IBX5B7AA7B12AEAB Mau Buat Usaha Sampingan Tapi Terkendala Modal? Coba Pinjam di Sini - Cahaya Perdana

Iklan

Mau Buat Usaha Sampingan Tapi Terkendala Modal? Coba Pinjam di Sini

Dibandingkan dulu, pinjam dana untuk modal usaha sekarang ini jauh lebih mudah. Sebab, ada fasilitas pinjam dana online dari fintech seperti Kredivo yang limitnya bisa mencapai Rp 30 juta, pengajuannya tidak memerlukan slip gaji, survei, laporan keuangan, ataupun SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan). Jadi, lebih menguntungkan dan mempermudah kamu yang punya ide-ide kreatif nan inovatif untuk membangun usaha sampingan. 

Namun, pendaftaran dan pengajuan pinjaman yang mudah bukan berarti bisa dimanfaatkan semaunya tanpa perencanaan bisnis yang matang ya. Meskipun sifatnya sampingan atau kecil-kecilan, bisnis apa pun yang mau dijalankan wajib memiliki perencanaan yang matang di awal, sebelum kamu meminjam sejumlah dana. 


Nggak hanya perencanaan bisnis, kamu juga perlu memastikan bahwa kondisi keuanganmu dalam keadaan baik dengan jumlah utang yang dimiliki saat ini belum mencapai 30% dari total penghasilan. Dengan memiliki kondisi keuangan yang baik, selain bisa terhindar dari kredit macet nantinya, kesempatan disetujuinya pengajuan pinjaman modal usahamu juga bisa lebih besar, lho. 

Lalu, gimana caranya mengajukan pinjam dana di Kredivo?

Tentu saja, kamu harus daftar dan punya akun Kredivo lebih dulu. Caranya adalah dengan mendownload aplikasi Kredivo di Google Play Store (Android) atau App Store (iOS). Kamu bisa daftar akun Kredivo apabila sudah memenuhi tiga syarat berikut ini: 
  1. Sudah berusia minimal tahun. 
  2. Memiliki penghasilan tetap per bulannya minimal sebesar Rp 3 juta. 
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. 

Setelah itu, siapkan tiga dokumen utama berikut ini: 
  1. KTP asli, dipotret dengan menggunakan kamera HP. 
  2. Akun internet banking dari rekening utama yang jadi payroll atau pemasukan. Akun ini berfungsi sebagai bukti penghasilan.
  3. Akun e-commerce aktif yang sudah ada riwayat pembelanjaannya. Misal, akun Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dsb. Akun ini berfungsi sebagai bukti domisili kamu sekarang. 


Buka aplikasi Kredivo dan klik “Apply for Kredivo” kemudian pilih daftar untuk Akun Premium

Limit yang lebih besar, maksimal Rp 30 juta, serta fasilitas pencairan limit menjadi pinjaman dana tunai hanya tersedia bagi Akun Premium saja. Jadi, jika tujuannya untuk pinjam modal usaha, kamu wajib daftar sebagai Akun Premium. Ikuti instruksi pendaftaran yang ada di aplikasi Kredivo. Mulai dari mengupload foto KTP, foto selfie, hingga menyambungkan akun internet banking dan juga akun e-commerce. Submit pendaftaran dan tunggu proses review serta persetujuan dari Kredivo dalam waktu 1 x 24 jam. Tidak semua pengajuan akan diterima atau disetujui, kemungkinan bisa ditolak juga apalagi kalau data-data yang kamu submit tidak sesuai dan tidak valid. Maka dari itu, penting untuk memastikan bahwa data yang kamu gunakan asli, valid, dan sesuai dengan yang diinstruksikan. 

Pendaftaran akun sudah disetujui, kemudian apa?

Ketika pendaftaran kamu disetujui Kredivo, kamu akan menerima notifikasi dan email pemberitahuan. Selain itu, di dalam akun Kredivo-mu juga sudah tersedia limit kredit yang diberikan oleh Kredivo. Limit terbagi ke dalam 4 tenor: 30 hari, 3 bulan, 6 bulan, dan maksimal 12 bulan. Limit bisa digunakan untuk tiga jenis transaksi kredit: bayar dalam 30 hari tanpa bunga, cicilan s.d 12 bulan, hingga pinjam dana tunai. 

Untuk transaksi kredit, kamu bisa melakukannya di 250 lebih marketplace atau merchant rekanan Kredivo. Beberapa di antaranya yang populer adalah: Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Blibli, JD.id, Bhinneka. Ada juga mitra yang berkategori travel seperti Tiket.com, Pegipegi.com, RedDoorz, Citilink, dan masih banyak lagi. Cicilan dengan Kredivo tersedia untuk tenor 3, 6, atau 12 bulan, dengan minimum pembelanjaan sebesar Rp 1 juta, tanpa uang muka. Sementara suku bunganya, hanya 2,95% per bulan.

Khusus untuk kamu yang mau ajukan pinjaman dana modal usaha, tersedia fitur pinjaman mini dan pinjaman jumbo di aplikasi Kredivo. Pinjaman mini bisa digunakan untuk pengajuan pinjaman yang jumlahnya kecil, minimal 500 ribu, dengan tempo pengembalian maksimal 30 hari. Sedangkan pinjaman jumbo, bisa kamu gunakan untuk pengajuan pinjaman yang lebih besar, minimal mulai Rp 1 juta dan maksimal sejumlah limit yang kamu miliki untuk tenor 6 bulan.

Sebagai contoh, jika limit yang tersedia ada Rp 10 juta untuk tenor 6 bulan di akunmu, maka kamu bisa pinjam uang untuk modal usaha maksimal hingga Rp 10 juta. Dengan suku bunga angsuran 2,95% bulan. Namun, perlu diingat bahwa Kredivo akan mengenakan biaya denda keterlambatan sebesar 3% apabila kamu telat membayar angsuran kredit. 

Maka dari itu, sebagai tips, untuk langkah awal memulai bisnis, jangan lupa alokasikan dana sejumlah 3 bulan besaran angsuran pinjaman sebagai dana darurat. Dana ini akan digunakan untuk berjaga-jaga apabila bisnis yang kamu jalankan belum bisa memberikan  keuntungan yang signifikan di awal. Sehingga, tidak terjadi kredit macet. 

Pendaftaran akun ditolak, lalu harus bagaimana?

Nah, kalau pendaftaran akunmu ditolak, bisa jadi ada dokumen persyaratan yang belum lengkap, tidak terbaca, atau gagal terhubung ketika proses pendaftaran Kredivo. Periksa juga kesehatan cash flow pada akun internet banking yang kamu sambungkan. Jangan khawatir, kamu bisa kembali daftar akun Kredivo tiga bulan setelah pendaftaran ditolak. :)

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :