Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menulis Essay LPDP untuk Meraih Beasiswa LPDP 2023


Beasiswa LPDP 2023 telah resmi dibuka beberapa waktu lalu.  Beasiswa dari LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) ini merupakan beasiswa incaran untuk para pejuang beasiswa yang ingin menempuh jenjang pendidikan magister atau doktoral. Oleh sebab itu, untuk Anda yang mengincar beasiswa ini, minimal telah menyelesaikan pendidikan sarjana atau sarjana terapan (S1/D4).

Adanya jenis beasiswa LPDP yang cukup beragam merupakan satu diantara beberapa alasan mengapa beasiswa ini banyak ditunggu pendaftarannya. Di samping karena beasiswa penuh, LPDP juga dikenal menyediakan program beasiswa beragam dan mempunyai target khusus.

Kebijakan ini menunjang setiap kandidat untuk memilih program paling sesuai sekaligus mencegah persaingan yang terlalu ketat. Lantas apa sebenarnya beasiswa LPDP itu? 

Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP ialah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia lewat pemanfaatan DPPN (Dana Pengembangan Pendidikan Nasional) yang dikelola oleh LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) untuk pembiayaan pendidikan tinggi. 

LPDP itu sendiri merupakan program beasiswa yang membidik jenjang pendidikan pascasarjana, meliputi jenjang S-2 dan S-3. Kandidat bebas untuk memilih jenis beasiswa LPDP yang dianggap paling sesuai, sekaligus menentukan pilihan kuliah di dalam atau di luar negeri. 

Selama pilihan perguruan tinggi tujuan termasuk di dalam program beasiswa LPDP itu, maka dapat mengikuti proses pendaftaran. Pada tahun 2023 ini pendaftaran LPDP dibuka menjadi dua gelombang. 

Gelombang yang pertama dijadwalkan pendaftarannya mulai dibuka sejak 25 Januari 2023 lalu dan ditutup pada 25 Februari 2023 yang akan datang. Tetapi sebelum mendaftar pastikan telah memilih jenis program yang sesuai. 

Di samping itu, cek pula persyaratannya seperti apa untuk memastikan telah bisa memenuhinya secara baik. Bila tidak maka dijamin tak akan lolos pada tahap seleksi awal, yaitu tahap administrasi.

Tips Menulis Essay yang Baik dan Benar

LPDP tentu saja merupakan salah satu beasiswa yang jadi incaran orang-orang. Baik untuk memulai pendidikannya di perguruan tinggi atau melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Essay adalah salah satu syarat LPDP yang mesti kita buat saat melakukan pendaftaran bea siswa LPDP. Lalu, bagaimana cara membuat Esai LPDP atau Essay LPDP yang baik dan benar?

Essay yang dibuat oleh pelamar mesti dapat menjawab keinginan pemberi beasiswa. Dalam hal ini pelamar perlu mengetahui latar belakang LPDP mengadakan beasiswa yaitu sebagai investasi negara guna membangun Indonesia.

Pada tahap seleksi administrasi ini, pelamar akan diminta untuk membuat sebuah essay tentang kontribusi untuk negeri, yang dijabarkan ke dalam tiga poin utama. Ketiga poin itu perlu dideskripsikan ke dalam 1.500 - 2.000 kata secara terstruktur, sistematis, dan tanpa mengulang poin yang sama.

Di dalam menulis sebuah essay, kecuali memerhatikan aturan yang berlaku, ada beberapa tips agar essay yang Anda buat bisa dilirik oleh pemberi beasiswa. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Menjadi diri sendiri, tunjukanlah karakter diri Anda sendiri
  • Tulis sesuai dengan EYD, essay condong memakai gaya bahasa sendiri, tetapi tetap sesuaikanlah dengan ejaan yang benar.
  • Menulis jauh-jauh hari sebelum penutupan, mulailah membuat essay sedini mungkin agar lebih tenang dan mempunyai waktu untuk mengedit lagi.
  • Mintalah kepada orang lain untuk membaca tulisan Anda. Sekalian minta koreksi dan saran dari mereka sebagai pembaca essay Anda.

Struktur Essay Beasiswa LPDP yang Benar

Berikut adalah struktur dari essay yang bisa kita pakai saat kita ingin melamar beasiswa LPDP.

  • Deskripsi diri, mendeskripsikan diri kita secara singkat, padat dan jelas
  • Deskripsikan kontribusi yang sudah, sedang, dan akan dilakukan untuk masyarakat/lembaga/ profesi dan komunitas
  • Deskripsikan mimpi Anda mengenai Indonesia di masa depan
  • Deskripsikan peran apa saja yang akan Anda lakukan
  • Menjelaskan bagaimana cara mewujudkan mimpi tersebut.

Nah, demikianlah ulasan tentang beasiswa LPDP dan tips menulis essay LPDP yang baik dan benar. Semoga artikel ini bisa membantu Anda saat ingin melamar atau mendaftar beasiswa sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. 

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Tips Menulis Essay LPDP untuk Meraih Beasiswa LPDP 2023"

Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News