Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membuat Tahu Goreng Crispy yang Renyah dan Lezat


Tengah mencari-cari ilham resep tahu goreng crispy yang enak dan renyah? Cara mempersiapkannya memang tidak sulit dan tidak pula gampang. Bila salah mengolah maka hasilnya tak akan memuaskan dan justru condong tak enak. Padahal tahu goreng crispy yang lezat tentunya memiliki aroma dan rasa yang dapat menggugah selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyaknya memengaruhi kualitas rasa dari tahu goreng crispy, sejak dari jenis bahan, lantas pemilihan bahan segar sampai cara membuat serta menghidangkannya. Tak perlu bingung jika ingin menyiapkan tahu goreng crispy lezat di rumah lantaran asalkan telah mengetahui kiatnya, maka sajian ini bisa menjadi hidangan istimewa.

Kandungan Tahu

Tahu adalah sumber protein nabati yang dapat menyehatkan tubuh. Tahu dapat diolah dengan cara tumisan ala resto sampai diolah jadi pepes atau lauk gorengan yang nikmat. Tahu adalah hasil dari olahan kedelai yang terbilang murah dan banyak mengandung nutrisi. 

Membuat Tahu Goreng Crispy

Ada cara tertentu yang perlu dijalani supaya hasil mengolah resep tahu crispy ini bisa renyah dan tahan lama. Rahasianya terletak pada pemakaian tepung yang akan menyelimuti olahan tahu itu. 

Pemilihan tahunya itu sendiri sebenarnya termasuk bebas, namun lebih tepat jika menggunakan jenis tahu Sumedang atau tahu pong. Sediakan tepung serba guna dan bumbui terlebih dulu dengan menggunakan bumbu kaldu ayam. Kemudian pisahkan ke dalam dua wadah yang berbeda, satu wadah dibuat cair dan satunya lagi dibuat kering. 

Selanjutnya balutlah tahu pada dua jenis tepung ini kira-kira dua kali setiap tahunya dan gorenglah memakai minyak panas. Lantas gorenglah sampai berwarna keemasan dan lihatlah tahu akan renyah sesuai dengan yang diharapkan!

Berikut ini ada beberapa panduan dan kiat praktis untuk membuat tahu goreng crispy yang siap dipraktikkan. Anda dapat mempersiapkan tahu goreng crispy ini memakai tujuh jenis bahan dan delapan langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk membuat tahu goreng crispy:

  • Tahu putih atau tahu pong 5 buah
  • Minyak goreng secukupnya 

Bahan-bahan untuk Pencelup:

  • Tepung Sajiku 5 sdm 
  • Air, sediakan secukupnya saja

Bahan-bahan untuk  Pelapis:

  • Tepung panir atau tepung roti secukupnya

Resep Tahu Goreng Crispy Renyah  

Bosan dengan hasil mengolah tahu goreng yang tak kunjung renyah atau tak tahan lama? Tahukah Anda bahwa ada resep tahu crispy yang lebih sehat dan lezat serta dapat dibuat sendiri di rumah? 

Tahu goreng crispy renyah lezat ini resepnya terdiri dari berbagai macam versi. Daripada pusing memburu rahasia resepnya mendingan ikuti resep ini saja. 

Langkah-langkah membuat tahu goreng crispy:

  • Langkah pertama potonglah tahu putih atau tahu pong masing-masing dipotong menjadi dua bagian.
  • Berikutnya larutkan bahan pencelup.
  • Setelah itu masukanlah tahu putih ke dalam bahan pencelup tadi.
  • Selanjutnya angkatlah lantas masukkanlah ke dalam bahan pelapis. Kemudian balurlah tahu dengan bahan pelapis sampai tertutup secara merata.
  • Lalu masukkanlah ke dalam wadah dengan penutup rapat. Simpanlah di dalam kulkas setidaknya 1 jam.
  • Setelah itu keluarkanlah dari dalam kulkas.
  • Kemudian gorenglah tahu dalam minyak panas, digoreng sampai matang berwarna cokelat keemasan.
  • Terakhir, angkatlah dan hidangkan.

Nah, itulah resep yang dapat disajikan kali ini. Semoga olahan tahu goreng crispy yang sederhana di atas bisa membantu Anda dalam menyiapkan sajian yang lezat untuk keluarga, teman, sahabat, kolega atau menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. 

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Tahu Goreng Crispy yang Renyah dan Lezat"

Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News