IBX5B7AA7B12AEAB Mengenal Kriteria dan Syarat Tumbuh Lobster Air Tawar untuk Usaha Agribisnis - Cahaya Perdana

Iklan

Mengenal Kriteria dan Syarat Tumbuh Lobster Air Tawar untuk Usaha Agribisnis

CahayaPerdana.com - Lobster air tawar yang banyak dikembangkan saat ini adalah lobster asal Australia yang dikenal dengan Walkamin Strain Redclaw.  Menurut  Robert Yu, pendiri Walkamin Park Indonesia  mengatakan, Redclaw merupakan jenis lobster yang memiliki pertumbuhan 45% lebih cepat dari jenis Redclaw lainnya. Dengan demikian tentunya akan meningkatkan produktivitas dan keturunan udang bercapit tersebut. Tak heran dalam waktu 6-7 bulan sejak dibesarkan pada ukuran 2,5 inchi lobster air tawar ini dapat tumbuh menjadi 6-7 inchi dengan berat 70 gram.

Lobster air tawar dapat berkembangbiak dengan baik dalam kolam semen atau kolam tanah dengan tingkat kepadatan 5-15 ekor/meter2. Dengan asumsi kepadatan 10 ekor/m2 dalam kolam berukuran 20 m2 alhasil kolam tersebut dapat menampung 200 ekor lobster. Faktor air ternyata juga menentukan keberhasilan budidaya lobster. Suhu air optimal untuk tembuhnya lobster berada pada kisaran 27-29°C dan masih dalam batas toleransi kisaran 23-31°C dengan derajat keasaman 3 (pH) 6,0-8,0. Sementara itu, kadar oksigen terlarut dalam air minimal > 5.0 ppm (part per million) dengan tingkat salinitas dan logam berat berkadar rendah.


Untuk membudidaya lobster ada syarat minimal ukuran induk yang akan dikawinkan agar menghasilkan anakan yang lebih. Induk jantan setidaknya berukuran 7 inchi dan 6,5 inchi untuk induk betina. Ukuran ini diperoteh setelah lobster berumur 9-15 bulan. Umur setahun kiranya pas untuk dikawinkan. Perkawinan lobster dapat dilakukan secara massal dengan menggunakan akuarium minimal ukuran 100 x 50 x 40 cm, bak fiber/kolam semen berukuran 200 x 100 x 40 cm.

Karena perkawinan dilakukan secara massal, komposisi 1 jantan : 3 betina merupakan perbandingan ideal agar betina dapat menghasilkan anakan. Setelah betina berhasil dibuahi ditandai dengan terbentuknya telur berwarna kuning pada perut betina yang kemudian berubah menjadi embrio dan anakan lobster lepas pada umur 5-6 minggu. Saat ini sebaiknya indukan betina disimpan dalam kolam penetasan dengan ukuran 200 x 100 x 40 cm untuk 1 ekor betina. Lama pembesaran benih menjadi anakan berukuran 2,5 inchi diperlukan waktu 2-3 bulan sedangkan lamanya pembesaran tujuan komersil berkisar 6-12 bulan tergantung besarnya lobster yang akan dipasarkan.