Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Makanan yang Bisa Menaikkan Gula Darah dengan Cepat


Banyak orang yang amat selektif dalam memilih makanan demi menjaga kesehatan tubuh. Terlebih mereka yang mempunyai penyakit tertentu, seperti penderita diabetes misalnya. Mereka mesti menjauhi beberapa makanan yang tinggi kandungan gula supaya penyakitnya tidak mudah kambuh. Pasalnya disinyalir ada makanan yang bisa menaikkan gula darah dengan cepat.

Makanan yang bagus untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes umumnya mengandung nitrat, indeks glikemiksnya rendah, serta tinggi serat dan protein. Sayur-sayuran adalah salah satu contohnya. Mengkonsumsi sayuran memang amat baik bagi kesehatan, khususnya penderita diabetes. Jenis sayuran yang baik dikonsumsi antara lain selada, kale, dan bayam yang tinggi serat untuk membantu mengendalikan gula darah pada tubuh.

Makanan yang Bisa Menaikkan Gula Darah dengan Cepat

Akan tetapi selain itu, ada juga sejumlah makanan yang bahkan bisa menaikkan kadar gula darah. Nah, deretan makanan ini wajib sekali dibatasi konsumsinya supaya gula darah tetap terkendali. Apa saja sih? Berikut ini beberapa makanan yang bisa menaikkan gula darah dengan cepat, dikutip dari beragam sumber.

  • sepotong buah, seperti jeruk, apel, atau pisang 
  • 1 sdm gula dalam air
  • 4 starbursts
  • 1 sdm madu atau jelly
  • 1 cangkir susu bebas lemak
  • ½ cangkir soda biasa (tidak bebas gula)
  • ½ cangkir jeruk bali, nanas, jeruk, atau jus apel
  • 15 buah anggur
  • 2 sdm kismis

Orang dengan diabetes mesti amat waspada dalam menjaga kadar gula darah mereka di bawah kontrol dan mencegah lonjakan gula darah. 

Penyebab Gula Darah Naik

Di bawah ini berbagai kondisi yang dapat menyebabkan gula darah naik:  

1. Pola makan buruk  

Dikutip dari laman Medical News Today, makanan tinggi gula atau karbohidrat lebih condong bisa menaikkan kadar gula darah.  

Salah satu langkah untuk melacak bagaimana makanan tertentu akan mempengaruhi glukosa darah ialah dengan memperhatikan tingkat indeks glikemik (GI).  

Tingkat indeks glikemik memperlihatkan sejauh mana karbohidrat dalam makanan tertentu akan mempengaruhi kandungan gula darah.  

Semakin tinggi tingkat indeks glikemik sebuah makan, maka semakin cepat juga makanan itu bisa mempengaruhi kadar gula darah.  

Berikut ini makanan dengan indeks glikemik tinggi, diantaranya:  

  • Kentang  
  • Roti tawar putih
  • Nasi putih
  • Kreker
  • Popcorn
  • Minuman bersoda  
  • Roti bagel
  • Minuman manis  

Seseorang dengan diabetes mesti mencoba mengutamakan mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang rendah.  

2. Kurangnya aktivitas fisik  

Mempunyai gaya hidup yang tak banyak bergerak bisa menimbulkan lonjakan kadar gula darah. Di sisi lainnya, olahraga yang terlampau sulit atau berat bisa menyulut stres fisik yang juga jadi pemicu naiknya gula darah.  Orang dengan diabetes penting melakukan olahraga ringan sampai sedang secara teratur, bukannya mendorong terlampau keras.  

3. Merokok  

Merokok bisa menyebabkan tubuh kesulitan mempertahankan kadar gula darah dalam kisaran normal. Orang yang merokok mesti berusaha berhenti melakukan kegiatan yang merugikan kesehatan ini.  

4. Stres  

Ketika ada di bawah banyak stres, tubuh menghasilkan hormon tertentu seperti kortisol yang bisa menaikkan glukosa dan menurunkan keefektifan insulin. Sehingga lebih banyak glukosa tetap ada di dalam aliran darah. Mendapatkan cara untuk mengontrol tingkat stres, seperti meditasi atau yoga amat penting diupayakan untuk penderita diabetes.  

5. Masalah tidur  

Kurang tidur dapat berpengaruh sangat buruk untuk penderita diabetes lantaran bisa menaikkan kadar gula darah.  Maka dari itu, khususnya para penderita diabetes, perlu menjaga kualitas tidur sebab dapat berpengaruh baik untuk kesehatan dengan beragam cara.  

6. Efek samping obat  

Beberapa obat bisa menjadi penyebab kadar gula darah naik, seperti beberapa antidepresan, beberapa obat tekanan darah, diuretik dan kortikosteroid. Orang dengan diabetes mesti memberi tahu dokter bila mengkonsumsi salah satu dari jenis obat ini. Di samping itu, mengambil dosis insulin yang salah atau melewatkan dosis pun bisa membuat kadar gula darah naik untuk penderita diabetes. Pengelolaan diabetes membutuhkan pengaturan waktu tertentu untuk siapapun yang memakai obat insulin maupun non-insulin.  

8. Dehidrasi  

Ketika Anda mengalami dehidrasi, glukosa Anda bisa jadi akan lebih tinggi dari biasanya.  Makanya siapa pun perlu untuk menjaga asupan air putih. Minumlah air putih sedikitnya 8-9 gelas air putih setiap hari.

Demikianlah informasi tentang makanan yang bisa menaikkan gula darah dengan cepat. Semoga berguna untuk kaum diabetik.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "9 Makanan yang Bisa Menaikkan Gula Darah dengan Cepat"

Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News