Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tingkatkan kualitas bisnis Anda dengan layanan IP transit


Tiap-tiap pengusaha menginginkan penjualannya mengalami peningkatan secara signifikan mulai dari omset sampai tingkat penjualan. Hal tersebut dapat dicapai dengan menerapkan strategi khusus yang diciptakan oleh pengusaha untuk meningkatkan kedua hal tersebut. Namun, tak sedikit pula para pengusaha memutuskan untuk gulung tikar karena bisnis dirasa tidak mengalami perkembangan.

Bila terdapat kasus seperti ini, para pengusaha kerap mencoba segala hal yang sekiranya dapat mengembalikan keadaan bisnis agar tetap stabil seperti memberikan potongan harga. Namun, fakta di lapangan menyatakan bahwasanya hal tersebut tidak cukup untuk mengembalikan keadaan bisnis pada titik yang diinginkan.

Dalam dunia bisnis berskala besar hingga kecil, kualitas layanan memiliki peranan penting untuk mengambil hati pelanggan. Hal ini dilihat mulai dari bagaimana cara Anda berinteraksi dengan pelanggan, menghadapi keluhan pelanggan serta menerima kritik dan saran dari pelanggan. Karena kualitas layanan yang tinggi menghasilkan minat serta loyalitas pelanggan yang tinggi pula. Sebagai pengusaha, memberikan kualitas layanan terbaik kepada pelanggan adalah wajib.  Berikut merupakan beberapa tips untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada bisnis Anda!

1. Menerima kritik dan saran

Hal ini menjadikan salah satu tantangan terbesar bagi para pengusaha yakni menerima kritik dan saran dari pelanggan. Tak sedikit para pelanggan ingin didengar atas keluh kesahnya terhadap pelayanan ataupun produk yang Anda tawarkan. Maka tugas Anda adalah mendengar dan menerima segala bentuk kritik dan saran yang diberikan oleh pelanggan, karena dapat dijadikan sebagai pendorong bisnis Anda untuk terus melakukan improvement.

2. Mengintensifkan media pemasaran

Pandemi Covid-19 memaksa seluruh masyarakat untuk melakukan hampir segala bentuk aktivitas dari rumah. Namun, hal ini kerap tidak disadari oleh para pengusaha dalam mengoptimalkan media untuk memasarkan produk maupun layanan Anda secara digital.  Karena tak dapat dipungkiri bahwa digital marketing dapat menopang bisnis Anda untuk mencapai target market yang lebih luas. Hal ini dapat dilakukan dengan mengoptimalkan media sosial seperti Instagram, TikTok, Facebook ads, Google ads dan masih banyak lagi.

3. Perluasan target pasar

Perluasan target pasar dapat diartikan dengan peningkatan promosi produk ataupun layanan yang Anda tawarkan untuk meningkatkan audiens pada bisnis Anda. Seperti halnya pada poin ke-2, dalam perluasan target pasar salah satunya dengan mengoptimalkan seluruh media. Untuk media online dapat dilakukan dengan dokumentasi produk atau layanan bisnis Anda, transparansi testimoni oleh pelanggan, cepat tanggap dalam melayani pelanggan, mencari jalan keluar bagi tiap-tiap permasalahan yang dialami oleh pelanggan serta melakukan riset. Jadi, ketika target pasar sudah penuh maka Anda dapat melakukan ekspansi dengan memperluas target bisnis dan mendapatkan omset tinggi tidak lagi menjadi hal yang sulit untuk didapatkan.

4. Titik fokus pada kualitas produk dan pelayanan

Tidak sedikit pelanggan yang rela mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan produk maupun layanan yang berkualitas. Karena, produk dan layanan yang berkualitas memiliki tempat tersendiri di benak pelanggan.

5. Mengumpulkan umpan balik dari pelanggan

Umpan balik pelanggan didapatkan ketika proses transaksi telah selesai. Hal ini menjadikan Anda lebih mengerti atas kekurangan dan kelebihan yang terdapat pada produk maupun layanan yang Anda tawarkan.

Itulah kelima tips untuk meningkatkan kualitas layanan pada bisnis Anda. Apabila lima tips diatas dapat diimplementasikan secara disiplin, maka peningkatan penjualan pada bisnis Anda tidaklah sulit. Maka, untuk mengumpulkan pundi-pundi informasi yang didapat dari pelanggan memerlukan layanan internet yang super cepat. Seperti layanan IP Transit Telkom yang kini hadir dengan kecepatan interkoneksi ke internet domestik maupun global dengan jaminan bandwidth 1:1. 


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Tingkatkan kualitas bisnis Anda dengan layanan IP transit"

Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News