IBX5B7AA7B12AEAB Makan Umbi Jalar Bikin Awet Muda, Namun Hati-hati Karbohidrat Berlebih - Cahaya Perdana

Iklan

Makan Umbi Jalar Bikin Awet Muda, Namun Hati-hati Karbohidrat Berlebih

CahayaPerdana.com - Umbi-umbian yang baik dikonsumsi seperti ubi jalar, baik ubi merah maupun ubi ungu, banyak mengandung antioksidan. Hal tersebut terlihat dari warna ubinya. Meski umbi-umbian mengandung antioksidan, vitamin dan mineral, namun komponen terbesar dari umbi-umbian adalah karbohidrat.

Jika makan umbi-umbian dalam jumlah banyak, artinya total asupan karbohidrat juga akan meningkat. Hal tersebut akan berdampak pada total kalori yang masuk ke dalam tubuh. Apabila asupan kalori dari makanan yang mengandung karbohidrat melebihi kebutuhan, ditambah dengan kurang aktivitas fisik, maka dapat berdampak pada kegemukan atau obesitas. Jadi, jika seseorang ingin makan umbi-umbian, maka yang perlu diperhatikan adalah berapa banyak total asupan karbohidrat per hari.


Perhatikan juga substitusi bahan makanan sumber karbohidrat lain, seperti nasi dengan perkedel atau mie, lalu ubi atau singkong sebagai makanan selingan. Jika hal tersebut dilakukan maka total asupan makan sebagian besar berupa karbohidrat. Pasalnya, nasi, kentang, mie, ubi maupun singkong merupakan bahan makanan sumber karbohidrat. Jika tidak diperhatikan asupan makan, maka seringkali asupan kalori menjadi meningkat tinggi.

Di dalam tubuh, asupan karbohidrat akan menstimulasi insulin. Selanjutnya akan menyebabkan enzim-enzim yang bekerja untuk penyimpanan lemak akan teraktivasi. Bila tidak diimbangi dengan pengeluaran energi yang sesuai dengan asupan, maka dapat terjadi penimbunan massa lemak.

Selain itu, perlu diperhatikan juga bagaimana pengolahan umbi-umbian tersebut. Bila umbi-umbian diolah dengan cara digoreng, maka kalori akan lebih meningkat karena adanya penggunaan minyak goreng. Demikian pula bila umbi-umbian dijadikan manisan, maka asupan kalori akan semakin bertambah karena adanya penggunaan santan dan gula pasir. Pengolahan umbi-umbian yang baik adalah dimakan mentah seperti dibuat rujak maupun dikukus.

Selain makan umbi-umbian, untuk awet muda sebaiknya konsumsi bahan makanan alami lainnya seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Sayur dan buah seperti wortel, alpukat, pepaya dan jeruk mengandung banyak vitamin, mineral dan antioksidan. Dengan memperbanyak variasi makanan, maka asupan betakaroten, serta vitamin A, C dan E alami yang didapat akan semakin beragam.   Hal tersebut lebih baik karena tidak ada satu bahan makanan pun yang menjadi makanan terbaik.