Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Efektif Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri Secara Gratis

Bagi mayoritas pelajar Indonesia, mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri adalah idaman terbesar. Disamping meningkatkan pengalaman, banyak lulusan luar negeri yang diminati oleh perusahaan-perusahaan. Ini akan berpengaruh baik pada kemudahan pencapaian karir kamu nanti.

Bersekolah atau kuliah di luar negeri sampai saat ini masih menjadi impian untuk sebagian orang. Tetapi sayangnya masih banyak yang menganggap bahwa biaya belajar di luar negeri tersebut mahal dan prosesnya pun tidak mudah. Padahal tidak sedikit beasiswa sekolah di luar negeri yang tidak perlu mengeluarkan biaya pribadi yang banyak bahkan nyaris gratis.

Sesungguhnya terdapat banyak beasiswa luar negeri yang tersedia. Kuncinya kamu mesti giat untuk mencari informasi kalender beasiswa luar negeri. Jangan sampai karena tidak bisa mendapatkan cukup informasi dan beralasan mahalnya biaya pendidikan malah menghambatmu untuk bersekolah di luar negeri.

Banyak sekali keuntungan yang dapat diperoleh bila kuliah atau bersekolah di luar negeri. Antara lain dapat belajar tentang pendidikan di luar negeri, baik ilmu ataupun metodenya; memahami adanya budaya luar yang tentu saja berbeda dengan budaya sendiri; meningkatkan kemampuan bahasa asing; menemukan minat atau hobi yang baru; meluaskan jaringan pertemanan dan peluang karier; serta menambah pengalaman hidup.

Beberapa keuntungan itulah yang menjadikan orang tertarik untuk menempuh pendidikan ke luar negeri. Nah, menilik itu semua, persaingan antarpendaftar tentunya menjadi ketat sehingga janganlah menyepelekan peluang beasiswa yang ada untuk meraih peluang emas itu. Berikut ini cara efektif mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri dengan mudah.

Memiliki Prestasi Akademik

Prestasi akademik merupakan salah satu syarat supaya kamu dapat memiliki kesempatan memperoleh beasiswa untuk kuliah. Pasalnya berbagai lembaga memerlukan syarat itu untuk dapat lolos dalam beasiswa. Oleh sebab itu, kamu wajib mempunyai prestasi akademik yang bisa dibuktikan lewat sertifikat atau nilai tertulis.

Bila kamu masih kelas 1 SMA, ini menjadi peluang emas untuk meraih prestasi akademik setinggi-tingginya supaya mendapatkan beasiswa. Bila nilaimu dirasa masih merasa belum cukup, kamu dapat mengikuti berbagai lomba yang terkait dengan akademik seperti olimpiade atau cerdas cermat.

Mencari Lembaga Penyedia Beasiswa

Sebagai orang yang beranjak dewasa, mandiri itu amat dibutuhkan. Kamu dapat memulai hal itu dengan mencari-cari lembaga yang menyediakan beasiswa, terutama beasiswa luar negeri.

Tetapi, kamu mesti selaraskan dengan keperluanmu ketika mencari dan melakukan riset terhadap calon penyedia beasiswamu nanti. Riset seperti syarat, ketentuan, dan keuntungannya mesti kamu cari tahu supaya kamu tak terjebak dan merasa rugi ketika menjalani beasiswamu nanti.

Siapkan Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi ini perlu sekali dipegang oleh para calon penerima beasiswa karena surat rekomendasi akan menyebabkan lamaran beasiswamu dipertimbangkan oleh lembaga penyedia beasiswa. Surat rekomendasi dapat kamu peroleh lewat guru, pelatih ekstrakurikuler, atau wali kelas, maupun sekolahmu.

Mempelajari Bahasa Asing

Mempelajari bahasa asing tentu saja jangan terlewatkan. Karena bahasa asing akan berguna sekali ketika kamu sudah berada di negara tujuanmu. Kamu pun harus mempelajari bahasa negara tujuan beasiswamu bila negara itu ternyata mempunyai bahasanya tersendiri seperti Cina, Korea, Jepang, dan lainnya.

Pemakaian bahasa asing kerap kali dibutuhkan ketika seleksi wawancara berlangsung. Jadi sebelum kamu mengirim berkas seleksi beasiswa tak ada salahnya untuk mempelajari bahasa asing.

Umumnya beasiswa luar negeri itu memerlukan dokumen seperti TOEFL atau IELTS. Oleh karena itu persiapan untuk kuliah di luar negeri dengan mengandalkan beasiswa memang tidak bisa main-main. Kamu mesti rutin belajar bahasa asing supaya kamu terbiasa ketika di sana, entah saat berkomunikasi atau belajar.

Berlatih Tentang Seleksi Beasiswa

Seleksi beasiswa terdiri dari beberapa tahapan, sejak dari mengirimkan berkas-berkas sampai tahap terakhir yang umumnya adalah tahap pemeriksaan kesehatan. Namun tahukah kamu kalau orang-orang yang memperebutkan beasiswa luar negeri sebagian besar gagal pada tahap seleksi berkas.

Oleh karena itu, pastikan kamu membaca seluruh syarat berkas dengan benar serta berlatih untuk membuat berkas, seperti CV, Essay, atau Motivation Letter. Ketiga hal itu biasa ditemui ketika seseorang ingin mendaftar pada suatu beasiswa. Kamu mesti rajin berlatih sebab pada tahap ini juga tidak mudah.

Untuk itu kamu lebih baik berlatih berwawancara. Kamu dapat berlatih bersama dengan teman atau bisa juga berlatih berbicara di depan cermin bila terlampau malu. Pasalnya wawancara akan selalu dilakukan ketika kamu mengajukan beasiswa di lembaga manapun. Sebab lewat wawancara, lembaga penyelenggara dapat melihat apakah kamu serius ataukah tidak. Bila kamu tak berlatih secara baik, kemungkinan untuk berhasil juga kecil lantaran saingan yang demikian banyak.

Mendaftarkan Diri ke Beasiswa Tujuan

Apabila kamu ingin beasiswa luar negeri tentu kamu mesti daftar terlebih dulu. Kamu bisa melihat informasi dan syarat lembaga beasiswa tujuanmu pada laman portal tertentu seperti schoters, selaras dengan tujuan dari beasiswamu. Schoters adalah platform terbaik bimbingan kuliah di luar negeri dan bahasa asing. Kamu bisa belajar IELTS, SAT, Bahasa Korea maupun Prancis sampai persiapan daftar beasiswa kuliah di luar negeri. Schoters sudah merealisasikan mimpi rubuan alumni untuk bisa diterima di kampus top dunia dan mendapatkan beasiswa.

Nah, itu dia cara efektif mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri secara gratis. Kamu tertarik ingin mengikutinya?

Maman Soleman
Maman Soleman Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Cara Efektif Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri Secara Gratis"

Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News