Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Cat Rumah Agar Berkesan Sejuk dan Nyaman


Ketika berencana untuk menciptakan suasana yang sejuk dan nyaman di rumah, ada satu aspek utama yang tak boleh Anda abaikan. Aspek ini merupakan salah satu faktor yang perlu Anda pertimbangkan yaitu pemilihan bahan bangunan yang tepat. Dalam hal ini, bahan bangunan yang akan menjadi fokus perhatian adalah cat. 

Memilih cat yang tepat bukan hanya masalah warna saja, tetapi juga kualitas dan jenis bahan yang digunakan. Dengan memilih cat yang berkualitas tinggi dan sesuai kebutuhan, sudah pasti akan menciptakan suasana yang menyegarkan di setiap sudut rumah Anda.

Lantas, seperti apa kira-kira tips atau cara memilih warna cat rumah yang sejuk sehingga bisa membuat Anda sekeluarga merasa nyaman?

6 Tips Memilih Cat Rumah Agar Berkesan Sejuk dan Nyaman

Rumah adalah tempat di mana semua orang mencari kenyamanan dan ketenangan setelah seharian beraktivitas. Oleh karena itu, penting untuk menciptakan suasana yang nyaman dan menenangkan di dalamnya. Salah satu cara yang efektif untuk mencapai hal ini adalah melalui pemilihan cat yang tepat. 

Ini tak lain karena warna cat yang tepat bisa membantu merubah suasana hati Anda. Bahkan Anda bisa merasa lebih rileks setelah seharian melakukan pekerjaan yang melelahkan. 

Nah, untuk mendapatkan warna cat yang tepat ini Anda bisa memilih warna-warna lembut dan netral. Warna tersebut bukan hanya menyejukkan tapi juga mampu menciptakan ruang yang lapang sekaligus memberi efek menenangkan. 

Supaya lebih jelas, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda praktekkan dalam memilih cat rumah agar berkesan sejuk dan nyaman. Sehingga rumah Anda benar-benar menjadi tempat istirahat yang sempurna di tengah kesibukan sehari-hari. 

1. Memilih warna-warna netral 

Memilih cat yang tepat untuk rumah Anda adalah langkah penting dalam menciptakan suasana yang sejuk dan nyaman. Warna cat yang dipilih bukan hanya sekadar unsur dekoratif saja, namun mampu memberi pengaruh terhadap mood atau suasana hati yang Anda rasakan. Utamanya saat Anda sedang berada di dalam rumah. 

Warna-warna netral seperti putih, krem, abu-abu, dan beige cenderung memberikan kesan yang sejuk dan menenangkan. Warna-warna ini juga memberikan fleksibilitas dalam dekorasi ruangan karena dapat berpadu dengan berbagai jenis furniture dan aksesoris.

2. Pertimbangkan pencahayaan 

Dalam memilih cat rumah agar memberikan kesan yang sejuk dan nyaman, Anda juga perlu memperhatikan faktor pencahayaan. Utamanya cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan di rumah Anda. 

Apabila rumah Anda terbuka dan cahaya matahari bebas masuk maka warna cat dengan nuansa hangat seperti kuning atau krem bisa jadi pilihan. Pasalnya warna ini dapat membuat ruangan terlihat lebih cerah dan nyaman. 

Sebaliknya, jika ruangan dalam rumah Anda cenderung gelap sebaiknya pilihlah warna cat yang lebih terang dan netral. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesan yang lebih terang dan lapang.

3. Menghindari warna yang terlalu mencolok 

Untuk menciptakan rumah yang nyaman dan berkesan sejuk, sebaiknya Anda menghindari penggunaan warna-warna yang terlalu terang atau mencolok. Misalnya warna merah terang, oranye cerah atau hijau neon. Warna-warna tersebut mungkin bisa memberikan kesan yang enerjik, tetapi juga dapat membuat ruangan terlihat gelap dan terasa terlalu ramai. 

Oleh karena ini, sebaiknya pilihlah warna-warna yang lebih lembut dan lembayung untuk menciptakan suasana yang lebih tenang dan nyaman.

4. Pertimbangkan keselarasan dengan furniture 

Saat memilih warna cat, Anda juga perlu mempertimbangkan keselarasan dengan furnitur dan elemen dekorasi lainnya. Jika furnitur Anda memiliki warna-warna yang mencolok atau kontras, maka lebih bagus jika Anda memilih warna cat yang lebih netral agar furniture tetap menjadi fokus utama.

Namun apabila furniture Anda memiliki warna lebih netral, Anda dapat memilih cat dengan warna yang memberikan aksen lebih menarik. Misalnya warna pastel seperti biru muda yang bisa Anda kombinasikan dengan warna merah muda, abu-abu atau putih. Sehingga ruangan Anda berkesan lebih lembut dan menyejukkan. 

5. Gunakan cat dengan efek tekstur 

Selain memilih warna yang tepat, Anda juga dapat mempertimbangkan penggunaan cat dengan efek tekstur seperti cat bertekstur atau cat dengan efek plester. Efek tekstur ini dapat memberikan dimensi tambahan pada dinding dan memberikan kesan yang lebih menarik dan berbeda.

Dengan kombinasi antara warna dan tekstur pada cat, setiap ruang dalam rumah Anda akan terasa lebih hidup. Hal ini tentunya akan membuat Anda dan keluarga akan merasa betah berada di dalam rumah.

6. Konsultasikan dengan ahli desain interior 

Jika masih bingung memilih warna cat yang sesuai, tak ada salahnya jika Anda berkonsultasilah dengan seorang ahli desain interior. Para ahli ini dapat memberi saran dan panduan spesifik berdasarkan gaya dan preferensi pribadi Anda. Mereka juga bisa membantu Anda memilih warna cat yang akan menciptakan suasana sejuk dan nyaman di rumah Anda.  

Sejatinya, memilih warna cat untuk rumah bukanlah hal yang sulit. Namun ada beberapa hal yang tetap harus Anda pertimbangkan. Termasuk dalam hal ini adalah mempraktikkan tips-tips di atas. 

Selain mempraktikkan tips tersebut, cara lain yang bisa membantu Anda agar lebih mudah memilih cat rumah yakni memanfaatkan aplikasi bukabangunan. Aplikasi ini menyediakan berbagai keperluan bahan bagunan termasuk cat yang bisa diaplikasikan pada rumah Anda. 

 Bukan itu saja, aplikasi bukabangunan ini juga aman dan terpercaya. Anda bisa berbelanja apapun kebutuhan yang berkaitan dengan rumah dan bahan bangunan sebab stoknya selalu lengkap. Apalagi harganya juga kompetitif dan terjangkau, sehingga Anda lebih mudah dalam berbelanja dan pastinya jauh lebih hemat.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Cat Rumah Agar Berkesan Sejuk dan Nyaman"

Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News