Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Manfaat Media Placement untuk Optimalkan SEO Bisnis

Kenali Manfaat Media Placement untuk Optimalkan SEO Bisnis

Apakah Anda mempunyai bisnis tertentu dan ingin mengembangkan bisnis itu dengan membangun brand melalui media digital? Taukah Anda bila ada sebuah cara untuk mendongkrak nama brand Anda sehingga dapat lebih dikenal masyarakat? Salah satu caranya adalah dengan menggunakan media placement.

Media placement merupakan salah satu metode beriklan paling ramah yang banyak dimanfaatkan pelaku bisnis atau pebisnis online dalam mempromosikan produk atau jasa. Menempatkan suatu konten di website atau media berita adalah salah satu praktik SEO (Search Engine Optimization) paling baik yang bisa meningkatkan brand awareness. 

Singkatnya, media placement adalah strategi pemasaran konten yang dapat membentuk audiens secara online sekaligus mempermudah bagi masyarakat dalam mengingat suatu merek (brand) sehingga berpotensi meningkatkan branding.

Apa Itu Media Placement?

Media placement tak ubahnya dengan content placement, yakni sama-sama menempatkan konten atau artikel di suatu website. Apabila content placement identik dengan penempatan konten di suatu blog, maka media placement ini mempublikasikan artikelnya di suatu website berita. Di dalam konten itu sudah disisipkan hyperlink yang menuju ke website bisnis.

Bila dilihat dalam konteks link building (membangun link), media placement bisa membantu meningkatkan citra website bisnis di seach engine. Tetapi kegunaan media placement tak hanya sampai di situ saja. Untuk pebisnis online yang tak mempunyai website juga bisa merasakan dampak dari penggunaan media placement ini seperti dapat menaikkan citra bisnis, mempromosikan produk atau jasa ke telinga publik.

Media placement merupakan corong dalam membangun reputasi bisnis yang menggunakan media online bertujuan memenangkan pencarian kata kunci (keyword) tertentu di mesin pencari. Adapun ciri-ciri penggunaan media placement, yakni adanya tautan (link) yang mengarah ke sebuah produk atau jasa, brand, atau website/situs yang dituju.

Singkatnya, media placement ialah layanan publikasi berbayar atau sponsored content di media online. Media online yang digunakan untuk media placement itu akan memberikan backlink ke arah halaman website bisnis, produk, atau jasa. Jadi bisa dibilang bahwa media placement sama saja dengan menanam backlink di media online.

Manfaat Media Placement untuk Kampanye SEO

Tidak sedikit manfaat yang bisa diambil bila menggunakan media online untuk kampanye SEO. Dengan menempatkan konten pada media online bisa menghilangkan kesan bahwa artikel tersebut adalah iklan. Sering juga pebisnis online yang memanfaatkan jasa media placement tanpa menyebutkan brand mereka atau mensugesti pembaca untuk membeli dengan cara langsung.

Berikut beberapa manfaat menggunakan media placement berkualitas untuk SEO bisnis:

1. Sebagai Metode Iklan yang Ramah

Menempatkan konten dalam bentuk artikel di suatuu website berita membuatnya lebih user friendly atau ramah pengguna. Masalahnya, tidak sedikit pengguna internet yang sedang berselancar mencari informasi merasa terganggu dengan adanya iklan banner (ads banner) yang tampil pada suatu website.

Dengan memilih cara yang ramah dalam menjalankan iklan merupakan langkah solutif untuk mengkampanyekan bisnis. Memilih mempublikasikan konten di media online dengan penyajian soft selling untuk sebuah promosi konten menjadi pilihan paling baik untuk keberlangsungan bisnis ke depannya.

2. Meningkatkan Traffic Website

Salah satu keuntungan dari bisnis berbasis website adalah mampu menjangkau pelanggan dari berbagai daerah sampai ke luar negeri. Hal itu bergantung pada bagaimana pemilik website  memberikan konten dan melakukan optimasi pada website itu.

Tidak sedikit metode optimasi SEO off page yang dapat dilakukan untuk meningkatkan traffic website. Antara lain menggunakan jasa media placement sebagai jembatan untuk mempublikasikan artikel di media online yang memiliki domain rating tinggi dan trafik pengunjung yang padat.

3. Optimasi SEO off Page

Media placement merupakan salah satu teknik optimasi SEO off page yang paling banyak dipakai oleh perusahaan besar maupun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan tujuan mendapatkan peringkat yang baik di search engine (mesin penelusuran).

Untuk itu dibutuhkan backlink (tautan kembali) dengan reputasi baik dari media online yang diseidakan secara natural untuk mencapai hasil yang maksimal. Backlink itu dapat diperoleh dengan cara memilih media online dan memilih jasa media placement terbaik dan terpercaya di Indonesia.

Kelebihan Media Placement

Berikut beberapa kelebihan media placement untuk perkembangan bisnis.

  • Brand Anda dapat dikenal lebih luas
  • Bisa dijadikan aset digital untuk jangka panjang
  • Artikel/konten Anda di media nasional memiliki potensi dibaca oleh ratusan ribu bahkan jutaan warganet
  • Bisa membangun citra positif bisnis Anda di mata publik
  • Bisnis Anda memiliki kesan baik sebab muncul di berbagai media mainstream di Indonesia
  • Media online nasional memiliki cara penyajian tersendiri dan unik
  • Konten/artikel Anda yang terbit di media online akan otomatis muncul di Google News (Google Berita)
  • Authority (Domain dan Page Authority) dari media online amat tinggi dan baik untuk kebutuhan SEO

Agensi Terbaik Penyedia Jasa Media Placement

Jika sekarang Anda sedang mencari penyedia layanan atau jasa media placement, maka Endee Communications adalah pilihan yang tepat.

Endee Communications adalah salah satu penyedia jasa digital marketing sekaligus penyedia layanan media placement yang sudah membantu kalangan pelaku bisnis atau perusahaan untuk meningkatkan reputasi bisnis mereka di mesin pencari seperti Advan, Sunco, Avitex, dan lain sebagainya.

Endee Communications menyediakan beragam pilihan media online yang dapat disesuaikan dengan budget perusahaan. Selaku penyedia jasa media placement yang independen, Endee Communications menawarkan berbagai pilihan media online dengan harga yang cukup terjangkau. 

Penggunaan layanan jasa media placement Endee Communications amat dianjurkan dibandingkan dengan Anda melakukannya sendiri. Pasalnya, telah banyak pebisnis online menggunakan layanan ini untuk kepentingan SEO bisnis.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

2 komentar untuk "Kenali Manfaat Media Placement untuk Optimalkan SEO Bisnis"

  1. Seperti layaknya backlink ya bos qu...
    mantaf lah...
    terima kasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang itu ada backlinknya juga, hanya saja ditanamnya di media berita nasional terkemuka seperti Kompas, Berita Satu, Tribun, dll ...... bukan di blog/website pribadi.

      Hapus

Posting Komentar

Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News