Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Investasi Bagi Masa Depan yang Perlu Anda Ketahui


Tidak sedikit orang menganggap kalau cukup dengan mempunyai tabungan saja keadaan keuangan  atau finansial telah aman sampai masa depan. Padahal, tak ada satu pun juga yang mengetahui apa yang bakalan terjadi di masa mendatang sehingga tiap-tiap orang perlu untuk terus melakukan investasi.

Ada banyak jenis investasi seperti obligasi, properti, saham, reksa dana, emas, dan deposito yang dapat dimanfaatkan. Sayangnya, kepemilikan investasi ini acap kali belum diketahui oleh banyak orang. Sesungguhnya apa manfaat investasi ini?  Simak ulasan berikut untuk mengetahui lebih lengkapnya!

Menghindari Kemungkinan Terjadinya Inflasi

Dari waktu ke waktu inflasi pasti selalu terjadi. Keadaan ini berpengaruh pada berkurangnya nilai mata uang. Investasi juga merupakan salah satu upaya menghindari pengaruh inflasi. Dengan berinvestasi yang baik, Anda dapat menciptakan pertumbuhan uang menjadi lebih banyak lagi.  

Penghasilan Jadi Bertambah

Salah satu manfaat investasi tentu saja adalah adanya tambahan penghasilan.  Dengan demikian penghasilan Anda pun dapat datang lebih dari satu sumber dan bisa jadi tak lagi mengandalkan hidup pada gaji yang didapat setiap bulannya.

Nilai Uang Bertambah

Jika menabung di sebuah bank, uang dapat dipotong terus sebab terdapat sistem bunga yang umumnya cuma cukup buat membayar biaya administrasi. Keadaan finansial juga akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk bertubuh.

Akan tetapi dengan manfaat investasi, Anda dapat mengelola uang dan menaikkan nilainya dengan lebih cepat. Dengan demikian, uang Anda menjadi lebih banyak dan menguntungkan dalam jangka waktu lama.

Menyiapkan Kebutuhan Masa Depan

Salah satu manfaat investasi lainnya ialah untuk membantu menyiapkan modal yang berhubungan dengan kebutuhan di masa depan seperti pendidikan anak, pernikahan, kesehatan, dan lain-lain. Berkat investasi, Anda dapat terbantu untuk menghadapi terjadinya kenaikan biaya pada beberapa kebutuhan itu.

Merdeka Secara Finansial

Siapa sih orangnya yang tak ingin menikmati financial freedom (kebebasan finansial)? Keadaan ini digambarkan sebagai kondisi dimana Anda mempunyai keuangan yang dapat memenuhi kebutuhan setiap hari. Salah satu hal yang dapat dilakukan buat merealisasikan financial freedom yaitu dengan berinvestasi.

Pensiun Jadi Lebih Siap

Seluruh karyawan pastinya ingin melalui masa pensiun secara tenang, bukan? Salah satu manfaat investasi yang dapat dinikmati ialah dapat membantu mempersiapkan keuangan sehingga lebih siap melalui masa pensiun. Ingat, ketika usia masih muda tugas kita ialah mempersiapkan masa depan secara baik.

Melatih Tanggung Jawab dan Belajar Mengambil Keputusan

Sebenarnya manfaat investasi secara tak disadari juga melatih seseorang agar lebih bertanggung jawab dan belajar mengambil keputusan terkait penggunaan uang. Dengan berinvestasi Anda mesti bertanggung jawab pada investasi yang Anda lakukan.

Contohnya bertanggung jawab jika menderita kerugian dengan menyusun plan B atau rencana cadangan. Manfaat investasi yang lain adalah akan menjadikan Anda belajar untuk berani dalam mengambil keputusan keuangan dan melatih kemampuan menganalisa untung ruginya sebuah investasi.

Hal yang penting diingat adalah bahwa semakin tinggi keuntungan sebuah investasi, biasanya akan semakin tinggi juga tingkat risiko yang barangkali saja terjadi. Yang jelas, sebelum sungguh-sungguh terjun ke bidang investasi, Anda mesti benar-benar memahami apa saja syarat dan risiko yang kemungkinan terjadi.

Demikianlah tadi beberapa manfaat investasi yang dapat Anda nikmati. Dengan melakukan investasi yang baik dan benar, maka Anda dapat meraih finansial yang lebih baik. 


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "7 Manfaat Investasi Bagi Masa Depan yang Perlu Anda Ketahui"

Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News