Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali 4 Jenis Kubah Masjid Terpopuler di Indonesia Beserta Kelebihannya Sebelum Membelinya


Kubah merupakan atap dari sebuah bangunan yang telah identik dengan bangunan masjid. Bila menilik sejarah, kubah itu sendiri ditemukan oleh bangsa Romawi pada sekitar Abad II jauh sebelum Nabi Muhammad terlahir ke dunia. Kubah di zaman itu digunakan pada bangunan ibadah maupun bangunan penting milik mereka.

Kubah tak cuma bisa menambah megah sebuah bangunan, namun mempunyai fungsi untuk menguatkan bangunan supaya terlepas dari bencana alam (pada Abad II silam, kubah adalah  solusi dari amukan badai angin), menahan dari hantaman cuaca ekstrem (kondisi panas atau curah hujan besar), dan menerangi bagian interior sebuah bangunan.

Di samping itu pada saat tersebut bahan dasar kubah lebih mudah didapat sehingga biaya yang diperlukan pun tidak terlampau mahal. Kini di era digital, untuk mendapatkan kubah masjid yang baik dan tahan lama tidaklah sulit. Saat ini banyak perusahaan atau toko yang jual kubah masjid di Jakarta

Jenis-jenis Kubah Masjid Paling Populer di Indonesia

Kubah digunakan di masjid dengan tujuan untuk mengenang masa kemegahan Islam. Kubah  disebut sebagai simbol kejayaan agama Islam dimana kubah dikaitkan sebagai tempat tinggi yang memiliki arti simbol agama Islam yang Agung. 

Kubah masjid dikelompokkan menurut bahan pembuatannya. Disini akan bahas satu persatu jenis kubah masjid yang banyak digunakan di Indonesia serta perbandingannya.


Berikut jenis jenis kubah masjid terpopuler di Indonesia serta kelebihannya masing-masing.

Jenis GRC

Kubah masjid jenis GRC (Glassfiber Reinforced Concrete) terbuat dari bahan GRC yakni campuran dari semen dengan serat kaca. Kubah ini memang lumayan terkenal di Indonesia disebabkan harganya yang relatif terjangkau dan kekuatannya melebihi jenis kubah yang lainnya, lebih tahan akan air dan panas.

Namun kubah GRC membutuhkan pondasi yang kuat pada masjidnya atau konstruksi bangunannya tidak asal-asalan. Lantaran ia dibuat dari semen sehingga otomatis kubah ini tergolong jenis kubah yang berat.

Jadi jika pondasinya lemah, justru malah mengancam keselamatan warga yang menggunakan masjid, bahkan berisiko untuk timbulnya retak ataupun runtuh kalau terjadinya gempa.

Jenis Stainless Steel

Kubah stainless steel ialah kubah yang dibuat dari sejenis baja yang terdiri atas besi dan kromium dan besi. Kubah ini lumayan populer di Indonesia.

Bila Anda melihat ada kubah masjid yang berwarna silver, itu pertanda kubah tersebut adalah kubah stainless steel. Kubah ini kuat terhadap bencana dan mempunyai bahan yang ringan, meskipun masih di bawah kekuatannya kubah GRC.

Kubah ini cocok untuk Anda yang ingin menciptakan kesan masjid yang sederhana, tetapi tetap nampak elegan. Tak cuma itu, kubah ini mempunyai harga yang terjangkau, cocok untuk Anda yang senang desain minimalis dengan hasil sempurna.

Jenis Galvalum

Bila Anda seorang yang familiar dengan konstruksi bangunan, tentu kenal dengan baja galvalum. Galvalum merupakan baja ringan yang dibuat dari campuran seng, alumunium, silikon, dan  zincalume.

Paduan bahan ini menjadikan galvalum lebih ringan dibanding memakai GRC dan lebih praktis dipakai di berbagai masjid.

Meskipun daya tahannya di bawah GRC, kubah ini tetap terbilang kuat dalam menahan bencana alam ataupun menahan panas tanpa timbul perubahan pada konturnya.

Di samping itu kubah jenis ini pun tahan akan karatan dan korosi, bahkan material galvalum telah banyak menggantikan atap bangunan berbahan seng.

Teknik pengecatan dalam kubah sendiri memakai teknik yang berbeda dari umumnya sehingga warna kubah dapat tahan beberapa tahun. Di samping itu galvalum juga cocok dengan segala jenis bahan dasar cat.

Jenis Enamel

Jenis ini mengarah pada kubah yang dilapisi dengan bahan enamel. Umumnya kubah ini mempunyai struktur dengan baja galvanis, tetapi memakai kulit enamel sehingga dinamakan kubah enamel. Hal ini digunakan untuk mencegah karat dan tahan akan cuaca, entah panas atau hujan besar.

Bicara kekuatan, kubah ini memiliki kekuatan yang melebihi kekuatannya kubah stainless steel dan galvalum. Jadi bisa dibilang kubah masjid enamel adalah kubah dengan bahan terbaik. Warna yang digunakan juga bisa beragam selaras dengan kebutuhan Anda, termasuk bentuknya pun bervariasi.

Akan tetapi kubah ini mempunyai bahan dasar yang lumayan mahal sehingga harga kubah enamel umumnya berada jauh di atas harga kubah lainnya. Umpamanya, kubah galvalum dibanderol dengan harga Rp.100 juta, maka kubah dengan bahan enamel dapat dihargai sebesar Rp.400 Juta sehingga peminat kubah enamel tak terlampau banyak.

Sebagian besar kubah masjid dibuat menurut hasil dari infaq dan sedekah masyarakat setempat. Untuk itu pilih jenis kubah masjid yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.

Apabila saat ini Anda berencana membangun atau merenovasi masjid dan membutuhkan kubah masjid, PT. Anugerah Kubah Indonesia adalah tempat jual kubah masjid Jakarta yang sangat recomended. PT. Anugerah Kubah Indonesia menyediakan berbagai model/motif dan jenis kubah masjid dengan harga terjangkau. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa langsung mengunjungi laman www.jualkubahmasjid.id

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Kenali 4 Jenis Kubah Masjid Terpopuler di Indonesia Beserta Kelebihannya Sebelum Membelinya"

Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News