Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Toko SehatQ Sediakan Azithromycin serta Beragam Produk Kesehatan dan Kecantikan


Azithromycin pernah menjadi viral karena disebut-sebut dapat menyembuhkan orang yang terkena infeksi virus COVID-19. Obat azithromycin merupakan antibiotik yang memiliki potensi antivirus dan anti-inflamasi. Obat ini sudah dimanfaatkan untuk mengatasi COVID-19, tetapi bukti dari hasil uji coba ternyata masih kurang.

Kini azithromycin tidak digunakan lagi dalam standar perawatan penderita Covid-19. Tetapi obat ini masih dapat diberikan pada penderita covid bila ada indikasi infeksi bakteri.

Penggunaan

Azithomrycin merupakan obat yang dipergunakan untuk mengobati berbagai infeksi bakteri, antara lain penyakit menular seksual, infeksi telinga, infeksi kulit, infeksi pernapasan seperti sinusitis, radang tenggorokan, pneumonia dan sebagainya. 

Obat ini adalah antibiotik yang berperan untuk membunuh bakteri sensitif di dalam tubuh. Pada kalangan anak-anak, di samping untuk mengobati gangguan infeksi pada saluran pernapasan, obat inipun dipakai untuk mengatasi infeksi telinga.

Efek Samping

Azithromycin bisa menyebabkan berbagai efek samping, sejak dari efek samping yang ringan sampai berat. Berikut beberapa efek samping dari penggunaan obat ini:

  1. Yang biasa terjadi yakni penderita akan mengalami feses cair dan diare.
  2. Yang sedikit jarang terjadi penderita akan mengalami pembengkakan, demam, kulit kering dan berkerak, kulit kemerahan, gatal-gatal, dan iritasi kulit.
  3. Yang jarang terjadi penderita akan mengalami mata dan kulit menguning, muntah darah, perubahan suara, kelelahan, perdarahan yang tidak biasa, napas berbau, sulit menelan, gangguan tidur, dada sesak, berkeringat, bersin-bersin, hidung berair, flu, bengkak dan kemerahan pada telinga, iritasi mata, napas berbunyi, mual dan muntah, penurunan nafsu makan, nyeri sendi, gangguan pencernaan, wajah pucat, mengantuk, pusing, gemetar, nyeri dada, sensasi terbakar saat buang air kecil, badan terasa nyeri, terdapat darah pada urin dan feses, serta sakit perut.

Apabila selama penggunaan Anda mengalami salah satu dari beberapa gejala efek samping di atas hendaknya lekas periksakan diri Anda pada dokter.

Pemakaian Obat

Hal-hal yang mesti Anda perhatikan sebelum mengkonsumsi azithromycin ini di antaranya:

  1. Bacalah tata cara dan aturan penggunaan obat di leaflet sebelum mengkonsumsinya. Jika ada keterangan yang kurang jelas, alangkah baiknya tanyakan terlebih dulu kepada dokter atau apoteker.
  2. Konsumsilah obat sesuai dengan anjuran dari dokter. Umumnya, obat ini boleh diminum sebelum atau setelah makan. Tetapi hendaknya minumlah obat berbarengan dengan makanan untuk menghindari rasa tak nyaman pada perut. Umumnya dokter akan memberikan dosis menurut kondisi kesehatan penderita atau pasien.
  3. Konsumsilah obat pada waktu yang sama setiap harinya untuk mendapatkan efek maksimal.
  4. Hendaknya habiskanlah obat ini menurut saran dokter. Jangan menghentikan konsumsi obat walaupun penyakitnya telah sembuh secara cepat. Karena penghentian konsumsi obat yang telampau cepat dapat menaikkan risiko resistensi.
  5. Sebaiknya konsultasikan pada dokter bila penyakit yang Anda derita tak segera sembuh atau bahkan semakin parah.

Beberapa waktu lalu obat azithromycin sempat langka di pasaran karena banyak diburu oleh masyarakat guna mengobati penderita COVID-19. Namun jangan khawatir, bila Anda sedang membutuhkannya sekarang Anda bisa mendapatkannya di Toko SehatQ.

Toko SehatQ adalah fitur belanja yang terdapat dalam platform website dan aplikasi SehatQ. Di toko online inipun Anda dapat berbelanja beragam keperluan produk dan jasa yang berhubungan dengan kesehatan maupun kecantikan lho, tak cuma menyediakan layanan pembelian obat dengan resep dokter saja.

Beragam pilihan produk telah disediakan Toko SehatQ dengan sangat lengkap serta sudah ditunjang dengan kemudahan dalam berbelanja dan diskon-diskon yang menarik. Yuk, segera kunjungi dan unduh aplikasi SehatQ serta mulailah berbelanja segala kebutuhan kesehatan secara mudah, menyenangkan dan aman tanpa harus repot-repot antri.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Share this article / Bagikan Artikel Ini! :

Posting Komentar untuk "Toko SehatQ Sediakan Azithromycin serta Beragam Produk Kesehatan dan Kecantikan"