Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Orang Jarang Tahu, Ini 4 Penyebab dan Cara Mengatasi Dak Beton yang Rembes


Dak beton rembes? Tenang dulu, ini ternyata bukan akhir dari segalanya. Dak beton biasa digunakan karena beragam alasan. Salah satu diantaranya adalah lantaran kepraktisan dan harganya yang terbilang murah, tetapi tetap kokoh. Keunggulan material yang satu ini secara umum pun banyak sehingga menyebabkan proses perawatannya lebih gampang dan tahan lama.  

Akan tetapi, bagaimanakah jadinya bila dak beton rembes? Dak beton yang rembes dapat diakibatkan oleh berbagai hal dan cara mengatasinya pun tidak terlampau sulit. Yuk simak cara mengatasi dak beton yang rembes di bawah ini! 

Penyebab Dak Beton Rembes

Tidak selalu dak beton yang rembes disebabkan karena susunan dak beton yang buruk. Penting untuk mengenali terlebih dahulu apa penyebabnya sebelum mengetahui cara mengatasi dak beton yang rembes. Berikut hal-hal yang menyebabkan dak beton mengalami rembes, antara lain: 

1. Ada retakan pada dak beton

Hal ini biasa terjadi sebab plesteran atau konstruksi beton cukup rawan mengalami retakan karena penyusutan kandungan air atau terjadi masalah struktural. Tidak sedikit rumah mengalami kebocoran sebab kondisi adanya retak pada dak beton tersebut. 

2. Beton mempunyai daya serap air tinggi

Secara alami, beton memang memiliki daya serap yang tinggi sehingga dapat mengakibatkan timbulnya kebocoran di rumah. Beton yang memiliki permukaan berpori-pori besar memang lebih gampang menyerap air sehingga lebih mudah rembes. 

3. Adukan beton tidak sempurna

Proses pembuatan dak beton mesti Anda benar-benar perhatikan lantaran adukan yang tak merata dapat membuat beton bergelembung. Gelembung itu dapat menyebabkan dak menjadi memiliki rongga ketika kering dan air bisa tertahan dalam dak beton akibat rongga itu. 

4. Kurangnya ketebalan dak beton

Mengirit bujet dengan mengurangi ketebalan pada dak beton pun dapat menjadi alasan mengapa dak beton rembes. Ada baiknya pastikan Anda membuat ketebalan yang dibutuhkan untuk mencegah masalah yang tak diharapkan, seperti dak beton gampang rembes ketika musim hujan. 


4 Cara Mengatasi Dak Beton yang Rembes

Nah, Anda tak usah cemas jika mengetahui dak beton di rumah atau bangunan Anda mengalami rembes. Inilah cara mengatasi dak beton yang rembes dengan cepat: 

1. Cek kondisinya secara berkala

Anda butuh melakukan pemeriksaan apakah dak beton rembes atau tidak dengan cara menutup bagian pipa saluran pembuangan air di dak atap maupun roof drain. Biarkan dulu selama sekitar 1 jam, lalu tuangkanlah air di atas atap beton tersebut. Jika di bagian bawah atap ada rembesan air, itu pertanda dak beton mempunyai masalah. Anda hendaknya segera memperbaiki masalah ini dengan cara menambahkan waterproofing jenis semen menggunakan Pro X

2. Lakukan solusi darurat

Solusi darurat dapat Anda lakukan dengan cara menutup bagian atap memakai terpal plastik. Namun Anda tetap perlu melakukan solusi lanjutan secara permanen sesudahnya sebab ini merupakan solusi darurat.

3. Lakukan perbaikan pada retakan kecil

Retakan pada dak beton dapat menimbulkan rembesan sehingga Anda perlu memperbaikinya ketika dak beton dalam kondisi kering. Selama 1x24 jam pastikan dak beton tidak terkena air dan kering. Jika retakan yang terdapat pada dak beton cukup besar, Anda bisa mengisi retakan menggunakan semen PRO-X 207, sebuah produk pelapis kedap air (waterproofing). Untuk retakan berukuran kecil Anda perlu membuat retakan tersebut menjadi lebih besar supaya penambalan bisa dilakukan secara lebih baik. 

4. Mengaplikasikan waterproofing

Ini merupakan cara yang cukup ampuh sebab bisa menutup lubang-lubang yang lebih kecil sehingga tertutup secara optimal. Alangkah baiknya Anda memasang waterproofing dengan serat serat di bekas retakan besar dak beton. Dapatkan hasil yang maksimal untuk mengatasi dak beton rembes dengan menerapkan waterproofing menggunakan produk PRO-X 207 secara merata pada seluruh permukaan dak beton. 

Demikianlah informasi tentang penyebab dan cara mengatasi dak beton yang rembes yang penting Anda ketahui. Guna memberikan perlindungan maksimal pada dak beton dan membuatnya tidak gampang rembes, Anda memang harus menggunakan PRO-X 207

PRO-X 207 adalah produk pelapis antiair yang dibuat dari bahan dasar semen, acrylic copolymer, filler, dan aditif yang terformula istimewa dengan fitur kedap air dan mudah diterapkan.

Dengan keunggulan 2 kali lebih tahan air dan 2 kali lebih tahan lama, PRO-X 207 buatan PT. Bangun Bersama Solusindo (PT. BSS) dapat melindungi dak beton rumah atau bangunan Anda dari risiko rembes dan bocor. Oleh karena itu jangan ragu lagi ya untuk menggunakan PRO-X 207. Segera kunjungi saja pro-xhome.com untuk keterangan lebih lanjut!

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Orang Jarang Tahu, Ini 4 Penyebab dan Cara Mengatasi Dak Beton yang Rembes"

Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News