Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Kelebihan Kubah Masjid Enamel Sebelum Memutuskan Membangun Kubah Masjid


Masjid merupakan tempat ibadah untuk umat Islam. Bicara soal masjid tentu saja tidak luput dari kubah masjid. Sebagaimana yang kita ketahui bersama kubah menjadi ciri khas dari bangunan masjid. Kita dapat mengetahui bangunan atau tempat itu adalah sebuah masjid dari kubahnya. Lantaran merupakan salah satu dari ciri khas bangunan masjid sehingga di mana pun kita ada bila kita ingin mencari sebuah masjid, maka kita pun dapat mengetahuinya dari kehadiran bangunan kubahnya.

Bangunan berkubah memang identik sekali dengan masjid. Hal ini disebabkan oleh karena kebanyakan memang cuma masjid saja yang mempunyai kubah. Untuk itulah bahan dan ahli khusus mesti diperhatikan dalam membangun suatu kubah masjid. Berlainan dengan kubah mushola yang bentuknya tak sebesar ukuran kubah masjid sehingga kita dapat membelinya langsung jadi dari toko bangunan terdekat. 

Nah, untuk pembangunan kubah masjid kita mesti melakukan pembuatan dan pemasangan dengan mengundang atau menggunakan jasa kontraktor kubah masjid. Bentuknya yang besar dengan ornamen atau motif khusus mesti diperhatikan saat membangun kubah masjid supaya hasilnya optimal dan tahan lama. Salah satu jenis bahan kubah masjid yang populer dan tren saat ini adalah kubah enamel yang ternyata memiliki beberapa kelebihan atau keunggulan.


Kelebihan Kubah Masjid Enamel

Kubah masjid enamel ialah bahan untuk membuat sebuah kubah yang umumnya digunakan untuk melapisi logam dan melapisi dasar permukaan plat supaya luput dari karat. Kubah ini dibuat dari bahan plat baja rendah karbon yang dilapisi terlebih dulu dengan porselin. Porselin ini umumnya diperuntukkan sebagai pelindung kaca atau keramik, namun bisa juga digunakan untuk sebuah benda yang berbahan logam.

Tahan Karat 

Tujuan dari pemakaian porselin dalam pembuatan kubah adalah untuk menjaga logam dari karat yang bisa mengurangi kualitas bahkan dapat merusaknya. Di samping itu porselin pun dapat memperindah ornamen yang terdapat pada kubah enamel. Dalam kehidupan setiap hari, penggunaan porselin enamel bisa kita temui pada beberapa peralatan rumah tangga seperti perlengkapan kamar mandi dan perlengkapan memasak.

Melapisi kubah masjid dengan menggunakan bahan enamel merupakan cara yang paling tepat guna menjaga benda berbahan plat baja dari karat. Bahan kubah enamel adalah salah satu bahan yang tahan terhadap korosi, awet dan tahan akan perubahan cuaca ekstrim dan gempa. Selain itu bahan ini pun dapat menahan suhu panas berlebih.

Tampak Lebih Indah

Warna-warni yang disajikan pun amat beragam. Warna ini akan meningkatkan ketertarikan orang untuk melihat kubah itu. Kelebihan yang terkandung di dalam kubah masjid enamel ini adalah pada daya tahan warna cat kubah. Pada kubah enamel mempunyai daya tahan tinggi karena sistem pengecatannya menggunakan power coating. Warna catnya tidak akan mudah luntur dalam jangka waktu yang lama sampai 20 tahun lebih. Sementara itu pada jenis bahan kubah yang lainnya umumnya daya tahan warna catnya cuma sanggup bertahan selama kira-kira 5 tahun.

Bobot Kubah Enamel Cenderung Lebih Ringan 

Berat dari kubah enamel ini cenderung lebih ringan dibandingkan dengan bobot kubah lainnya seperti kubah beton. Namun dengan jenis kubah galvalum bobot kubah ini nyaris setara. Alhasil ketika membangun kubah masjid dengan kubah enamel Anda tak butuh lagi membuat pondasi yang ekstra kuat dan kencang.

Dari sisi harga, untuk kubah umumnya dihitung menurut luas kubah masjid yang akan dibangun.  Akan tetapi ada rumus luas kubah yang baku yaitu 3,14 x diameter x tinggi. Di pasaran kubah enamel ini dijual dengan harga mulai dari Rp1,3 juta sampai Rp2,5 juta untuk tiap meternya. Lantaran kualitas dari kubah enamel lebih unggul dibanding galvalum dan bahan lainnya, maka harga kubah enamel juga agak lebih mahal ketimbang kubah galvalum. Namun harga kubah masjid umumnya juga dilihat dari segi variasi jenis, motif, ukuran dan spesifikasi yang lainnya. 

Kubah enamel adalah kubah masjid yang mempunyai spesifikasi dan beberapa kelebihan dibandingkan dengan bahan kubah lainnya. Kubah dengan variasi warna yang indah dan awet menjadi incaran para pencari kubah. Jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan segala sesuatunya sebelum Anda membangun kubah masjid yang megah. Jangan sampai akibat tergiur dengan harga yang murah akhirnya kualitas kubah masjid menjadi korban. Semestinya anggaran yang tersedia dapat untuk menambah kas masjid guna aktivitas lainnya, tetapi lantaran kualitas kubah yang rendah sehingga keluar biaya lagi untuk perbaikan dan pemeliharaan.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Kenali Kelebihan Kubah Masjid Enamel Sebelum Memutuskan Membangun Kubah Masjid"

Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News