Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Kelebihan Batako Press Dibanding Bata Ringan dan Bata Merah


Saat ini tidak sedikit pabrikan atau toko bahan bangunan yang jual batako press, bata ringan dan bata merah.  Ada sejumlah perumahan yang memakai salah satu dari ketiga jenis bata itu, tetapi sering kali pengembang (developer) memakai tiga jenis bata itu untuk beberapa tipe rumah yang berbeda-beda. Apa sih perbedaan antara batako press, bata ringan dan bata merah? Apa saja kelebihan batako press dibanding bata ringan dan bata merah?

Sesungguhnya fungsi dari ketiga bata itu sama, tetapi masing-masing bata mempunyai karakteristik sendiri-sendiri. Demikian juga dengan kelebihan dan kekurangan dari setiap bata itu. Nah, kali ini kita akan ulas sedikit informasi tentang kelebihan dan kekurangan dari ketiga jenis bata itu.

Batako Press Putih

Bata jenis ini mempunyai karakteristik berpori dan rongga yang terdapat di dalamnya. Biasanya bahan bangunan ini diproduksi dari bahan pasir kasar dan semen yang di-press sampai padat sekali. Tetapi ada pula yang memakai campuran seperti batu bara, air, dan kapur. Umumnya, developer-developer memilih jenis batako press ini lantaran untuk mengurangi jumlah pemakaian bahan perekat serta  menekan massa kontruksi bangunan yang berlebihan.

Kelebihan batako press ialah dari segi bentuknya yang lebih besar bila dibandingkan dengan bata merah, tetapi tetap bobotnya lebih ringan sebab pada bagian dalam batako press mempunyai rongga. Dengan demikian struktur bangunan pun tidak terlampau berat. Di samping itu, pada saat pemasangannya pun tidak memerlukan banyak waktu dan bahan perekat. Selain itu, bata jenis ini tergolong kedap terhadap air sehingga tembok bangunan kita dapat lebih terjaga dari hujan.

Sementara itu kekurangan bata ini adalah menyerap panas sehingga suhu ruang suatu bangunan akan terasa hangat/panas karena menyimpan suhu panas itu. Namun karena jenis bata ini mempunyai rongga menyebabkannya menjadi lebih gampang retak dan tidak sulit untuk dihancurkan.

Bata Ringan (Hebel)

Selaras dengan namanya bata ringan atau hebel diproduksi dengan tujuan untuk meringankan konstruksi bangunan karena beban yang diperoleh dari jenis bata lainnya. Bata hebel dibuat dengan menggunakan campuran aluminium pasta, semen, kapur, air, gipsum, dan pasir kuarsa sebagai bahan pengembangnya. Bata jenis ini diproduksi di dalam pabrik dengan cetakan yang sama besar dan tingkat kerataannya jauh lebih baik ketimbang bata jenis yang lainnya.

Kelebihan dari hebel yakni lebih ringan dibanding batako press maupun bata merah. Lantaran dibuat di dalam pabrik dengan cetakan berukuran sama sehingga dapat membentuk dinding yang jauh lebih rapi. Bata jenis inipun cuma sedikit memerlukan bahan perekat. Bata ringan alias hebel tetap dapat diplester, malahan dapat langsung diaci meskipun tak diplester sama sekali. Bata ringan pun kedap pada suara dan air. Meskipun bata jenis ini terbilang ringan, tetapi kekuatannya sudah cukup baik.

Kekurangan bata ringan (hebel) ialah harganya yang masih lumayan mahal daripada dua jenis bata yang lainnya. Di samping itu tak semua toko bahan bangunan menjual jenis bata satu ini dan diperlukan keahlian tersendiri ketika pemasangannya. 

Bata Merah

Bata merah diproduksi dari tanah liat yang dicetak dan kemudian dipanaskan dalam suhu berukuran tertentu. Umumnya bata ini memiliki warna cokelat tua kemerahan. Jenis bata ini menjadi unggulan mayoritas masyarakat Indonesia sebab harganya yang murah dan amat mudah didapatkan di seluruh toko bahan bangunan. Nyaris tak ada toko bahan bangunan yang tak menjual bata merah. Kekuatan bata merah pun relatif baik.  Pemasangan bata merah memerlukan semen dan pasir sebagai perekatnya.

Kelebihan bata merah ialah ukurannya kecil sehingga mudah sekali dibawa, baik untuk diangkat maupun dipindahkan. Pemakaian bahan perekatnya tidak memerlukan bahan khusus sebab cukup dengan semen dan pasir saja.  Di samping itu bata jenis inipun tahan pada api. Dan yang terpenting dari semua itu  adalah tentu saja harganya yang amat terjangkau.

Kekurangan bata merah ialah bobotnya yang terbilang berat sehingga meningkatkan massa berlebih pada konstruksi bangunan. Kecuali itu lantaran bentuknya kecil sehingga memerlukan banyak bahan perekat dan akibatnya boros dalam pemakaian bahan perekatnya. Di samping itu jenis bata ini condong tak terlampau baik dalam meredam suara bising dari luar serta belum dapat mempertahankan kestabilan suhu ruang sebab bata ini menyerap suhu di sekitarnya. Pemasangan bata merah pun lumayan membutuhkan waktu sebab ukurannya kecil.

Lawang Indah Beton adalah salah satu produsen batako press hidrolik kualitas nomor wahid yang telah berpengalaman sejak tahun 1980. Batako buatan PT Lawang Indah Beton diproduksi dengan mesin press hidrolik canggih sehingga mampu membuat batako yang solid dan kuat serta harga terjangkau. Pabrik Beton Lawang Indah mampu menghasilkan batako press dalam kapasitas produksi besar yang ditunjang armada pengiriman lengkap.

Demikianlah beberapa kelebihan batako press dibanding jenis bata lainnya yang perlu anda ketahui. Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari ketiga jenis bata tersebut, anda bisa menentukan jenis bata yang mana yang harus anda beli sesuai kebutuhan.


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Share this article / Bagikan Artikel Ini! :

Posting Komentar untuk "Kelebihan Batako Press Dibanding Bata Ringan dan Bata Merah"