Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Dari Mobil Hybrid? Temukan Jawabannya Disini


Keberadaan mobil hybrid sekarang bukan hanya sekedar teknologi terbaru saja tetapi juga memang sangat terasa manfaatnya. Manfaat yang akan didapatkan oleh pemiliknya mulai dari hemat BBM dan juga gas emisinya terbilang rendah. Jadi bagi orang-orang yang tidak ingin sering mampir ke SPBU untuk isi BBM maka bisa langsung beralih ke mobil yang berjenis hybrid. Apalagi sekarang ini mobil hybrid sedang populer dan hits di kalangan masyarakat bahkan popularitasnya melebihi mobil listrik. Perlu diketahui bahwa mobil hybrid tidak sama dengan mobil listrik, jika mobil listrik sepenuhnya sudah digerakkan oleh motor listrik maka untuk hybrid masih menggunakan motor listrik sekaligus mesin konvensional. Mobil listrik dan juga hybrid sama-sama menggunakan baterai sebagai sumber energi sehingga mobil bisa berjalan.

Walaupun bukan termasuk mobil listrik tetapi mobil hybrid mampu menghadirkan efisiensi BBM yang efektif. Jadi bisa dikatakan bahwa mobil hybrid digerakkan dari 2 sumber tenaga, pertama berasal dari mesin pembakaran dan yang kedua berasal dari baterai yang mendukung kerja motor listrik. Saat keduanya bekerja paralel atau bersamaan maka bisa dipastikan akan menghasilkan efisiensi yang lebih baik dari mobil konvensional. Selain itu, mobil hybrid dikenal banyak orang dengan ramah lingkungan sehingga mampu mengurangi polusi sampai angka 90%. Berikut ini akan dijelaskan dengan rinci terkait dengan kelebihan juga kekurangan dari jens hybrid, apa saja?

Kelebihan

  • Irit BBM karena yang banyak bekerja adalah motor listrik sedangkan mesin pembakaran akan otomatis bekerja saat diperlukan biasanya ketika ingin menambah kecepatan lagi.
  • Gas emisi menjadi rendah karena tidak akan ada asap yang akan berdampak kepada polusi, apalagi hybrid diklaim mampu mengurangi polusi sekitar 90%.
  • Tidak terdengar suara mesin karena menggunakan baterai yang sudah terisi energi listrik yang akan disalurkan ke berbagai komponen lainnya agar mobil bisa bergerak.
  • Bisa dengan cepat meningkatkan akselerasi karena ada 2 mesin yang siap bekerja termasuk ketika berada di jalan tol yang butuh kecepatan tinggi untuk bisa sampai ke tujuan.
  • Sudah menggunakan transmisi CVT atau otomatis sehingga penggunaannya lebih mudah dibanding yang manual.

Kekurangan

  • Harganya masih tergolong lebih mahal dan jumlah modelnya belum terlalu banyak dan hanya tersedia pada model-model tertentu saja.
  • Sistem kelistrikan lebih rumit dan juga mahal.

Melihat kelebihan dan juga kekurangan mobil hybrid maka bisa dipastikan bahwa ke depannya akan banyak hadir model terbaru dari beragam merek. Belum lama ini, salah satu Pabrikan yang asalnya dari Jepang menghadirkan Toyota Corolla Cross yang termasuk dalam jenis hybrid dan sudah tersedia di aplikasi SEVA. Aplikasi satu ini juga tidak hanya menyediakan mobil bensin saja tetapi juga menyediakan mobil hybrid yang nantinya akan semakin banyak pilihannya. Apalagi di SEVA juga ada layanan kredit dengan mitra leasing dari perusahaan Astra yang sudah bekerjasama untuk menghadirkan kredit yang benar-benar mudah untuk masyarakat.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Dari Mobil Hybrid? Temukan Jawabannya Disini"

Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News