Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Aplikasi Edit Video Terbaik dan Gratis untuk Smartphone Android


Aplikasi edit video kini banyak digunakan oleh pengguna untuk menyunting, memberikan efek, dan transisi bagi video mereka. Sekarang untuk mengedit video tidak terlalu tergantung pada perangkat komputer (PC) maupun laptop. Kehadiran smartphone Android rupanya amat menolong pengguna pemula untuk berkreasi dan mengunggah hasil kreasinya ke media sosial mereka. 

Apalagi dengan adanya YouTube yang menjadi platform berbagi video nomor satu mempunyai fitur monetisasi yang pastinya menguntungkan untuk kreator. Jadi, tidak sedikit pengguna atau konten kreator yang bersaing menggunggah konten mereka ke platform itu.

Terdapat banyak sekali aplikasi edit video di PlayStore, mulai dari yang gratisan hingga berbayar. Dibawah ini ada beberapa aplikasi edit video untuk smartphone Android.

FilmoraGo

Aplikasi editor video ini disukai banyak pengguna karena mudah digunakan dan memiliki beberapa fitur unggulan. FilmoraGo mempunyai beberapa fitur seperti penambahan musik, penambahan tema dan pemotongan video serta menggabungkan beberapa video pilihan. 

Pengguna pun dapat menambahkan teks, slow motion, transisi dengan rasio video 1:1 sampai 16:9. Sesudah diedit, video itu bisa langsung diunggah ke media sosial apa saja atau disimpan dalam galeri. Menariknya lagi, seperti dikutip dari laman imls.co.id bahwa video hasil editan dari FilmoraGo ini tanpa watermark lho!

VideoShow

VideoShow merupakan salah satu aplikasi edit video Android yang dapat Anda jajal. Aplikasi ini dengan gampang bisa Anda peroleh secara gratis di PlayStrore.

VideoShow memungkinkan pengguna mempercantik video dengan menambahkan musik, teks, efek, sampai dubbing suara pengguna langsung. Video yang pengguna edit juga kualitasnya akan tetap baik dengan durasi yang tak terbatas. Dengan aplikasi ini pengguna pun dapat langsung mengkompres ukuran file video.

PowerDirector

PowerDirector adalah aplikasi edit video yang dapat dikatakan berfitur komplit dan gampang digunakan. Aplikasi ini mempunyai lebih dari 30 efek dan transisi efek yang berbeda serta bisa menambahkan beberapa video digabungkan menjadi satu.

Bila pengguna bingung atau baru pertamakali menggunakan aplikasi ini, jangan khawatir sebab PowerDirector menyediakan video tutorial untuk seluruh fiturnya.

KineMaster

KineMaster merupakan salah satu aplikasi edit video Android untuk Instagram atau YouTube. Beberapa fitur canggihnya mempermudah pengguna mengimpor file dari media yang berbeda. Kecuali itu pengguna pun dapat dengan mudahnya memotong, memberikan efek sampai menambahkan teks atau tulisan dalam video.

VivaVideo

Aplikasi ini menjadi salah satu yang kerap dipakai pengguna Android. VivaVideo mempunyai ratusan efek filter sampai klip. Pengguna pun dapat memotong video dan menatanya jadi kesatuan yang utuh. Tidak ketinggalan ada efek slow motion yang menjadikan video pengguna tampak kelihatan lebih profesional.

Movie Maker Filmmaker

Hobi nge-vlog? Pengguna tidak usah memakai laptop untuk mengedit video yang telah dibuat. Cukup berbekal smartphone Android dan aplikasi ini pengguna dapat dengan lancar melakukan sunting video. Aplikasi ini dapat mengolah hasil rekaman dari ponsel pengguna dengan kualitas juara.

Tidak cuma memotong video, pengguna pun dapat menambahkan musik dan memberikan efek filter yang menjadikan video jauh lebih menarik.

Inshot

Aplikasi Inshot sedikit berbeda dengan aplikasi edit video lainnya. Aplikasi Inshot tak bisa  menggabungkan beberapa foto maupun video. Alat edit video di smartphone Android ini lebih fokus pada masalah pengeditan video dari sisi penambahan teks, blur background, tema hingga penambahan lagu. Bila ingin memakai aplikasi ini bisa langsung diunduh di PlayStore.

Quik

Aplikasi Quik dapat mempermudah pengguna untuk menambahkan tulisan, efek, memotong video, dan mensinkronisasi seluruhnya secara cepat dengan penambahan musik. Video yang telah diedit bisa disimpan dengan ukuran 720 p atau 1080 p. Pengguna pun dapat langsung mengunggah video-video ke media sosial. Gratis dan gampang dioperasikan.

Itu dia 8 aplikasi edit video terbaik dan gratis yang bisa pengguna pilih untuk kebutuhan editing video di smartphone Android.


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "8 Aplikasi Edit Video Terbaik dan Gratis untuk Smartphone Android"

Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News