Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Ingin Pahala yang Terus Mengalir? Kenali 7 Keutamaan Wakaf dan Caranya


Istilah wakaf memang belum begitu populer di telinga masyarakat kita. Terlebih bila dihubungkan dengan literasi wakaf yang masih kurang. Untuk sebagian masyarakat juga wakaf ini diidentikkan sebagai ibadahnya orang kaya dan cuma dapat ditunaikan dalam jumlah besar sehingga menyebabkan masyarakat menunda untuk berwakaf.

Menurut H. Adijani Al-Alabij dalam bukunya Perwakafan Tanah Di Indonesia Dalam Teori Dan Praktek, wakaf adalah menahan harta yang dapat diambil manfaatnya tanpa menghabiskan atau meneruskan bendanya dan digunakan untuk kebaikan. Wakaf pun dapat didefinisikan sebagai pemberian sebuah harta yang kekal zatnya untuk dimanfaatkan orang lain. Sehingga memberikan wakaf sama saja dengan memberikan harta yang bersifat langgeng dan mengandung manfaat yang besar. 

Keutamaan Wakaf

Dengan begitu wakaf menjadi amalan yang penting dan pahalanya akan terus mengalir meskipun wakif atau pemberinya sudah meninggal sekalipun. Berikut ini keutamaan wakaf.

1. Pahalanya Terus Mengalir

Pahala dari harta yang telah diwakafkan tersebut akan tetap memberikan pahala kepada wakif (pemberi wakaf), malahan sesudah ia meninggal dunia sekalipun. Harta yang sudah diwakafkan menjadi amal jariyah yang tak akan pernah terputus, tidak seperti amalan yang lainnya misalnya puasa, shalat, dan sebagainya.

2. Bisa Menggunakan Nama Orang Lain

Harta wakaf dapat diatasnamakan dengan menggunakan nama orang lain sehingga pahalanya pun akan terus mengalir terhadap orang yang dimaksud.

3. Mensejahterakan Masyarakat

Bila dikelola secara baik harta yang diwakafkan akan membantu kehidupan masyarakat. Misalnya saja bangunan yang diwakafkan untuk sekolah, tanah yang dibangun masjid sebagai tempat ibadah, kebun yang kemudian hasilnya diwakafkan bagi anak yatim, dan lain sebagainya. Akhirnya kesejahteraan masyarakat pun akan meningkat.

4. Harta benda yang diwakafkan akan tetap utuh terjaga, kelangsungannya terjamin dan tidak dapat hilang ataupun berpindah tangan. Pasalnya secara prinsipil barang wakaf dilarang dijual, dihibahkan, ataupun diwariskan.

5. Manfaatnya bisa terus dirasakan oleh banyak orang, malahan lintas generasi sebab kepemilikan harta wakaf tak dapat dipindahkan. Materi yang akan diambil sekaligus dinikmati oleh penerima wakaf ialah manfaat dari harta wakafnya saja, sedangkan harta yang diwakafkan akan tetap utuh dan langgeng.

6. Setiap waktu wakaf menebarkan kebaikan dan mengurangi beban orang-orang yang memerlukan bantuan seperti penuntut ilmu, pengajar, para pejuang di jalan Allah, orang yang tidak punya pekerjaan, janda, anak yatim, fakir miskin, dan lain sebagainya.

7. Wakaf akan tetap mengembangkan dakwah, menghidupkan lembaga sosial keagamaan, mengembangkan potensi umat, mensejahterakan umat, memberantas kebodohan, memutus mata rantai kemiskinan, dan menghilangkan kesenjangan sosial.

Berwakaf memang menjadi salah satu ibadah yang terbilang istimewa bila dilakukan, selain menunaikan infaq, sedekah, dan zakat. Islam pun memberikan peluang untuk menjaga keberkahan dan kekekalan harta guna meraih kebaikan dan ridho-Nya lewat berwakaf.

Dengan berwakaf kita tidak perlu cemas bisa menghabiskan harta yang kita miliki. Justru, kita akan meraih nilai manfaatnya yang tidak cuma bisa dinikmati sepanjang kita di dunia, tetapi dapat kita tuai sampai akhirat kelak. Walaupun pewakifnya sudah tak ada, bulir-bulir kebaikan dan manfaatnya akan tetap mengalir.

Wakaf selama ini masih dinilai sebagai suatu ibadah yang identik dengan 3M, yakni makam, masjid, madrasah. Minimnya literasi masyarakat membuat wakaf masih dianggap sepele. Padahal, potensinya di Indonesia besar sekali dan dapat menjadi sarana untuk memeratakan ekonomi.

Pendapat masyarakat pada wakaf juga condong menyalurkan wakaf lewat wakaf sosial dimana asetnya berupa harta yang tidak bergerak. Padahal, wakaf produktif ini amat berperan tidak cuma kebermanfaatannya terhadap masyarakat, tetapi juga berperan dalam menumbuhkan surplus investasi wakaf.

Merambah era revolusi industri 4.0 telah seharusnya wakaf produktif menjadi suatu gerakan yang dapat membuat masyarakat lebih sadar pada pentingnya wakaf dalam akselerasi pertumbuhan ekonomi.

Wakaf di Era Teknologi Digital

Kini telah hadir sebuah website yang dapat digunakan berwakaf untuk menyalurkan harta dengan memanfaatkan platform ziswaf (zakat, infak, sedekah, dan wakaf) secara online, yakni www.jadiberkah.id.

Ketika tulisan ini dibuat total dana yang sudah terkumpul telah mencapai Rp2,563,280,548 dari keseluruhan donatur yang sudah bergabung sebanyak 2764 orang. Proses untuk donasi juga amat mudah sebab memakai sistem online. 

Adapun caranya ialah sebagai berikut.



  • Pilih jenis program yang akan anda bantu nanti. 
  • Setelah itu klik kotak/tombol tunaikan, lantas isilah data diri (boleh dikosongkan dengan mencentang kotak sebagai hamba Allah) dan pilih nominal uang yang akan disalurkan (minimal Rp50.000).
  • Kemudian klik kotak/tombol lanjutkan.
  • Selanjutnya lakukanlah konfirmasi.
  • Terakhir lakukan pembayaran.

Anda ingin mendapatkan pahala dari keutamaan wakaf yang terus mengalir hngga kiamat? Yuk, kini saatnya berwakaf melalui JadiBerkah.ID!


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Share this article / Bagikan Artikel Ini! :

Posting Komentar untuk "Ingin Pahala yang Terus Mengalir? Kenali 7 Keutamaan Wakaf dan Caranya"