IBX5B7AA7B12AEAB 3 Makanan Penyeimbang Hormon yang Baik Dikonsumsi Saat Haid - Cahaya Perdana

Iklan

3 Makanan Penyeimbang Hormon yang Baik Dikonsumsi Saat Haid

Anda sering mengalami menstruasi tidak lancar? Ada beberapa hal yang menyebabkan siklus wanita menjadi tidak lancar. Jika Anda mengalami hal demikian, maka Anda perlu mengkonsumsi beberapa makanan yang sehat dan bisa menyeimbangkan hormon dan siklus haid Anda kembali lancar.

Makanan yang sehat bukan hanya baik untuk kesehatan saja, tapi juga bagus untuk menyeimbangkan hormon wanita. Keseimbangan hormon sangat perlu dijaga agar wanita tidak mudah stres dan haid selalu lancar. Apa sajakah makanan yang baik dikonsumsi oleh wanita saat haid?

Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Haid

Berikut ini adalah beberapa makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi agar haid wanita bisa kembali lancar.

1. Kedelai
Kedelai mempengaruhi kadar estrogen dan kedelai dapat memiliki beberapa manfaat positif, terutama selama menopause. Kedelai bisa menyeimbangkan hormon agar siklus haid Anda bisa kembali lancar.

Kedelai  juga dapat membantu mengurangi gejala haid seperti mual, kram dan pusing. Kedelai juga dapat mengurangi risiko kanker payudara pada beberapa orang. Anda bisa mengkonsumsi kedelai dengan makan tempe, tahu atau bisa juga mengkonsumsi susu kedelai yang masih panas.

2. Kunyit
Kunyit akhir-akhir ini dikenal sebagai obat yang bagus untuk mengobati peradangan. Karena terbuat dari curcumin, kunyit ditemukan memiliki banyak sifat penyembuhan. Kunyit bahkan juga memiliki kemampuan untuk meringankan rasa sakit pada orang-orang yang menderita arthritis seperti ibuprofen.

Seperti kedelai, bahan aktif tumerik, curcumin, dapat meniru aktivitas estrogen. Akar dalam kunyit dapat membantu melancarkan haid bahkan juga bisa meminimalkan nyeri haid, seperti kram menstruasi.

3. Delima
Delima adalah buah yang dipenuhi antioksidan dan dapat membantu memblokir produksi estrogen berlebih di dalam tubuh. Buah delima memiliki kandungan yang berpotensi untuk mencegah jenis kanker payudara yang merespons estrogen.

Ya, delima memiliki senyawa alami yang dapat menghambat enzim dalam tubuh wanita sehingga mengubah estrone menjadi estradiol. Buah delima memiliki estrogen kuat yang mungkin berperan memerangi asal kanker yang bergantung pada hormon. Kandungan dalam delima juga membantu agar haid wanita menjadi lancar.

Dengan 3 makanan yang telah disebutkan di atas maka hormon saat menstruasi bisa seimbang. Jadi, jangan lewatkan 3 makanan tersebut, ya agar haid Anda lancar kembali.

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :