Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Meraup Laba dengan Usaha Franchise


Waralaba
adalah bisnis yang tidak memerlukan perencanaan terlalu panjang. Cukup dengan modal yang cukup, bisnis waralaba sudha bisa dibuka. Meski demikian, dalam memilih merek dagang perlu diperhatikan dengan baik agar tidak kesulitan dalam menjalankan bisnis kedepannya, sehingga laba yang diinginkan dapat tercapai dengan baik.

Keuntungan Waralaba

Waralaba memiliki beberapa keuntungan yang dapat diperoleh ketika seseorang memilih untuk berbisnis waralaba. Pertama, manajemen bisnis yang akan dijalankan telah terbangun dengan baik karena merek dagang yang dijual biasanya merupakan bisnis yang telah siap dan matang. Selain itu juga memiliki reputasi yang baik sehingga strategi bisnis yang dijalankan dapat berkelanjutan.

Kedua, merek dagang telah dikenal masyarakat dengan baik. Dengan ini, anda tidak perlu melakukan promosi dengan terlalu gencar. Merek dagang ini juga biasanya telah memiliki konsumen dan pasarnya sendiri jadi tidak perlu pusing memikirkan strategi pemasaran.

Ketiga, peluang sukses lebih cepat. Waralaba adalah bisnis batu loncatan, karena peluang sukses dengan cepat lebih besar. Hal ini dikarenakan merek dagang yang dipilih biasanya telah memiliki konsumennya yang setia.

Keempat, manajemen finansial telah dipatok oleh pemilik waralaba. Anda tidak perlu lagi mengatur arus perputaran finansial bisnis waralaba anda seperti ketika memiliki bisnis mandiri.

Kekurangan Waralaba

Selain memiliki kelebihan, bisnis waralaba juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan pertama adalah pembeli waralaba kurang memiliki kendali maksimal pada bisnisnya sendiri. Hal ini karena seluruh sistem dan standar yang dipakai harus menyesuaikan dengan standar dari pemilik merek dagang.

Kedua, adanya ketergantungan pada reputasi pembeli waralaba lainnya. Reputasi pemilik waralaba lain juga akan berpengaruh pada reputasi bisnis anda. Ketiga, adanya pemotongan keuntungan. Pemotongan keuntungan ini diambil untuk membayar royalti bulanan yang wajib diberikan pada pemilik merek dagang. Jika keuntungan yang didapat sedikit, maka akan semakin sedikit laba yang anda terima.

Ketiga, waralaba juga membutuhkan modal lebih banyak, karena anda perlu membeli merek dagangnya terlebih dahulu. Selain itu juga akan ada biaya lanjutan untuk pelatihan dan dukungan dari pemilik merek dagang bagi anda selaku pembeli waralaba.


BukuKas adalah sebuah aplikasi digital yang sangat membantu bisnis anda. Dengan menggunakan aplikasi BukuKas, anda akan dapat menggunakan fitur-fiturnya yang canggih untuk mencatat transaksi penjualan dan pengeluaran, bahkan hutang piutang bisnis waralaba anda. Selain itu, anda juga dapat mengatur dan memonitoring keuangan bisnis anda dengan lebih intens. Memonitoring bisnis waralaba anda dengan jeli sangat penting untuk memastikan bahwa bisnis anda berjalan dengan baik. BukuKas sangat recomended untuk anda jadikan sebagai pengatur keuangan anda.

Waralaba sama saja seperti bisnis lainnya, memiliki keuntungan dan tantangannya sendiri. Maka strategi tetap penting untuk diperhatikan bagi anda yang berminat membuka bisnis waralaba. Jangan sampai bisnis waralaba anda bukannya menghasilkan laba, malah menimbulkan kerugian yang terlalu banyak.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Share this article / Bagikan Artikel Ini! :

Posting Komentar untuk "Meraup Laba dengan Usaha Franchise"