Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara untuk Menghindari Rumitnya Prosedur Asuransi Rawat Inap

Setiap orang, termasuk anda, tentu ingin selalu hidup. Mempunyai kesehatan fisik dan psikis yang prima adalah harapan setiap orang. Akan tetapi, resiko buruk yang mengincar kesehatan tidaklah dapat diprediksi. Oleh karena itu banyak orang yang bersaing mengaplikasikan gaya hidup sehat. Mulai dari menjaga asupan gizi hingga rutin berolahraga.

Sakit pastinya merupakan situasi yang dijauhi seluruh orang. Nyeri sedikit saja seseorang langsung akan mengeluh, terlebih hingga harus menjalani rawat inap. Jika terpaksa mesti rawat inap, maka anda mau tidak mau mesti merogoh uang untuk membiayai kebutuhan pembelian obat dan perawatan. Keadaan ini mendorong seseorang untuk mempunyai asuransi kesehatan rawat inap guna menutup biaya tidak terduga tersebut. 

Asuransi rawat inap adalah jenis asuransi yang akan memberikan jaminan atau menanggung perlindungan atas biaya perawatan kesehatan selama pasien pemegang asuransi dirawat di sebuah rumah sakit sesuai golongan pasien menurut tingkatan kelas dan polis asuransi yang digunakannya.

Adapun biaya-biaya perawatan yang biasa ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi kesehatan itu diantaranya biaya operasi, diagnosis, obat-obatan, konsultasi dokter, kamar rawat, dan biaya yang lain.

Asuransi kesehatan ini pun umumnya menawarkan klaim saat Anda memperoleh layanan kesehatan yang menjadikan anda mesti  menjalankan perawatan lebih di rumah sakit. Sebagian besar pihak asuransi kesehatan akan memberikan setidaknya dua hari perawatan untuk pasien yang melakukan rawat inap.

Keuntungan lainnya yang diperoleh pasien yang memanfaatkan asuransi kesehatan jenis rawat inap yakni memperoleh layanan kesehatan yang baik tanpa diskriminasi. Penderita rawat inap pun akan mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas berdasarkan standar profesi dan operasional rumah sakit sehingga mempermudah anda (pasien) dalam mendapatlam kesembuhan.

Masalahnya dalam keadaan genting selagi sakit sering orang dibuat pusing oleh rumitnya prosedur klaim asuransi yang harus dipenuhi. Ditambah lagi mesti memeriksa apakah rumah sakit yang akan dituju telah bekerja sama dengan penyedia asuransi yang anda gunakan atau belum. Berikut ini cara untuk menghindari rumitnya prosedur tersebut.

Hal yang dapat dilakukan pertama kali ialah memeriksa jumlah jaringan rumah sakit rekanan yang telah bekerja sama dengan perusahaan penyedia asuransi itu. Ini penting sekali supaya bila suatu waktu anda mesti dirawat inap, tidak sedikit rumah sakit bereputasi baik yang bersedia menampung Anda. 

Kedua, adanya garansi atau jaminan ketersediaan kamar rawat inap. Dengan lain kata, apakah pasien berhak memperoleh fasilitas kenaikan kelas kamar rawat inap bila kelas kamar yang telah ditentukan tak  tersedia dan cukup membayarnya menurut harga kamar semula? 

Ketiga yakni perlunya memeriksa apakah terdapat fasilitas ekstra bagi keluarga pasien yang disiapkan oleh asuransi? Fasilitas ekstra untuk keluarga pasien ini penting sekali. Pasalnya dengan hadirnya fasilitas ekstra seperti voucher makan umpamanya, menunjukkan adanya dukungan nyata selama berlangsungnya masa rawat inap pasien. Dengan demikian, keluarga psien merasa nyaman sepanjang menemani si pasien. 

Jadi, sudah paham ‘kan pentingnya asuransi kesehatan dan jiwa rawat inap? Agar tidak menyesal, beli asuransi rawat inap sekarang juga!

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News