IBX5B7AA7B12AEAB Mengenal Pola Tidur Bayi 3 Bulan Untuk Kebutuhan Tumbuh Kembangnya - Cahaya Perdana

Iklan

Mengenal Pola Tidur Bayi 3 Bulan Untuk Kebutuhan Tumbuh Kembangnya

Melihat tahapan perkembangan bayi merupakan momen yang sangat dinanti semua orang tua. Setiap bulannya sejak lahir, terjadi berbagai perubahan tumbuh kembang, misalnya ketika bayi usia 3 bulan memasuki tahap perkembangan bayi 4 bulan.

Apabila Anda memiliki bayi berusia 3 bulan, jangan lupa ketahuilah pola tidurnya. Terlebih bila Anda beraktivitas di luar rumah dan masa cuti pun telah nyaris habis. Mau tidak mau Anda mesti mewakilkan pengasuhan si kecil kepada orang lain dan memberitahu mereka mengenai pola tidur bayi 3 bulan.

Banyak kemajuan yang berlangsung pada bayi umur 3 bulan. Demikian pula dengan pola tidur dan pola menyusuinya. 

Mengutip tulisan yang dilansir di laman Baby Sleep Site, pada usia 3 bulan bayi ternyata telah mulai bisa tidur dengan lebih teratur. Anda barangkali mendapatinya tidur lebih lama pada malam hari lantaran ia lebih lama bangun pada waktu siang hari.

Bayi bisa tidur lebih lama pada malam hari karena sekarang ia telah memiliki lambung yang berukuran lebih besar. Alhasil ia jadi jarang terbangun karena lapar dan ingin menetek atau menyusu. 

Disamping karena lambungnya telah berukuran lebih besar, tubuh bayi pun telah mengembangkan ritme sirkadiannya sejak usia 2 bulan. Hal ini berarti mekanisme tubuhnya telah dapat membedakan kondisi antara siang hari dan malam hari. Ritme sirkadian ini berhubungan dengan pembuatan melatonin yang menyebabkan kita dapat tertidur. 

Akan tetapi tidak perlu pesimis bila bayi Anda masih suka terjaga beberapa kali pada malam hari. Tidak sedikit juga bayi usia 3 bulan yang terbangun sekali atau dua kali untuk sekadar menyusu. Ingat, semua bayi berbeda, tidak dapat disamakan. Setiap bayi memiliki waktunya sendiri guna mencapai tingkat perkembangan khusus.

Biasanya, bayi usia 3 bulan perlu tidur selama 11-12 jam di malam hari dan selama 3-4 jam di siang hari. Tentu saja durasi tidur siang itu tak dilakukan sekaligus. Setiap kali tidur siang, bayi umumnya hanya tidur kira-kira 30 menit sampai 1 jam.

Pola tidur bayi yang lebih teratur ini barangkali telah Anda nanti-nanti sejak lama. Maklum, Anda telah begadang selama beberapa minggu belakangan ini. Bersamaan dengan bertambahnya usia sang buah hati, tidurnya pun akan semakin teratur. 

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :