Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kemampuan Meningkat Melalui Pelatihan Online Bersertifikat


Sertifikat pelatihan adalah salah satu bukti formal yang menunjukkan kemampuan dan keahlian seseorang, biasanya sertifikat ini akan menunjukkan nilai sesuai hasil ujian yang telah dilalui. Pelatihan online bersertifikat memberikan manfaat untuk meningkatkan kinerja dan produktifitas diri melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam pekerjaan. 

Jika memiliki sertifikat pelatihan Anda lebih mudah mendapatkan promosi jabatan karena kelulusan dari program pelatihan telah menunjukkan peningkatan kemampuan baru yang memberikan kesempatan untuk memperluas jenjang karir. Dengan mengikuti pelatihan akan memberi semangat pada Anda untuk bekerja lebih giat guna mengimplementasikan hasil dari program pelatihan. 

Berikut adalah jenis pelatihan yang dibutuhkan dalam pengembangan sumber daya manusia:

• Skill training, pelatihan keahlian untuk menilai kekurangan atau kebutuhan lalu mengidentifikasi penilaian yang diteliti.

• Retraining, pelatihan ulang untuk memberikan keahlian pada karyawan yang memiliki tuntutan kerja yang berubah sehingga akan memberikan rasa percaya diri untuk menyelesaikan pekerjaan.

• Cross functional training, pelatihan lintas fungsional yang melibatkan karyawan dalam melakukan aktifitas kerja untuk bidang lain selain pekerjaan yang telah ditugaskan, latihan ini akan meningkatkan sinergitas dan komunikasi antara fungsional dengan lainnya.

• Team training, pelatihan tim yang diperlukan untuk membentuk kerjasama dalam menyelesaikan pekerjaan yang dilakukan di luar ruangan.

• Language training, pelatihan bahasa untuk membantu perusahaan dapat berkomunikasi dengan perusahaan asing.

• Technology training merupakan penerapan fungsi teknologi yang menerapkan digital marketing, administrasi dan developer sehingga produktifitas karyawan meningkat. 

Untuk mendapatkan pelatihan sebaiknya tentukan profesi. Pelatihan disesuaikan dengan profesi yang sedang dijalani untuk menyesuaikannya dengan perkembangan kemampuan Anda. Lakukan penelitian terhadap penelitian melalui lembaga sertifikasi mulai dari persyaratan, biaya administrasi, prosedur pendaftaran hingga jangka waktu yang diperlukan untuk mendapatkan sertifikat. 

Setelah mengetahui persyaratan, Anda perlu menyiapkan diri untuk mengambil ujian karena bila tidak lulus maka Anda kemungkinan akan mengulang dan proses pembiayaan akan dilakukan kembali. Setelah lulus, pastikan mengetahui jangka waktu berlakunya sertifikat karena setiap pelatihan online bersertifikat memiliki masa aktif dan perlu diperpanjang melalui ujian ulang. 

Berikut adalah jenis-jenis sertifikat profesi:

• Sertifikasi KKNI (kerangka kualifikasi nasional Indonesia) menjadi sebuah standar kompetensi kerja negara Indonesia atau SKKNI. KKNI merupakan kompetensi untuk menyandingkan, mengintegrasikan dan menyetarakan berbagai bidang dengan tujuan untuk mendapatkan pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan pekerjaan hingga 9 jenjang kualifikasi.

• Sertifikat untuk kualifikasi okupasi nasional yang disesuaikan dengan jabatan kerja dan ditetapkan secara nasional dan diakui secara internasional. Skema sertifikasi ini ditetapkan oleh otoritas yang kompeten pada bidangnya melalui peningkatan kompetensi asosiasi industri, asosiasi profesi dan otoritas kompeten.

• Sertifikat profesi paket yang menekankan pada kompetensi kerja lebih yang spesifik dan mengacu pada standar okupasi nasional. Biasanya unit ini dikelompokkan menjadi clutter guna memvalidasi dan mengakui kompetensi kerja karyawan.

• Sertifikat untuk profesi unit kompetensi sebagai standar kompetensi yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. 

Selain itu, terdapat juga sertifikat pelatihan untuk PMP atau project management professional yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan manajer proyek dengan 35 jam kelas pendidikan dan 4.500 jam memimpin proyek. 

PRINCE2 atau projects in controlled environment, sertifikat untuk manajer proyek baru akan terjun di dunia industri, sertifikat pelatihan menekankan pada pengetahuan dasar mengenai manajemen proyek. CSP atau certified scrum professional yaitu sertifikat untuk membantu seseorang memiliki pengalaman dan pengetahuan tinggi terkait scrum dan setidaknya mengikuti 70 kelas pendidikan. 

Untuk mendapatkan pelatihan sebaiknya memilih tempat penyedia pelatihan yang memiliki kredibilitas tempat kursus. Tempat ini akan mudah ditemukan melalui akun media sosial, Google Map hingga website resmi. Kemudian, pilih lembaga yang memudahkan akses Anda terhadap materi dan kelas secara online serta lembaga yang menawarkan sertifikat resmi yang telah diakui di Indonesia. 

Berdasarkan kriteria tersebut maka pelatihan online bersertifikat sebaiknya menggunakan Prasmul-ELI yang berada di Jakarta. Lembaga Prasmul-ELI memberikan nilai excellent, linkage, dan innovation. 

Ketiga nilai akan membantu Anda bertransformasi untuk mewujudkan sumber daya manusia yang sempurna dalam pembelajaran, operasional, dan pelayanan publik serta menjunjung tinggi nilai profesionalitas kerja. 

Selain itu, Prasmul-ELI memberikan pelatihan sesuai kepentingan, kebutuhan hingga masalah untuk mendukung pengembangan diri atau organisasi.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Kemampuan Meningkat Melalui Pelatihan Online Bersertifikat"

Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News