Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Meningkatkan Penjualan Produk FMCG di Era Digital


Penjualan merupakan aktivitas yang penting dan menjadi garda terdepan bagi bisnis. Dalam proses penjualan, terdapat kegiatan menawarkan nilai-nilai produk dan layanan yang dimiliki oleh perusahaan untuk menambah revenue perusahaan ke customer hingga konsumen. 

Jika penawaran tersebut baik dan menarik calon konsumen maka dapat terjadi transaksi penjualan. Jika penjualan di perusahaan kurang optimal, maka bisa disimpulkan jika perusahaan memiliki kinerja yang kurang baik dan masih perlu banyak evaluasi agar bisa lebih memanfaatkan semua potensi yang ada.

Tujuan utama dari kegiatan penjualan adalah agar seorang sales-person dapat menawarkan produknya ke calon konsumen sehingga dapat mencapai target penjualan dan meningkatkan volume penjualan produk. Umumnya target penjualan adalah jangka pendek, namun bisa dibuat jangka panjang dengan menjaga loyalitas customer dan konsumen menggunakan sistem yang terintegrasi.

Banyak tools yang sudah mulai digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk mendorong kenaikan penjualan. Di zaman digital yang sudah lebih sistematis dan terintegrasi, perusahaan harus bisa memanfaatkan teknologi yang baik untuk mendorong kenaikan angka penjualan. Transformasi digital tidak bisa dipisahkan dari pergerakan bisnis di seluruh industri di Indonesia dan dunia.

Salah satunya bagi industri Fast Moving Consumer-Goods (FMCG) yaitu perusahaan yang dapat menjual produk-produknya dengan cepat dan dengan harga yang relatif lebih murah. FMCG biasanya menjual produk yang menjadi kebutuhan sehari-hari konsumen. 

Di tengah pesatnya perubahan, Industri FMCG perlu menjadi perusahaan yang dinamis dan inovatif. Memanfaatkan teknologi internet dapat menjadi faktor pendorong untuk meningkatkan penjualan produk. Internet yang cepat dan andal menjadi faktor penting bagi perusahaan FMCG dalam mendorong inovasi baru dan memberikan layanan terbaik ke konsumen. 

Lalu bagaimana agar perusahaan dapat meningkatkan kinerja dan operasional bisnis perusahaan? Berikut ada beberapa tips untuk meningkatkan penjualan oleh perusahaan FMCG:  

1. Perhatikan Nilai Produk

Selalu perhatikan bagaimana nilai produk yang ditawarkan ke konsumen dari segi 4P yaitu Price, Product, Place dan Promotion, apakah sudah tepat dan bisa menjangkau target pasar yang tepat? Misalkan perusahaan FMCG akan menjual produk Susu UHT dimana target pasarnya adalah anak-anak sekolah, maka produknya harus beragam rasa dan manis, dengan harga yang terjangkau sesuai dengan uang jajan anak sekolah, tempat penjualannya pun bisa di warung atau di minimarket yang mudah dijangkau serta promosi yang tepat seperti melakukan kolaborasi dengan kartun populer.

2. Menetapkan wilayah penjualan yang tepat 

Perusahaan harus menetapkan wilayah yang tepat agar pekerjaan salesman tidak saling tumpang tindih dan terjadi permasalahan baru karena berlomba-lomba untuk mendapatkan wilayah atau pelanggan sehingga kinerjanya menjadi  kurang baik. Perusahaan dapat membuat sistem yang terintegrasi untuk menentukan wilayah yang dapat dijangkau oleh masing-masing salesman agar semuanya termanage dengan baik. Sistem yang terintegrasi dan cepat lebih efektif membantu persebaran wilayah. 

3. Observasi kegiatan Kompetitor

Mengobservasi kegiatan kompetitor atau pesaing, karena dalam bisnis FMCG yang sangat dipengaruhi oleh promosi dan program maka kita harus melihat bagaimana kegiatan yang dilakukan oleh kompetitor perusahaan. Menggunakan sistem yang dapat terintegrasi dengan bagian marketing dan tim pengembangan agar dengan mudah menemukan solusi sehingga produk yang dijual oleh perusahaan tetap bisa bersaing dan meraih omzet penjualan.

4. Observasi kemampuan dan skill Salesman 

Tinjau kemampuan dan skill salesman yang menjadi garda terdepan untuk melakukan penjualan, selalu observasi bagaimana kemampuan mereka di bidang negosiasi, promosi dan pengetahuan mengenai produk. Perusahaan FMCG dapat mengadakan training untuk tim salesman dan selalu melakukan evaluasi terhadap kinerja mereka melalui target. Kinerja salesman berhubungan dengan sistem yang terintegrasi dan lancar sehingga saat melakukan penjualan bisa lebih efektif dan efisien. 

5. Sistem yang terintegrasi dan lancar 

Menggunakan sistem yang terintegrasi dan lancar merupakan salah satu elemen terpenting dalam peningkatan kinerja. Banyaknya aplikasi yang sering down atau lemot saat digunakan sehingga dapat mengurangi peluang dalam melakukan penjualan, terutama di area yang terpencil. 

Untuk memudahkan perusahaan Anda dalam menerapkan tips-tips di atas, Anda memerlukan layanan dan fasilitas premium yang dapat membantu kegiatan bisnis Anda. Misalnya, berlangganan koneksi internet premium yang dapat membantu memenuhi kebutuhan bisnis dengan kecepatan unggulan sehingga bisa berjalan lebih efektif. 

Sebagai solusi, Anda dapat menggunakan ASTINet dari Telkom Indonesia. ASTINet dapat membantu perusahaan-perusahaan besar, seperti perusahaan FMCG dalam meningkatkan penjualan dan menangani operasional perusahaan yang berbasis internet dan teknologi. 

ASTINet selalu memberikan keamanan bagi semua usernya. Para salesman juga bisa dengan mudah menggunakan sistem yang terintegrasi dan cepat sehingga memudahkan dalam melakukan penjualan dan bisa meningkatkan penjualan. Tidak hanya itu saja, tidak hanya itu ASTINet juga dapat membantu perusahaan Anda memperoleh semua target perusahaan dengan jaringan yang tetap stabil dan aman di segala kondisi dan cuaca. Klik disini untuk informasi lebih lanjut.


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Tips Meningkatkan Penjualan Produk FMCG di Era Digital"

Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News