Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Kenali Keunggulan dan Kekurangannya!


Setiap program pembelajaran untuk siswa/mahasiswa, tidak lengkap kiranya bila tak mengetahui mengenai seluk beluk di dalamnya. Sebagaimana halnya dengan merdeka belajar ini. Merdeka belajar adalah salah satu program yang dibuat oleh pemerintah untuk membangun sistem pendidikan yang lebih baik.

Akan tetapi yang namanya sebuah program, tentunya memiliki keunggulan dan kekurangan khusus dalam proses pelaksanaannya. Nah untuk mengetahui tentang program ini, yuk kita ulas beberapa keunggulan dan kekurangan program merdeka belajar kampus merdeka berikut ini.

Keunggulan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Dunia perkuliahan menjadi lebih fleksibel

Untuk membangun pendidikan yang lebih fleksibel dan lebih baik, Menteri Pendidikan Indonesia Nadhiem Makarim menyatakan bahwa tujuan utama dari program merdeka belajar ialah melepas belenggu kampus supaya lebih mudah bergerak. Sehingga para mahasiswa dapat belajar lebih dalam mengenali perannya selaku mahasiswa dengan baik.

Memberikan peluang pada mahasiswa untuk mendalami studi yang diambil

Dalam proses pelaksanaan merdeka belajar, mahasiswa diajari untuk lebih memahami mata kuliah pada program studi yang diambil. Misalnya mengadakan penelitian dan riset secara mendalam pada mata pelajaran yang dipilih. Hal ini tentu saja berhubungan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, terutama dalam hal penelitian dan pengembangan.

Jika mahasiswa bisa memahami studi yang diambilnya, tentu akan membawa udara segar untuk perguruan tinggi dan pastinya untuk mahasiswa itu sendiri. Di samping ilmu yang telah didapat, pengalaman pun akan menjadikan mereka lebih maju dan mempunyai pemikiran yang luas.

Memberikan ajang kepada mahasiswa untuk bermasyarakat

Peluang emas pada program ini dapat diperoleh lewat program pengabdian kepada masyarakat. Peluang ini dianggap dapat mewadahi mahasiswa untuk lebih cakap dan terjun langsung ke lingkungan masyarakat.

Tidak cuma itu, mahasiswa kelak akan memberikan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat sekitarnya. Sehingga para mahasiswa yang terjun langsung di masyarakat ini akan sanggup dan siap untuk menerapkan diri di lingkungan masyarakat.

Dapat menyiapkan diri untuk terjun di dunia kerja

Program merdeka belajar memang cocok sekali dan patut untuk menyiapkan para mahasiswa ke dunia kerja. Para mahasiswa ini diharapkan akan menyelaraskan diri mereka di lingkungan luar kampus, misalnya di dunia kerja. Aktivitas itu dapat dilakukan lewat program PKL atau magang secara reguler.


Kekurangan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Dianggap belum demikian matang 

Bukan merupakan sebuah rahasia lagi jika program pendidikan senantiasa berubah-ubah menurut menteri yang tengah menjabat. Oleh karena itu, program merdeka belajar ini dikuatirkan akan berubah lagi jika menteri yang menjabat akan ikut berganti.

Disamping itu program merdeka belajar ini pun masih terbilang seumur jagung. Sehingga merdeka belajar masih butuh dilakukan pembaruan dan riset ekstra dalam melaksanakannya.

Persiapan SDM belum terstruktur

Program baru dalam dunia pendidikan tentu saja memerlukan sistem yang tersusun dan sistematis. Tetapi program merdeka belajar ini dianggap masih amat baru dan belum cukup solid untuk mempersiapkan SDM selaku pelaksana di dalam program ini.

Sebagaimana yang kita ketahui menggembar-gemborkan sebuah program baru, tentu membutuhkan sosialisasi dan persiapan yang relatif matang. Jadi dapat dipastikan kalau program merdeka belajar masih butuh mempersiapkan para tenaga ahli dan sosialisasi yang matang supaya dapat berjalan dengan optimal.

Demikianlah beberapa keunggulan dan kekurangan dari merdeka belajar kampus merdeka dalam dunia pendidikan Indonesia. Dengan mengenali seluk beluk mengenai keunggulan dan kekurangan dari program itu diharapkan para pelaku pendidikan dan pemerintah dapat menyempurnakan program ini supaya dapat dilaksanakan dengan amat baik nanti. 


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Share this article / Bagikan Artikel Ini! :

Posting Komentar untuk "Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Kenali Keunggulan dan Kekurangannya!"