Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Macam-macam Chord atau Kunci Gitar yang Harus Dipahami Pemula


Gitar adalah alat musik yang amat terkenal, terlebih di kalangan kaum muda. Gitar bisa menghasilkan beragam musik populer yang pastinya telah familiar di telinga kita. Alat musik inipun masuk ke semua genre musik, seperti musik pop, jazz, rock, metal, dan jenis musik yang lainnya. Gitar termasuk salah satu alat musik yang praktis karena gitar bisa dimainkan secara akustik yakni cukup dengan senar dan tabung.

Bermain gitar dapat menjadi hobi spesifik untuk mengisi waktu senggang. Anda dapat membawanya dan bernyanyi bersama ketika berkumpul bareng keluarga ataupun teman-teman. Untuk yang telah bisa memainkan gitar, tentunya bukan menjadi sebuah masalah. Tetapi untuk pemula, pasti membutuhkan pengetahuan dasar untuk dapat memainkan gitar. Salah satunya adalah dengan mengenali berbagai macam kunci gitar dasar. 

Kunci dasar pada alat musik yang memiliki 6 senar ini terbagi menjadi dua, yakni kunci dasar mayor dan kunci dasar minor. Kunci dasar gitar yang kerap dimainkan ialah D mayor, E mayor, A mayor, G mayor, dan C mayor. Setiap masing-masing kunci memiliki penempatan jari yang berbeda-beda. Simaklah gambar kunci di bawah ini supaya lebih paham.



Cara Bermain Gitar untuk Pemula dengan Mudah

Ada berbagai hal yang mesti diperhatikan terlebih dulu bila ingin belajar gitar. Belajar gitar tak dapat secara instan. Kita perlu proses panjang untuk dapat memainkannya dengan baik. Di bawah ini tips-tips yang mesti diperhatikan pada waktu belajar gitar untuk pemula.

Menggunakan Beragam Referensi untuk Belajar 

Internet menyajikan banyak sekali hal yang kita perlukan, tidak terkecuali belajar gitar. Kita bisa melihat dari internet berbagai kunci gitar dan lagu untuk dipelajari. Di samping dari internet, kita pun dapat belajar dari buku-buku lagu yang dijual di pasaran. Di dalam buku lagu itu pun ada  kunci-kunci gitarnya. Hal ini bisa memudahkan kita belajar.

Melatih Memori dan Otot Tangan

Pada waktu mulai belajar gitar biasanya tangan dan jari kita akan terasa tak nyaman dengan kunci-kunci yang cukup sulit. Kita cuma butuh membiasakan posisi itu. Saat kita telah terbiasa dengan posisi keberadaan letak senar dan fret, maka dengan mudah kita dapat memainkan kunci tersebut malahan tanpa melihatnya sama sekali.

Membentuk Kekuatan Jari-jari Tangan

Kita mesti membentuk kekuatan jari-jari tangan. Salah satu caranya adalah dengan melatih jari-jari tangan kita dengan meremas-remas benda atau barang selama sekitar 5 menit. Tujuannya adalah supaya jari tangan ketika memainkan gitar tidak terasa kaku.

Awali dengan Belajar Satu Lagu

Berlatihlah dengan mempelajari satu buah lagu dulu. Pilihlah lagu yang terbilang mudah dengan kunci-kunci yang sederhana. Pelajari terus satu buah lagu itu secara konsisten sampai lancar. Tujuan utama memilih lagu dengan chord yang sederhana adalah supaya mempermudah kita saat  belajar. Untuk itu usahakanlah jangan memilih lagu dengan chord yang sulit.

Sesudah semuanya Anda pelajari, hal yang paling utama ialah Anda mesti berlatih dengan rutin. Meskipun kelihatan sulit, jangan sampai Anda enggan untuk berlatih. Upayakan Anda rutin untuk berlatih setiap hari supaya tangan Anda tak kaku dan nantinya akan terbiasa memainkan gitar.

Dengan berlatih terus dan menambah ilmu tentang cara-cara memainkan gitar, bukan mustahil kemampuan Anda akan terus berkembang dan menjadi semakin lebih baik. Gitar dapat dimainkan di saat luang, ketika kumpul bareng teman-teman maupun ketika menyanyikan sebuah lagu di atas panggung.

Beberapa cara di atas dapat diaplikasikan untuk para pemain gitar pemula yang baru latihan bagaimana cara memainkan gitar.

Demikian bahasan mengenai pentingnya mengenali macam-macam chord atau kunci gitar, yang harus dipahami pemula dalam bermain gitar.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Share this article / Bagikan Artikel Ini! :

Posting Komentar untuk "Macam-macam Chord atau Kunci Gitar yang Harus Dipahami Pemula"