Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Keramik Lantai Berkualitas Terbaik


Percaya tidak, keramik lantai adalah salah satu elemen penting pada desain rumah? Ada alasannya mengapa keramik menjadi salah satu pilihan penutup lantai yang paling populer.

Walau banyak digunakan, bukan berarti keramik lantai merupakan pilihan yang mainstream dan menjenuhkan. Dengan penentuan pola, jenis, dan kekreatifan anda tentunya keramik lantai dapat memberikan nilai keindahan yang tidak kalah dari bahan lantai lainnya.

Kata keramik asalnya dari bahasa Yunani yakni keramikos yang terbuat dari tanah liat lantas  dibakar. Umumnya keramik banyak dipergunakan untuk penutup lantai bangunan.

Keramik merupakan bagian paling penting pada lantai rumah lantaran berhubungan dengan kenyamanan penghuninya.

Memilih keramik lantai jangan sembarangan supaya kualitasnya terjaga hingga jangka waktu yang panjang. 

4 Tips Memilih Keramik Berkualitas

Semua keramik barangkali akan kelihatan sama untuk orang awam yang tak paham dengan bahan bangunan. Anda mesti memertimbangkan beberapa hal di bawah ini agar lebih mudah dalam memilih keramik lantai terbaik atau berkualitas.

1. Cek Kualitas Keramik

Anda perlu tahu kalau keramik mempunyai kualitas yang ditandai oleh adanya kelas yang berbeda. Keramik terbaik mempunyai julukan kelas 1, sementara keramik yang memiliki kualitas sedang dicirikan dengan sebutan kelas 2 dan kelas 3.

Sebutan ini dapat Anda gunakan ketika mencari rekomendasi keramik lantai terbaik dari para sales toko bahan bangunan. Dengan demikian anda lebih cepat memperoleh keramik berkualitas.

Alhasil, saat anda  mencari brand keramik lantai terbaik di toko bangunan, cermati atau tanyakan kelasnya sehingga anda dapat memperoleh keramik yang paling sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. 

2. Sesuaikan Tekstur Keramik dengan Tempat Pemasangan

Sesuaikan tekstur keramik dengan tempat yang akan dipasangi keramik karena keramik lantai memiliki beragam jenis menurut tempatnya.

Lantai di setiap bagian rumah mempunyai keperluan tekstur yang berlainan. Semuanya tergantung terhadap fungsi dan kenyamanan yang ingin diperoleh penghuni rumah.

Umpamanya untuk lantai teras atau area dekat taman umumnya memberikan jenis keramik bertekstur sedikit kasar dengan aksen timbul. Hal yang sama pun berlaku untuk kamar mandi yang memiliki risiko licin dan ada lumutnya lantaran selalu basah.

Sementara itu untuk lantai di area kamar tidur, ruang tengah, dan ruang tamu lebih cocoknya dengan dipasangi keramik yang memiliki ukuran besar dengan teksturnya yang halus, tetapi tidak licin.

3. Pilih yang Punya Standar SNI

Pilihlah keramik terbaik dari brand yang jelas dan telah sesuai dengan standar SNI supaya jaminan kualitas kian mantap dan teruji kelayakannya.

Keramik berstandar SNI ditanggung tahan terhadap cairan kimia, tahan air, tahan pada noda, tidak licin dan pastinya awet.

SNI bukanlah sekadar formalitas. Bila berbicara soal kualitas, pilihan merek keramik lantai terbaik umumnya telah memenuhi standar SNI.

SNI umumnya mencakup kelayakan bahan baku dan karakteristik keramiknya, misalnya tahan cairan kimia, tahan noda, tahan air, dan tidak licin. Disamping itu, umur keramik yang telah memenuhi standar SNI dipastikan akan lama. 

4. Harga Keramik Lantai Berbeda-beda

Ada banyak sekali varian keramik lantai yang dapat anda peroleh di toko bahan bangunan. Tentu saja setiap varian mempunyai standar harga yang berbeda-beda. Contohnya harga keramik lantai 60×60 tentu berbeda dengan harga keramik lantai berukuran 40×40 dan ukuran 50×50. Di samping itu motif keramik kadang-kadang pula memengaruhi harganya.

Nah itulah tips memilih keramik lantai berkualitas terbaik. Memilih pelapis lantai yang tepat ternyata tidak hanya akan menjadikan hunian teras nyaman, tetapi menambah keindahan hunian anda.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Keramik Lantai Berkualitas Terbaik "

Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News