Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Ciri-ciri Cat Anti Bocor yang Baik dan Awet


Kerap bermasalah dengan retak dan rembesan air saat hujan turun? Lapisi rumah dengan cat anti bocor yang baik yang telah terbukti kualitasnya.

Anda perlu menggunakan cat khusus yang tahan bocor untuk menjaga bagian interior rumah dari kerusakan karena air yang merembes di waktu musim hujan. 

Walau terdengar remeh bila bangunan rumah tak dilindungi dengan maksimal dapat menambah risiko tembok keropos dan menimbulkan noda serta retak rambut yang tentunya mengganggu pemandangan. 

Khusus di negara tropis seperti di Indonesia yang populer mempunyai curah hujan tinggi di bulan-bulan tertentu, rumah perlu didesain tahan terhadap volume air dalam jumlah besar.  

Kerusakan karena atap atau dinding yang retak tentunya akan memerlukan biaya perbaikan yang tidak murah harganya. Belum lagi furnitur dan cat rumah yang rusak karena air hujan.

Anda mesti menggunakan cat anti bocor yang baik supaya cat rumah tidak rusak lantaran rembesan air hujan. Cat anti bocor bermutu akan melindungi rumah Anda dengan formulasi waterproof-nya. Lalu bagaimana cara mengetahui ciri ciri cat anti bocor yang baik dan awet? Mari simak ulasannya berikut ini!

Dapat menutupi retak

Timbulnya retakan pada cat tembok memang umum terjadi. Penyebabnya dapat bermacam-macam, antara lain pemilihan jenis bata yang kurang bermutu dan kesalahan teknik dalam proses pembuatan tembok. Bila dibiarkan terlampau lama, tembok yang retak bisa membuat air hujan merembes masuk ke dalam pori-pori dinding sehingga ruangan di dalam rumah pun menjadi lembab. Untuk itu pilihlah cat tembok anti air yang mempunyai daya rekat dan elastisitas tinggi sehingga bisa menutupi retakan pada tembok.

Mempunyai fitur perlindungan ganda

Cat tembok anti bocor yang baik dan awet umumnya mempunyai fitur perlindungan ganda. Proteksi ganda ini akan memberikan perlindungan terbaik pada tembok sehingga dapat dipastikan tembok Anda tahan lama dan tetap kuat.

Berbeda dengan cat rumah pada umumnya yang hanya mampu menutupi permukaan tembok, varian anti bocor mempunyai material tambahan dan teknologi yang dapat mengisi pori-pori bangunan untuk membentuk lapisan pertahanan yang susah ditembus air. 

Dengan begitu saat hujan turun, maka air pun tak akan meresap lewat celah-celah kecil yang terdapat pada dinding yang bisa menyebabkan retak rambut hingga tembok keropos. 

Dapat melindungi dari lembap

Air hujan memiliki kandungan asam yang bisa merusak tembok. Untuk menghindari kebocoran pada tembok sekaligus menjaga kondisi tembok, pilih cat anti bocor yang berbahan anti klorida. Cat yang dibuat dengan bahan ini akan menghindari penyebaran asam dan kandungan garam masuk ke dalam tembok rumah.

Di samping anti klorida, pastikan pula cat tembok anti bocor yang Anda pilih mengandung anti karbonasi. Bahan anti karbonasi akan melindungi tembok dari paparan polusi kendaraan dan industri. Alhasil tembok akan terjaga dari korosi dan penyerapan gas berbahaya. Cat dengan bahan ini cocok sekali digunakan pada tembok eksterior rumah. 

Selain sanggup menahan air, itulah ciri ciri yang mesti Anda perhatikan ketika memilih cat anti bocor yang baik dan awet. Nah, Anda tidak usah bingung mencari cat anti bocor bermutu karena No Drop buatan Avian bisa menjadi solusi alternatif terbaik cat anti bocor dengan harga yang terjangkau.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Ketahui Ciri-ciri Cat Anti Bocor yang Baik dan Awet"

Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News