Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pahami Istilah-Istilah Yang Ada Dalam Aplikasi Penjualan BCA


Bank BCA selain menawarkan layanan dalam bentuk simpanan, pinjaman maupun investasi, sebenarnya juga memiliki banyak produk yang menarik untuk digunakan dalam menunjang transaksi keuangan pribadi sampai dengan bisnis. 

Misalnya yang paling umum digunakan sehari-hari oleh nasabah adalah myBCA serta ada juga layanan dari mobile baking BCA. Namun belakangan ini juga hadir sebuah aplikasi penjualan baru yang dikeluarkan oleh bank BCA yaitu Merchant BCA.

Aplikasi Merchant BCA sendiri memang masih baru dirilis, namun langsung menarik perhatian masyarakat, banyak yang aktif dalam menggunakannya untuk menunjang semua transaksi keuangan. 

Pastinya Anda sendiri juga sudah tidak asing dengan nama tersebut bukan. Karena cukup booming sehingga angka downloadnya sendiri juga tinggi. Tentunya memang didominasi oleh pelaku bisnis yang sebelumnya juga sudah aktif di dalam memakai layanan dari merchant BCA ini.

Penting untuk diketahui bahwa aplikasi penjualan ini memang tidak ditujukan untuk individu, sehingga yang dapat menggunakannya hanya orang-orang yang tergabung dalam merchant BCA, karena termasuk sebagai aplikasi bisnis, layanan nantinya akan terhubung dengan sarana pembayaran BCA Anda, seperti mesin EDC sekaligus juga dengan QRIS. 

Sebelum memutuskan untuk mendaftar atau menggunakan aplikasi tersebut, maka berikut ini ada beberapa istilah yang penting dipahami, agar tidak salah pakai, yaitu:

1. Aplikasi merchant BCA, merupakan sebuah aplikasi mobile yang dikeluarkan oleh bank BCA, dimana nantinya aplikasi tersebut bisa dimanfaatkan untuk menunjang berbagai transaksi bisnis menggunakan pembayaran berbasis cashless dari bank BCA, yaitu lewat mesin EDC maupun QRIS. Software yang digunakan dalam aplikasi ini resmi sehingga bisa dipakai untuk mengakses semua layanan untuk merchant Anda.

2. Admin, yaitu user yang ditunjuk oleh super admin atau disini adalah owner, nantinya admin ini berhak atau punya izin untuk bisa mengakses aplikasi merchant BCA yang dimiliki. Tentunya tidak sembarangan, melainkan sesuai dengan kewenangan yang telah ditentukan oleh super admin.

3. FDM, dikenal juga sebagai formulir data merchant, merupakan sebuah formulir yang isinya adalah data, diberikan oleh merchant untuk diisi yaitu dalam rangka pengajuan permintaan membuat akun, pengadaan terminal, fasilitas perbankan dan yang lainnya, semuanya ada di dalam satu form ini.

4. Kartu, disini ada dua jenis kartu yang dapat dipakai untuk melakukan transaksi, diantaranya adalah kartu debit serta satu lagi kartu kredit, dapat dipakai untuk digesek ke mesin EDC dan melakukan transaksi pembayaran, secara otomatis nantinya akan terhubung.

5. Password, yaitu kombinasi atau kode unit dalam bentuk angka yang digunakan untuk pengaman dan syarat identifikasi admin yang akan masuk dalam aplikasi Merchant BCA.

6. QR Code, merupakan sebuah kode dua dimensi yang terdiri dari 3 penanda dengan pola persegi di sudut kiri bawah, sudut kiri atas sekaligus juga kanan. Punya kemampuan dalam menyimpan informasi digunakan untuk memfasilitasi transaksi pembayaran yang dapat dilakukan dengan pemindaian atau secara digital.

7. Settlement, merupakan sebuah perintah yang diberikan oleh merchant kepada bank BCA lewat sebuah terminal ataupun secara langsung lewat pihak yang bekerja dengan bank BCA, agar bank BCA mengkreditkan dana hasil transaksi pembayaran ke rekening owner.

8. Super admin, ini biasanya adalah owner atau pihak yang ditunjuk oleh merchant untuk mengelola aplikasi tersebut, termasuk diantaranya adalah untuk mengelola dan menerima nomor identitas user ID maupun password.

9. User ID, merupakan identifikasi berupa alamat email yang sudah didaftarkan dalam merchant, menjadi salah satu syarat dalam melakukan identifikasi yang diperlukan untuk akses perbankan tersebut.

10. Terminal, merupakan perangkat penerima pembayaran beserta perlengkapannya yang sudah disediakan oleh bank BCA, dalam hal ini adalah EDC.

Ada banyak istilah-istilah yang memang penting dipahami dalam aplikasi penjualan Merchant BCA, harus tahu sehingga tidak salah dalam menggunakannya. Untuk bisa mendapatkan aplikasinya maka bisa langsung download, setelah tergabung sebagai merchant Anda baru bisa menggunakannya untuk mempermudah mengelola transaksi. Maka dari itu, segera download aplikasinya disini  bagi pengguna iOS dan disini bagi pengguna Android.


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Pahami Istilah-Istilah Yang Ada Dalam Aplikasi Penjualan BCA"

Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News