Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Mudah Menghadang Stroke

CahayaPerdana.com - Penanganan stroke boleh saja semakin canggih dan minim risiko. Akan tetapi. pencegahan tetap menjadi pilihan terbaik yang bisa dilakukan.

Ada beberapa langkah pencegahan yang mudah dan murah yang bisa dilakukan. Hal itu berkaitan erat dengan gaya hidup sehari-hari.

Misalnya dengan berolah raga teratur minimal tiga kali dalam seminggu dengan durasi minimal 15 hingga 20 menit. Jenis olah raga yang dipilih bisa disesuaikan dengan kesukaan serta kemampuan fisik seseorang.

Stroke juga dapat dicegah dengan menjaga pola makan. Jangan terlalu banyak karbohidrat dan protein, lebih baik gizi seimbang dengan porsi yang cukup, tidak berlebihan.

Ketika sudah memasuki usia lanjut seperti 50 tahun ke atas, sebaiknya dilakukan general check up. Tujuannya untuk mengetahui faktor risiko penyakit di dalam tubuh.

Meskipun demikian, orang yang berusia lebih muda juga sangat disarankan untuk melakukan check up agar dapat mengetahui secara lebih pasti mengenai kondisi yang dimiliki.

Kalau terbentur faktor biaya, bisa cek kesehatan yang ringan-ringan dulu, seperti tekanan darah, kolesterol, dan semacamnya.

Waspadai keluhan kesehatan yang mengganggu, seperti gangguan penglihatan, nyeri kepala, atau gangguan lain yang berulang. Bisa jadi, itu merupakan gejala awal karena ada penyakit lain yang menyertai.

Dari sisi jenis kelamin, laki-laki memiliki faktor risiko yang lebih tinggi mengalami stroke karena tingkat stres yang tinggi serta potensi paparan rokok yang lebih tinggi.

Faktor genetik ada, hanya kemungkinannya lebih kecil. Gaya hidup yang lebih berperan menentukan apakah seseorang bisa mengalami stroke atau tidak.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News