Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Perbedaan Cat Eksterior dan Cat Interior, Jangan Salah Pilih Agar Hasilnya Maksimal


Cat merupakan komponen penting dari sebuah rumah, entah itu sebagai pelapis dinding, kusen, furnitur, genteng dan pagar. Selain untuk keindahan, mengecat rumah berfungsi pula untuk merawat rumah. Terlebih untuk area-area tertentu di bagian luar rumah yang langsung berhadapan dengan cuaca, seperti lembap, hujan, panas, dan angin yang membawa kotoran, seperti debu.

Di samping untuk estetika  bangunan hunian, pengecatan pada dinding luar atau eksterior rumah, umumnya prioritasnya lebih ditujukan terhadap fungsi dan kebutuhan utamanya, yakni melindungi dinding dari paparan kotoran dan pengaruh cuaca serta supaya warnanya tidak cepat pudar.

Jenis-jenis Cat Eksterior

Cat untuk rumah bisa dibedakan menjadi dua, yaitu cat interior dan cat eksterior. Cat eksterior yang beredar di pasaran saat ini terus-menerus mengalami penyempurnaan dan sudah kian lengkap bahan-bahan kandungannya.

1. Cat yang Berpigmen Khusus

Jenis cat ini memiliki pigmen dan bahan pengisi yang tahan pada cuaca dan sinar matahari.

2. Cat Setengah Kilap

Jenis cat tembok setengah kilap dengan bahan-bahan dasarnya yang amat keras dan tahan gosokan sehingga permukaannya gampang dibersihkan dari kotoran yang menempel.

3. Cat Kilap Akrilik 100% Water Base

Cat kilap 100% akrilik dengan bahan dasar air yang dapat dipakai untuk melapisi permukaan plesteran semen dan beton di luar ruangan.

4. Cat Eksterior Berbahan Dasar Vinyl

Cat berbahan dasar vinyl disarankan digunakan untuk pengecatan dinding luar, dapur, kamar mandi, pelataran parkir, dan area dinding lainnya yang gampang terkena kotor.

Secara umum cat eksterior yang baik memiliki sifat sebagai berikut:

  • tidak mudah terkelupas
  • antijamur dan antilumut
  • tahan cuaca (waterproof & weatherproof)
  • tahan sinar matahari (pemudaran)
  • tahan air (hujan dan kelembaban)

Selain itu dilengkapi formula antidebu sehingga dinding bisa terus bersih untuk jangka waktu lama. Ada pula yang ditambahi formula antikarbonasi guna meningkatkan keawetan tembok dan garansi selama beberapa tahun dari produsen cat.

Jadi janganlah terkejut bila harga cat eksterior lebih mahal dibandingkan dengan harga cat interior.

Pasalnya kandungan pigmen cat eksterior umumnya lebih banyak dibanding cat interior. Dengan harga pigmen yang cukup mahal tidak perlu heran bila harga cat ekstreior pun lebih tinggi daripada harga cat interior.

Tips Mengecat Eksterior

Mengecat eksterior atau dinding luar rumah seperti halnya mengecat interior juga perlu mempertimbangkan hal berikut ini supaya hasilnya memuaskan.

Oleskan lapisan dengan bahan dasar air (alkali resisting primer) sebelum melapisi dinding dengan cat.

Perhatikan keserasian antara cat dengan komponen-komponen eksterior lainnya, seperti daun pintu atau daun jendela, kusen, batu alam, bahan dan warna atap.

Pertimbangkan kondisi cuaca. Mengecat di musim hujan dapat membuat cat susah kering dan sukar menutup permukaan tembok secara merata. Jadi keadaan cuaca amat menentukan kesuksesan mengecat eksterior rumah.

Sunguard All-In-One merupakan cat eksterior berkualitas tinggi dengan bahan dasar 100% superior akrilik yang diformulasi khusus tanpa adanya timbal dan merkuri untuk melindungi permukaan dinding luar dari cuaca ekstrem di Indonesia sampai 15 tahun lamanya. Formula khusus dari cat eksterior buatan Avian ini bisa menahan panas sehingga suhu ruangan pun menjadi 5℃ lebih sejuk.

Selain itu warna cat tidak mudah pudar karena ada perlindungan yang luar biasa dari Sunguard All In One terhadap sinar UV.  Ditambah lagi Sunguard All-In-One mempunyai lapisan elastis yang bisa menutupi retak rambut secara sempurna dan kotoran pun tidak gampang melekat lantaran dibekali  teknologi self-cleaning sehingga dinding selalu bersih serta bebas dari serangan jamur dan lumut. Yuk segera penuhi kebutuhan Anda akan cat eksterior dengan Sunguard All-In-One produksi PT Avia Avian Tbk.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Ketahui Perbedaan Cat Eksterior dan Cat Interior, Jangan Salah Pilih Agar Hasilnya Maksimal"

Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News