Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Lacak Paket dan Cek Resi dalam Belanja Online


Apabila Anda pebisnis online atau suka sekali belanja online, Anda mesti sering-sering untuk melakukan lacak paket. Pasalnya walaupun paket Anda dijamin oleh jasa ekspedisi akan sampai ke tujuan dengan aman dan selamat, namun tidak menutup kemungkinan ada hal-hal yang tidak diharapkan terjadi. 

Saat ini belanja online memang tengah menjadi sebuah trend tersendiri. Anda dapat berbelanja berbagai macam barang keperluan Anda tanpa perlu harus datang ke tokonya langsung. Seluruh barang yang dijual di toko itu sudah dipajang dalam bentuk gambar/foto dalam website atau marketplace maupun e-commerce tertentu.

Waktu berbelanja online, perlu bagi Anda untuk mengetahui atau meminta nomor resi dan melakukan cek resi sehingga dapat melacak paket yang Anda pesan. Untuk sebagian orang, hal itu bisa jadi tak terlampau penting. Padahal manfaatnya sangat banyak dan berguna untuk keamanan barang yang Anda pesan.

Resi atau dikenal juga dengan AWB (Air Way Bill) merupakan salah satu komponen penting dalam bisnis online. Deretan angka dan huruf ini sudah membawa barang/paket yang Anda kirim hingga ke konsumen di manapun berada. Anda sendiri sebagai pebisnis online, cukup dengan berselancar di gadget Anda untuk cek paket atau kiriman barang guna menambah inventory Anda. Dengan adanya AWB atau resi semua menjadi serba mudah.

Apa Itu Resi?

Resi adalah tanda bukti pengiriman barang yang diberikan oleh pihak jasa pengiriman (ekspedisi atau logistik). Bentuk resi biasanya adalah berupa kombinasi angka dan huruf yang unik. Setiap resi tentu berbeda. Dengan bukti ini, baik itu pengirim barang atau penerima barang, bisa lacak paket atau barang yang diproses oleh pihak logistik (ekspedisi).

Oleh karena itu saat ini kedudukan resi semakin krusial. Lantaran resi merupakan satu-satunya bukti yang kredibel atau bisa dipercaya dalam proses bisnis online. Kombinasi huruf dan angka itu jadi satu-satunya barang yang dapat digunakan untuk pengecekan kiriman. Sehingga konsumen selalu menyimpannya dengan baik, berulangkali melihatnya, dan bahkan lacak resi untuk melacak kiriman.

Keadaan itu menjelaskan bahwa posisi resi dalam bisnis online amat penting dan nyaris tidak tergantikan.   

Manfaat Resi untuk Bisnis Online

Resi mempunyai banyak fungsi dan manfaat untuk proses pengiriman barang atau paket. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Kontrak pengiriman antara pengirim dan pengangkut

Resi berfungsi sebagai kontrak atau perjanjian yang mengikat antara pengirim barang (penjual) dan pengangkut (perusahaan logistik/ekspedisi). 

2. Alat bukti kirim barang untuk penjual

Resi merupakan bukti sudah mengirim barang untuk penjual. Dengan resi ini penjual dapat membuktikan pada pembeli kalau barang yang dibelinya sudah dikirim. Caranya ialah dengan memberikan nomor resi kepada pembeli. Kemudian pembeli tinggal melakukan tracking (penelusuran) nomor resi melalui website pelacakan resi online seperti Shipper

3. Alat bukti ambil barang untuk pembeli

Tidak semua paket yang dikirimkan langsung diantarkan ke alamat pembeli. Kadang-kadang pembeli dapat langsung datang ke perusahaan logistik untuk mengambil barang tersebut. Pembeli bisa memakai nomor resi yang diberikan penjual untuk mengambil barangnya. Jadi nomor resi bisa berguna untuk bukti ambil barang di perusahaan logistik atau jasa pengiriman. 

4. Untuk melacak barang

Dengan memakai nomor resi Anda bisa melakukan pelacakan kiriman Anda secara pasti. Hal itu berlaku untuk pembeli dan penjual. 

5. Memberikan informasi kondisi barang

Penting sekali bagi Anda untuk terus memantau kondisi barang kiriman Anda. Lantaran kemungkinan salah kirim atau terlambat pengirimannya bisa saja terjadi. Oleh karena itu penting untuk terus memantau kiriman paket dengan menggunakan nomor resi. Bila ada sesuatu yang salah Anda bisa langsung mengajukan komplain kepada pihak perusahaan  ekspedisi atau logistik. Khususnya bila posisi Anda sebagai penjual barang.

6. Data kontak untuk komplain dan database

Dalam resi jelas tertera alamat dan nomor kontak keduanya. Informasi kontak ini perlu bagi kedua belah pihak untuk saling berhubungan guna kepentingan komplain, ulasan dan sebagainya. Khusus bagi penjual, informasi kontak dapat menjadi sumber database konsumen untuk bisnis. 

7. Meningkatkan kepercayaan pembeli

Adanya resi membuat pembeli menjadi lebih yakin kepada penjual. Sebab nomor resi dapat menunjukkan lacak kiriman. Sehingga pembeli dapat selalu memantau barangnya. Tanpa nomor resi tentunya sulit untuk membuat konsumen percaya pada penjual.  

Bicara soal kirim barang, ternyata lacak paket lebih mudah dan nyaman dengan mempergunakan shipper.id. Shipper.id adalah platform layanan online di bidang aggregator logistik terbaik dan terpercaya di Indonesia. Shipper tergolong website terbaik saat ini untuk pengecekan resi dan tracking dengan hasilnya yang akurat dan terpercaya. Bahkan cek resi di https://shipper.id/tracking bisa memasukkan hingga 10 kode nomor resi untuk mulai melacak pengiriman sehingga lebih praktis.

Shipper menyajikan kemudahan dalam hal lacak paket atau cek resi. Anda cuma perlu memasukkan nomor resi yang telah diberikan oleh jasa pengiriman yang dipilih online shop ke dalam website shipper.id. Saat itu juga keberadaan barang Anda dapat langsung terlihat. 

Hasil cek resi itu amat akurat, tetap dan real-time. Shipper pun telah bekerjasama dengan berbagai ekspedisi yang terdapat di Indonesia guna memudahkan Anda dalam mendapatkan nomor resi secara cepat dan benar.

Caranya, masuk saja ke website Shipper.id, kemudian pilihlah menu Tautan cepat dan lacak paket. Lalu masukkanlah nomor resi dengan benar dan dalam sekejap data paket Anda akan langsung tampak. Sungguh cepat dan mudah, bukan?

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "7 Manfaat Lacak Paket dan Cek Resi dalam Belanja Online"

Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News