Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Naik Kereta Api, Mudah dan Tidak Ribet


Kereta api adalah salah satu moda transportasi favorit untuk masyarakat Indonesia. Di samping harganya terjangkau, moda transportasi umum ini pun cukup cepat dan bebas dari macet. Tidak hanya untuk perjalanan dalam kota, kereta api pun dapat Anda andalkan untuk keluar kota. 

Walau telah menjadi andalan banyak orang, tidak sedikit orang yang masih bingung bagaimana cara naik kereta api untuk pertama kalinya. Memang ada sejumlah prosedur yang relatif membingungkan bila Anda baru pertama kali ke luar kota naik kereta.  

Cara Naik Kereta Api Bagi Pemula

Bila Anda termasuk orang yang baru pertama kali akan naik kereta api, jangan khawatir karena  akan disajikan panduan mudah untuk naik kereta api. Inilah cara naik kereta api bagi pemula yang baru pertama kali naik kereta api. 

1. Pesan Tiket Kereta Api

Pesan tiket kereta api tentu saja adalah langkah pertama sebelum naik kereta. Sekarang dengan teknologi, Anda tidak perlu antre panjang untuk sekedar membeli tiket di stasiun. Anda bisa langsung memesan tiket kereta api murah secara online lewat aplikasi KAI Access dengan metode pembayaran yang mudah sekali. 

Caranya cukup mudah, di aplikasi KAI Access Anda tinggal pilih tanggal, stasiun keberangkatan, dan tujuan Anda. Setelah tarif perjalanan tercantum, lanjutkan ke pembayaran. Pilih salah satu metode pembayaran. Lantas masukkan nomor ponsel dan PIN Anda dan masukkan OTP yang dikirim via SMS. 

Apabila pembayaran berhasil, Anda akan memperoleh notifikasi. Nanti tiket kereta Anda bisa  diakses melalui aplikasi KAI Access pada menu ‘My Trip’. 

2. Check-In dan Cetak Boarding Pass

Sama halnya dengan naik pesawat, sekarang naik kereta pun mewajibkan Anda untuk melakukan check in dan cetak boarding pass kereta api. 

Caranya dengan mengunjungi mesin check-in mandiri (CTM) yang tersedia di stasiun keberangkatan. Umumnya stasiun besar telah menyediakan mesin ini sehingga Anda dapat dengan gampang mencetak boarding pass. 

Bila tak ingin tergesa-gesa ketika hari keberangkatan, Anda pun dapat check-in dari jauh-jauh hari. Karena KAI memperbolehkan Anda untuk melakukan check-in setidaknya 7×24 jam sebelum tanggal keberangkatan. 

Di mesin CTM, Anda masukkan kode booking tiket kereta yang didapat ketika memesan tiket. Pahami dengan cermat kolom yang perlu diisi di layar CTM. Kemudian cetaklah boarding pass Anda. 

Boarding pass yang memuat nama penumpang, tanggal keberangkatan, nama kereta api, dan nomor perjalanan ini mesti Amda simpan baik-baik. 

3. Menyiapkan Boarding Pass dan Kartu Identitas 

Anda mesti memperlihatkan boarding pass dan kartu identitas kepada petugas untuk masuk ke peron. Petugas nantinya akan memindai boarding pass Anda dan dicocokkan dengan kartu identitas Anda. 

Cara ini mengalami sedikit penambahan syarat akibat pandemi. Anda perlu memperlihatkan sertifikat vaksin dan tes negatif COVID-19 untuk perjalanan kereta api jarak jauh.

Bila langkah ini telah terlewati, boarding pass tetap disimpan baik-baik sebab petugas di dalam kereta akan kembali meminta Anda untuk menunjukkannya nanti. 

4. Menunggu Kedatangan Kereta

Pastikan Anda ada di peron yang benar, tempat kereta tujuan Anda akan datang. Untuk mencegah kesalahan ini, sebaiknya Anda datang ke stasiun kereta api minimal 1 jam sebelum jadwal keberangkatan. Jika masih ragu peron tempat menunggu belum benar, Anda dapat menanyakannya kepada petugas stasiun di jalur berapa kereta Anda akan datang.  

Bila masih ada waktu, siapkanlah makanan dan minuman yang dapat Anda beli di minimarket atau restoran di dalam stasiun. Tak membawa uang tunai dan enggan ribet? Anda bisa jajan mudah di perjalanan di restoran kereta api (Reska) dengan pembayaran melalui dompet digital. 

5. Naik Kereta dan Cari Tempat Duduk

Saat kereta api yang Anda tunggu datang. Naiklah ke kereta tersebut serta carilah gerbong dan nomor kursi Anda. Bila telah sampai di kursi Anda, simpan barang bawaan di tempat penyimpanan yang telah tersedia di bagian atas kepala Anda. Ingat, alangkah baiknya menyimpan barang berharga di tas jinjing yang selalu ada di dekat Anda daripada menyimpannya di kompartemen atas. Hal ini untuk berjaga-jaga supaya barang Anda tak hilang ketika Anda tinggalkan tidur. 

Setelah itu petugas kereta api akan kembali meminta Anda untuk memperlihatkan boarding pass dan KTP. Tunjukkanlah kepada mereka dan Anda kini telah dapat menikmati perjalanan bersama kereta api. 

Sekarang sudah kebayang 'kan bagaimana serunya naik kereta api? Terlebih bila Anda traveling ramai-ramai atau mudik Lebaran bersama dengan keluarga atau teman. Agar jalan-jalan atau mudik Lebaran Anda tetap stylish, tentunya Anda perlu menyiapkan beberapa fashion item untuk mendukung penampilan Anda. Item busana yang lazim disiapkan umumnya seperti kaus, kemeja, sepatu, atau sandal traveling.

Untuk Anda yang ingin jalan-jalan atau mudik Lebaran dengan naik kereta api, tetapi tidak ingin ribet, sandal traveling bisa jadi solusinya dan tentunya nyaman sekali ketika dipakai.

Nah, tidak sulit bukan mengikuti cara naik kereta api di atas? Mudah-mudahan berguna!

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

1 komentar untuk "5 Cara Naik Kereta Api, Mudah dan Tidak Ribet"

  1. Untuk yang pertama lai naik kereta jauh dan memesan online, cetak boarding lumayan membingungkan

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News