IBX5B7AA7B12AEAB Perkembangan Motorik Anak - Cahaya Perdana

Iklan

Perkembangan Motorik Anak

Kunci utama perkembangan anak 5 tahun adalah kemandirian. Para orang tua termasuk anda mungkin akan melihat usaha si kecil memakai serta melepas bajunya sendiri, bahkan anak telah mampu mengikat tali sepatunya sendiri.

Perkembangan motorik juga dapat semakin terlihat pada usia ini. Untuk keterampilan motorik halus dapat berupa tindakan menggunakan otot kecilnya, seperti otot tangan serta jari untuk mengontrol berbagai benda. Atau dapat juga menggunakan mulutnya guna mencicip makanan dengan rasa yang berbeda.

Ketahui Perkembangan Anak Usia 5 Tahun

Pada usia 5 tahun anak tentu sudah semakin lincah. Tidak hanya keterampilan motorik kasar, keterampilan motorik halus anak juga semakin terasah. Keterampilan fisik juga semakin meningkat seperti mempunyai pandangan yang lebih tajam, mulai tumbuh gigi permanen pertama, koordinasi tubuh semakin meningkat.

Pada usia ini anak mampu berdiri seimbang dengan satu kaki walaupun kedua matanya tertutup. Anak juga mampu memanjat, melompat, berayun, meloncat, bahkan dapat melakukan rolling ke depan maupun ke belakang.

Terkait kemandirian perkembangan anak 5 tahun, biasanya anak sudah lebih mahir menggunakan toilet meskipun sesekali masih mengompol.

Untuk perkembangan motorik anak pada usia 5 tahun, biasanya anak lebih berenergi serta mempunyai minat pada permainan serta lingkungan yang aktif sebab telah memiliki keterampilan motorik yang mengikat serta menyeimbangkan serta mengkoordinasikan gerakan yang dapat memungkinkan melakukan sebagian besar kegiatan, misalnya seperti bermain bola.

Pada usia ini anak juga dapat menggunakan jari-jarinya untuk kegiatan yang lebih kompleks seperti melukis dan menulis, melepas dan mengenakan pakaian boneka, dan melepaskan atau memperbaiki risleting kancingnya sendiri.

Untuk kegiatan yang dapat membantu mengembangkan keterampilan motorik halus anak yang berusia 5 tahun seperti mengajak si kecil untuk membantu anda menyiapkan meja makan, meminta si kecil untuk mempersiapkan diri sebelum mandi dengan melepas pakaiannya sendiri.

Anda juga dapat menempatkan beberapa play dough dengan warna yang berbeda pada atas meja serta mintalah si kecil untuk membuatkan wajah dengan detail mata, hidung, mulut, serta telinga. Anda juga dapat membiarkan anak anda membuat gambar yang mencakup bagian detail seperti lingkungan pantai dengan dilengkapi gambar air, pasir, matahari, serta beberapa orang.

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :