Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Omnichannel Tingkatkan Layanan Lembaga Pemerintah Indonesia


Komunikasi digital kini semakin banyak digunakan baik itu oleh sektor publik maupun swasta. Sektor swasta biasanya menggunakan komunikasi secara digital untuk dapat bertahan dalam persaingan bisnis yang saat ini semakin sengit. Komunikasi digital pada sektor swasta seperti perusahaan juga kini menjadi cara yang paling efektif untuk berinteraksi dengan para pelanggan maupun calon pelanggan. Pada sektor publik, komunikasi digital digunakan untuk mengikuti perubahan pola komunikasi masyarakat sehingga pemerintah dapat lebih terhubung dengan masyarakat dengan cepat. 

Untuk melakukan komunikasi secara digital, sektor publik seperti lembaga pemerintah dapat menggunakan strategi omnichannel. Omnichannel dapat didefinisikan sebagai platform yang dapat mengintegrasikan berbagai saluran. Omnichannel memiliki tujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Beberapa manfaat omnichannel bagi lembaga pemerintahan adalah : 

1. Membantu Mensosialisasikan Program Pemerintah

Omnichannel dapat digunakan oleh lembaga pemerintahan untuk mensosialisasikan berbagai program yang dimiliki kepada masyarakat dengan tepat sasaran contohnya adalah sosialisasi mengenai program vaksin, atau program lainnya. Selain itu, omnichannel dapat juga digunakan untuk menyebarkan kampanye-kampanye seperti kampanye penggunaan masker dan jaga jarak pada masa Covid-19. 

2. Mempercepat Penyebaran Informasi

Apakah Anda pernah mendapatkan SMS mengenai info atau himbauan-himbauan mengenai Covid-19 dari KOMINFO ketika masa pandemi berlangsung? SMS tersebut termasuk ke dalam penggunaan omnichannel pada lembaga pemerintahan. Dengan menggunakan omnichannel, lembaga pemerintah dapat menyebarkan informasi dengan cepat kepada masyarakat. 

3. Mempermudah Akses Komunikasi 

Masyarakat dan pemerintah dapat saling terhubung di mana pun, kapan pun dan dengan perangkat apa pun. Omnichannel dapat menjadi cara yang mudah bagi masyarakat untuk melakukan pengaduan, memberikan kritik dan saran atau mendapatkan pelayanan melalui digital. Selain itu, omnichannel juga dapat membantu pemerintah untuk selalu memberikan peringatan ketika suatu layanan telah jatuh batas tempo. 

4. Memudahkan Tercapainya Indikator Keberhasilan 

Selain dapat mempermudah akses komunikasi, omnichannel juga dapat membantu lembaga pemerintahan untuk mencapai indikator keberhasilan. Salah satu contohnya adalah lembaga pengelola pajak yang menggunakan omnichannel untuk memberikan reminder kepada para wajib pajak secara berkala sehingga masyarakat membayar pajak tepat waktu. 

Berdasarkan manfaat-manfaat di atas, maka sudah seharusnya lembaga pemerintahan mulai aktif menggunakan omnichannel sebagai salah satu strategi komunikasi digital. Salah satu penyedia jasa omnichannel yang terpercaya dan menjadi rekomendasi adalah omnichannel communication assistant (OCA) dari Telkom Indonesia. OCA Telkom memiliki banyak fitur yang lengkap sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan komunikasi yang dimiliki oleh lembaga pemerintah. 

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News