika MI berhasil memperoleh keuntungan dari transaksi yang dijalankannya, maka waktu itulah Anda akan memperoleh juga keuntungan.

Kelemahan/kerugian dari investasi reksa dana ialah keuntungan yang didapat fluktuatif, berdasarkan pada berapa banyak MI berhasil memperoleh keuntungan dari berbagai transaksi yang dijalankannya. Pasalnya pasar modal memang bersifat fluktuatif dan kadang-kadang susah diramal.

Saham
Apabila Anda berminat untuk berinvestasi saham, Anda harus memonitor pergerakan saham di sela-sela kegiatan rumah tangga. Jangan khawatir, Anda tak usah keseringan memantaunya melalui komputer karena saat ini pergerakan saham juga bisa diawasi lewat smartphone. Namun sebelum menanam modal dengan menabung saham, Anda juga harus meluangkan waktu guna mempelajari seluk-beluk mengenai pasar saham. Setidaknya, Anda mesti mempunyai pengetahuan tentang dunia bursa saham, saat yang pas untuk menjual/membeli saham dan perusahaan perusahaan mana saja yang sahamnya bisa dibeli oleh Anda sebagai pemain saham pemula. 

Demikianlah jenis-jenis investasi yang tepat bagi ibu rumah tangga. Menjadi seorang ibu rumah tangga tidak berarti Anda cuma dapat leha-leha menerima uang pemberian dari suami Anda. Dengan sedikit upaya, tidak mustahil sisa dari uang belanja yang telah diberikan oleh suami bisa Anda ubah menjadi investasi yang memberikan keuntungan.

Kumpulkan sedikit-sedikit sisa uang belanja pemberian dari suami, lantas jadikan modal buat investasi. Hasilnya dapat dinikmati sendiri untuk menambah uang jajan anak kesayangan Anda atau kebutuhan. Lumayan, kan? Akan tetapi, sebelum mulai berinvestasi, pastikanlah keadaan finansial Anda lumayan sehat dan bisa mencukupi keperluan keluarga dan rumah tangga. Cobalah untuk memulai investasi dengan modal kecil dan pilihlah jenis investasi yang Anda ketahuil. Nah, yuk kaum ibu rumah tangga, mari kita mulai melakukan investasi mulai dari sekarang.

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :