Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kulit Terbakar Matahari


Kulit terbakar matahari dan mengelupas bisa membuat Anda tidak percaya diri. Meski tampak  sepele ternyata menggunakan sunscreen atau tabir surya secara berkala amat penting untuk mencegah sunburn atau kulit terbakar, khususnya bila Anda kerap beraktivitas di luar ruangan. 

Sunburn merupakan keadaan di mana kulit menderita iritasi karena terpapar sinar ultraviolet (UV) yang berlebihan. Menurut Mayo Clinic sinar UV ini bisa berasal dari matahari atau sumber buatan seperti tanning beds (alat untuk membantu warna kulit menjadi kocokelatan) dan lampu UV.

Sinar ultraviolet (UV) terbagi menjadi dua jenis, yakni UVA dan UVB. UVA adalah gelombang cahaya yang bisa menembus lapisan dalam kulit dan mengakibatkan kerusakan kulit setiap waktu. Sedangkan UVB adalah gelombang cahaya yang bisa menembus kulit pada bagian permukaan dan menimbulkan kulit terbakar.

Cara Mengatasi Kulit Terbakar Matahari

Nah, bila kebetulan Anda kerap beraktivitas di luar ruangan atau mempunyai rencana untuk liburan ke pantai dalam waktu tidak lama lagi, berikut ini beberapa cara mengatasi kulit terbakar matahari yang bisa Anda coba dan akan amat berguna.

1. Kompres dengan menggunakan air dingin atau air es

Caranya yakni dengan membasahi kain bersih menggunakan air dingin atau bisa juga menempelkan es batu yang dibungkus kain pada area kulit yang terbakar. Sensasi dingin yang dihasilkan diyakini dapat menyejukkan kulit yang meradang karena terbakar sinar matahari.

2. Mandi

Langkah berikutnya yang dapat Anda lakukan ialah mandi dengan menggunakan air sejuk dan sabun berbahan lembut serta cocok untuk jenis kulit sensitif. Sesudah mandi, keringkanlah badan dengan cara menepuknya secara pelan-pelan memakai handuk lembut, tetapi sebaiknya jangan sampai terlampau kering. Sisakan sedikit air di kulit supaya tetap terhidrasi secara baik.

3. Oleskan aloe vera atau lotion pelembap

Sesudah mandi dan masih ada sedikit tersisa air di kulit, oleskan gel lidah buaya di area kulit yang terbakar. Sensasi dinginnya diyakini sanggup untuk menyamankan kulit dan menghentikan peradangan yang terjadi. Disamping gel lidah buaya, Anda pun dapat memakai  lotion lembut yang dibuat khusus untuk mengatasi kulit terbakar matahari.

4. Menghidrasi tubuh

Ketika mengalami luka bakar matahari, cairan di dalam tubuh akan banyak tertarik ke permukaan kulit dan bisa mendorong timbulnya dehidrasi. Oleh sebab itu, pastikan untuk tetap menghidrasi tubuh secara baik lewat minum air mineral.

5. Jangan memencet lepuhan

Bila timbul lepuhan pada bagian luka bakar, jauhi untuk memencetnya atau memecahnya memakai jarum atau benda tajam yang lainnya. Pasalnya di dalam lepuhan ini mengandung cairan tubuh alami serta lapisan pelindung. Bila lepuhan pecah, lekas bersihkan memakai air bersih dan sabun. Kemudian oleskan krim antibakteri guna menghindari timbulnya infeksi.

6. Rawat luka bakar yang mengelupas

Luka bakar akibat sunburn akan mengelupas dalam beberapa hari ke depan. Sama seperti halnya lepuhan, hendaknya hindari untuk mengelupasnya. Biarkan saja proses pengelupasan atau penyingkiran kulit tersebut terjadi dengan sendirinya. Anda dapat mengoleskan lotion di bagian luka bakar supaya tetap lembap dan ternutrisi secara baik.

7. Gunakan pakaian yang nyaman, topi, dan kacamata

Supaya luka bakar matahari tidak kian parah dan bagian tubuh yang lainnya terjaga dengan baik, hendaknya kenakan pakaian berlengan panjang serta pelindung lainnya seperti topi dan kacamata ketika beraktivitas di luar ruangan.

Di samping itu, pastikan untuk mengaplikasikan sunscreen, baik pada wajah ataupun anggota tubuh yang lainnya. Kemudian gunakan ulang sunscreen setiap tiga jam sekali supaya kulit terjaga dari paparan sinar UVB dengan sempurna.

Produk Skincare yang Bisa Mengatasi Kulit Terbakar

Di samping tips-tips di atas, cara mengatasi kulit terbakar matahari pun bisa dilakukan dengan mengaplikasikan beberapa produk dari Nivea berikut ini:

Nivea Sun After Sun Spray 200ml

Nivea Sun After Sun Spray 200ml kaya akan Aloe Vera yang bermanfaat untuk memulihkan kelembapan yang hilang setelah sepanjang hari beraktivitas. Produk ini pun mempunyai efek menyegarkan dan menyejukkan kulit sehingga kulit bisa menjadi lebih tenang.

Oleskan pada bagian luka bakar atau pada waktu bekas lukanya mulai mengelupas. Dengan demikian kulit menjadi tetap lembap dan proses pemulihannya bisa berjalan lebih cepat.

Nivea Sun Moisturising Sun Lotion SPF 20

Nivea Sun Moisturising Sun Lotion SPF 20 sudah terbukti efektif menjaga kulit dari bahaya sinar UV ketika berlibur dan sanggup melembapkan kulit serta membantu meminimalisir risiko terkena alergi matahari. 

Produk skincare ini diperkaya dengan Vitamin E untuk menutrisi kulit dan anti radikal bebas membuat momen liburan Anda terasa lebih menyenangkan dan aman untuk kulit tubuh Anda tanpa khawatir terbakar lagi. NIVEA SUN mudah meresap, tak menimbulkan rasa lengket serta mengandung bahan yang tidak berbahaya untuk biota laut dan tidak membuat alam rusak.

Nah, dengan adanya produk perawatan kulit dari Nivea yang dapat mengatasi kulit terbakar, Anda tidak perlu khawatir dan takut lagi ketika mesti beraktivitas di luar ruangan atau ketika berlibur ke pantai. 

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Kulit Terbakar Matahari"

Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News