Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kolaborasi Artificial Intelligence dan Big Data Demi Masa Depan Bisnis


Bisnis yang besar akan membutuhkan berbagai perangkat dan jaringan yang berguna untuk menunjang kegiatan operasional perusahaannya. Terlebih lagi di era saat ini bisnis dituntut untuk serba cepat agar dapat bersaing dengan para kompetitornya. Perusahaan banyak yang telah menerapkan Artificial Intelligence (AI) yang merupakan kecerdasan buatan yang bisa menjalankan berbagai perintah seperti manusia dan dioperasikan melalui komputer. Kecerdasan manusia yang diterapkan pada teknologi AI berupa acting humanly (bertindak seperti orang biasa), think humanly (cara berpikir seperti manusia), think rationally (memiliki pola pikir rasional), dan act rationally (bertindak rasional). 

Teknologi AI dalam menjalankan suatu pekerjaan tidak dapat bekerja begitu saja, namun harus ada Big Data yang diolah. Fungsi AI akan berhubungan dengan seberapa besar data yang tersedia, karena data tersebut akan direkam oleh kecerdasan buatan. Semakin besar data yang tersedia semakin maksimal pula kinerja yang diberikan oleh teknologi AI (Artificial Intelligence). Kolaborasi antara AI dan Big Data membuat teknologi menjadi semakin sempurna dengan berbagai kemampuan istimewa yang dapat diterapkan. 

Manfaat Artificial Intelligence pada Big Data Bagi Bisnis:

1. Mengurangi Risiko

Berbagai macam bisnis pasti memiliki kendala dan risiko yang tidak dapat dihindari, namun hanya dapat dikurangi. Penerapan AI dan Big Data mampu meminimalisir resiko bisnis dengan identifikasi dini, analisis risiko dan mengukur kemungkinan kerugian yang mungkin terjadi. Teknologi AI berperan dalam mengotomatisasi proses dan meminimalisir kesalahan manusia, sehingga kinerja bisnis dapat meningkat. 

2. Meminimalisir Kesalahan Data

Integritas pada sistem data bisnis yang kurang dapat memicu kesalahan, misalnya terdapat perbedaan nominal. Data berupa nominal yang berjumlah besar jika terjadi perbedaan nominal maka akan menyebabkan kondisi yang sangat fatal. Dengan adanya teknologi AI, Anda dapat mengintegrasikan data yang berjumlah besar dalam satu sistem. Teknologi AI juga memiliki kemampuan self-correction untuk menghindari kesalahan yang tidak penting. 

3. Efisiensi Biaya

Artificial Intelligence (AI) yang terdapat dalam Big Data mampu bekerja seperti manusia. Dengan sistem yang telah terintegrasi membuat perusahaan tidak memerlukan banyak sumber daya manusia dalam pekerjaan mengolah data. Pengurangan SDM tersebut akan menghemat anggaran perusahaan.  

4. Mencegah Penipuan

Teknologi AI dan Big Data saling terhubung melalui jaringan. Salah satu kelemahan dari sistem online adalah marak terjadinya kejahatan siber, baik berupa pencurian data, penipuan dan lainnya. Namun kini teknologi AI telah memiliki kemampuan anomali yang dapat mencegah berbagai masalah penipuan dalam dunia siber. Sistem pada AI akan memberi sinyal jika terjadi suatu kesalahan yang dapat dideteksi. 

Gabungan antara Artificial Intelligence dan Big Data memberikan pengaruh positif bagi kelangsungan hidup manusia di era saat ini. Terlebih kolaborasi ini dapat diterapkan dalam pemrosesan data dan telah memberikan manfaat nyata bagi perkembangan bisnis di era digitalisasi saat ini. Kini Telkom Indonesia menghadirkan Big Data Telkom dengan membuat perubahan besar menuju kesuksesan bisnis! Klik disini untuk mendapatkan informasi & pilihan produk Telkom lainnya. 


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Kolaborasi Artificial Intelligence dan Big Data Demi Masa Depan Bisnis"

Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News