Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Jenis dan Model Cincin Tunangan Sebelum Membelinya


Cincin merupakan salah satu dari sekian syarat dalam deretan prosesi pertunangan. Cincin merupakan bentuk komitmen antara kedua belah pihak sebagai pasangan untuk mantap melanjutkan hubungan menuju ke jenjang pelaminan. 

Beberapa tradisi ada yang membutuhkan cincin tunangan sepasang untuk disematkan di jemari perempuan dan laki-laki. Tetapi beberapa tradisi ada juga yang hanya menyematkan cincin tunangan pada jemari perempuan saja. Semuanya ini kembali pada referensi setiap pasangan.

Saat ini cukup banyak variasi cincin tunangan, misalnya saja cincin berlian, cincin ruby, dan lain sebagainya. Akan tetapi cincin tunangan berlian adalah model yang senantiasa abadi serta menjadi simbol klasik dan elegan.

Mengenal Jenis-Jenis Berlian 

Memilih cincin tunangan berlian perlu kejelian. Kualitas berlian umumnya ditentukan oleh beberapa faktor, di antaranya potongan, kejernihan, warna, dan karat. Hal yang sangat penting saat memilih cincin tunangan berlian adalah potongan berlian itu. Berdasarkan standar internasional yang telah ditetapkan oleh GIA (Gemological Institute of America), potongan berlian terdiri dari 5 jenis yakni excellent, very good, good, fair, dan poor.

Potongan pada permukaannya memengaruhi tingkat kilauan batu pada cincin tunangan berlian. Potongan dengan kualitas poor biasanya tidak terlampau berkilau. Berlian berkualitas excellent mempunyai potongan simetris yang sempurna sehingga cahaya bisa memantul dari satu sisi ke sisi yang lainnya. Di samping itu, potongan inipun dipoles dengan sempurna sehingga tak terdapat sudut yang kasar. 

Kejernihan suatu berlian dipertimbangkan menurut jumlah, ukuran, warna, pantulan dan posisi dari setiap sudut yang diteliti dengan menggunakan alat khusus. Semakin jernih sebuah berlian akan semakin mahal juga harganya.

Berdasarkan GIA, warna berlian memiliki variasi mulai dari yang transparan (tanpa warna) sampai berwarna bening keruh. Di samping itu, ada berbagai warna berlian yang langka seperti kuning, biru, hijau, dan pink.  Berlian yang tanpa warna (colorless diamond) adalah cincin tunangan berlian yang mempunyai kualitas tertinggi dan amat diminati.

Satuan berat pada berlian disebut dengan karat. Namun berat berlian tak berpengaruh terhadap tingginya harga. Tak seperti emas, harga berlian meninggi bila berlian itu mempunyai kombinasi aspek kualitas antara lain potongan, kejernihan, dan warna. 

4 Model Cincin Tunangan Berlian yang Terkenal

Cincin tunangan berlian bermata satu

Cincin dengan model seperti ini amat klasik dan abadi. Ada makna di balik cincin model ini, yakni menandakan cinta hanya satu. Cincin tunangan berlian model ini cocok untuk pasangan yang senang kesederhanaan. Mata satu berlian menjadikan jari terlihat elegan. 

Cincin tunangan berlian berukir

Biasanya pasangan perlu waktu yang lebih lama untuk memesan cincin model ini. Cincin tunangan berlian berukir telah dikenal semenjak beberapa tahun ke belakang dan banyak pasangan memilih model cincin ini sebab ukiran di cincin menyajikan kesan mewah. Mata berlian biasanya ada satu di bagian tengah, tergantung pada bujet pasangan, mata berlian pun bisa  disematkan pada beberapa ukiran di cincin. 

Cincin tunangan berlian glamor 

Cincin ini mempunyai lebih dari satu berlian dan kesan glamornya langsung tampak pada cincin tunangan dengan model satu ini. Umumnya, cincin tunangan berlian glamor pun dikombinasikan dengan jenis batu-batuan lainnya untuk menjadikan penampilannya lebih tampak mewah dan mahal. 

Cincin tunangan berlian dengan inisial nama

Model cincin tunangan yang mempunyai inisial nama pasangan amat populer semenjak beberapa tahun lalu. Pasangan ingin memperlihatkan rasa cinta yang mendalam kepada pasangannya dengan membuat cincin tunangan berlian yang berukirkan inisial nama pasangan. Umumnya ukiran janji setia pun dibuat di dalam model cincin ini. 

Pilihkanlah cincin tunangan berlian yang sesuai dengan kepribadian pasangan. Anda perlu tahu bahwa cincin bukan cuma untuk menyimbolkan sebuah hubungan, namun menjaga kualitas hubungan sehingga komitmen dari awal menjadi hal yang paling penting.

Berlian dari Passion Jewelry adalah perhiasan yang cocok sekali untuk dijadikan cincin tunangan. Pasalnya berlian Passion Jewelry merupakan berlian natural dari alam dengan  Very Very Slightly (VVS) dan grading color di rentang D-F.

Passion Jewelry adalah perusahaan butik perhiasan pertama yang menggunakan syndetech diamond yang bisa mendeteksi berlian itu asli atau palsu dan lab grown sehingga kualitas berlian Passion Jewelry terjamin semua, yakni batu berlian natural.

Perlu diketahui, batu berlian natural memiliki usia milyaran tahun. Jadi hadiah cincin berlian sebagai tunangan menjadi hal yang romantis. Karena seperti melambangkan usia cinta mereka yang abadi selamanya.


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Kenali Jenis dan Model Cincin Tunangan Sebelum Membelinya"

Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News