IBX5B7AA7B12AEAB Calon Ibu Wajib Tahu Cara Menangani Luka Pasca Operasi - Cahaya Perdana

Iklan

Calon Ibu Wajib Tahu Cara Menangani Luka Pasca Operasi

Proses persalinan bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Ada yang menginginkan untuk menjalani proses persalinan secara normal ada pula yang memilih untuk melakukan operasi caesar. Tapi, pengambilan keputusan operasi caesar seringkali juga didasari oleh keadaan yang mengharuskan seorang ibu untuk melakukan hal tersebut.

Setelah melakukan operasi caesar, seorang ibu perlu menjalani proses pemulihan pada area luka bekas operasinya. Proses ini bukanlah proses yang mudah dan sebentar meski sudah ada obat untuk mempercepat penyembuhan luka bekas operasi. Diperlukan juga proses perawatan luka agar proses penyembuhan bisa berjalan lebih cepat. Berikut ini beberapa caranya.


Konsumsi nutrisi yang seimbang
Proses pemulihan luka pasca operasi tidak hanya bisa dilakukan dari luar dengan menggunakan obat saja. Agar luka bisa cepat sembuh, Anda juga bisa mengobatinya dari dalam. Caranya, yakni dengan memilih makanan dengan nutrisi yang berguna untuk mempercepat proses regenerasi sel.

Agar proses regenerasi sel kulit berjalan lebih cepat, maka Anda perlu menjaga keseimbangan nutrisi saat makan. Konsumsilah makanan dengan kandungan protein dan vitamin yang tinggi agar dapat mempercepat proses regenerasi sel. Konsumsi juga makanan yang tinggi serat untuk menghindari sembelit. Sebab, sembelit bisa menghambat proses penyembuhan pasca operasi caesar dan memberikan rasa nyeri berlebih pada area bekas operasi.

Minum Air mineral lebih banyak
Tubuh manusia  mayoritas diisi oleh cairan. Ada sekitar 70% kandungan cairan dalam tubuh yang membuat sistem organ tubuh manusia berjalan lancar. Besarmya kadar cairan dalam tubuh membuat air punya peran yang penting bagi kehidupan manusia. Tak terkecuali saat proses penyembuhan luka pasca operasi caesar.

Minum air mineral lebih banyak bisa menjadi jalan yang tepat apabila Anda ingin menghasilkan ASI dengan jumlah yang lebih banyak dan lebih berkualitas. Selain itu, minum air mineral juga dipercaya mampu mempercepat proses regenerasi sel dan melakukan proses detoks racun secara alami. Minumlah air mineral sebanyak 8 gelas setiap harinya agar produksi ASI tetap lancar dan proses penyembuhan luka pasca operasi caesar bisa berjalan optimal.

Perawatan luka yang baik akan mempercepat proses pemulihan luka. Selain memperhatikan luka, beli obat luka yang tidak lengket di kasa goapotik juga tidak kalah penting sebagai efek samping dari proses operasi tersebut. 

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :