IBX5B7AA7B12AEAB Aneka Ragam Spot di Glamping Lakeside Rancabali yang Unik dan Mempesona - Cahaya Perdana

Iklan

Aneka Ragam Spot di Glamping Lakeside Rancabali yang Unik dan Mempesona

CahayaPerdana.com - Wisata Bandung Selatan selama ini dikenal sebagai sentra kegiatan agrowisata (pertanian dan perkebunan teh di Rancabali, Ciwidey, Malabar, Pangalengan, dan Gununghalu), Wisata Tirta (Situ Patengan dan Situ Cileunca), serta Wana Wisata (Kawah Kamojang, Kawah Putih dan air panas Cimanggu). Predikatnya. kini bertambah satu. Kita juga bisa meneropong langit bebas dengan area pandang 360 derajat, berbonus pemandangan mempesona. 

Aktivitas itu bisa dilakukan pengunjung di Teras Bintang. Lokasinya di dalam area Glamping Lakeside Rancabali, Kabupaten Bandung.

Seperti namanya, Teras Bintang merupakan pelataran yang terbuat dari kayu jati, dan berbentuk menyerupai bintang. Di atas ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut, pengunjung juga bisa mengarahkan teleskop ke langit pada malam ketika langit cerah. Sebelumnya, pegunjung juga bisa menikmati keindahan matahari terbenam. Waktu yang biasanya digunakan untuk memulai aktivitas pengamatan langit, sekitar pukul 20.00. Itu pun dengan catatan, ketika langit sedang cerah.


Di area Bandung Selatan ini, awan sangat cepat bergerak. Ketika mendung, bukan tak mungkin tiba-tiba langit bisa cerah kembali dalam waktu relatif cepat. Ada delapan teleskop celestron berbagai ukuran yang bisa dipilih. Dari gardu pandang itu, sebenarnya tak hanya objek langit yang bisa dinikmati. Ketika siang hari, pegunungan hijau, teduhnya Situ Patengan, hamparan kebun teh, hingga suasana penginapan glamorous camping (glamping) bisa dinikmati.

Glamping Lakeside Rancabali berada tepat di pinggir Situ Patengan. Pengunjung bisa langsung mengarahkan kendaraan ke area Glamping Lakeside dan mengunjungi Situ Patengan dengan perahu atau sebaliknya.

Dibandingkan dengan beberapa waktu lalu, akses jalan dari gerbang masuk ke area glamping relatif lebih mulus. Jaraknya sekitar 3 kilometer, dengan akses perkebunan teh di area pinggir Situ Patengan.

Menyerupai pinisi
Selain Teras Bintang, salah satu spot lain yang juga menjadi andalan Glamping Lakeside adalah Pinisi Resto. Bentuknya adalah tempat makan menyerupai perahu pinisi dalam ukuran sebenarnya.

Selain didatangi karena menjanjikan latar berfoto yang ciamik, tempat itu juga sering dijadikan destinasi kuliner. Maklum destinasi itu termasuk dalam jajaran spot paling ujung dalam rangkaian rute Pasirjambu - Ciwidey - Rancabali.

Ada banyak tempat unik yang mengasyikkan. Selain area makan di lantai satu dan dua, juga bagian haluan kapal yang menjadi spot favorit. Ada juga jembatan gantung yang menghubungkan area masuk dan pinisi, taman pakis, serta jembatan danau. Ketika malam hari, jembatan yang membelah salah satu sisi Situ Patengan itu juga dihiasi lampu-lampu penerangan.  Selain itu, ada Glamping Tent Resort, alias tempat menginap di tenda (yang terbilang) mewah karena memiliki konsep glamping.