IBX5B7AA7B12AEAB Trik Membuat Dapur Rapi dan Terorganisasi - Cahaya Perdana

Iklan

Trik Membuat Dapur Rapi dan Terorganisasi

CahayaPerdana.com - Banyak orang yang pada akhirnya memutuskan untuk membuat dapur berukuran lebih besar dengan desain yang spesifik. Meskipun, ada pula yang tetap memosisikan dapur di sisa lahan dari ruangan yang lain di dalam hunian, dengan ukuran seadanya.      

Apa pun itu, pemilik rumah tetap memberikan perhatian khusus. Tak ingin rasanya dapur berada dalam kondisi berantakan, dengan berbagai peralatan memasak dan bumbu memasak yang tergeletak sembarangan.

Bayangkan, semakin kita suka memasak maka peralatan dan berbagai jenis bumbu yang menjadi "penghuni tetap" dapur akan semakin banyak. Tak peduli seberapa banyak barang dan bahan memasak--dibandingkan dengan luas dapur— selalu ada cara untuk membuat dapur terlihat rapi dan terorganisasi.

Laman Ideal Home menuliskan, lemari penyimpanan yang "pintar" merupakan solusi bagi dapur modern agar terlihat lebih rapi dan terorganisasi. Ada berbagai macam inspirasi yang bisa diadaptasi dalam hunian. Tips pertama, memililih lemari penyimpanan berupa meja beroda multifungsi.

Nama lainnya adalah rolling cart. Desainnya sangat beragam. Ada yang terbuat dari plastik atau perpaduan besi dan kayu. Bisa digunakan untuk menaruh bumbu-bumbu kemasan, saus, kecap serta bahan dapur lain.

Meja ini memiliki beberapa sekat atau tingkatan, sebagai tempat penyimpanan bahan-bahan makanan. Bisa diletakkan di tengah dapur sebagai island, atau bisa dipindahkan ke bagian pinggir jika sedang tidak diperlukan.

Yang paling umum dipilih adalah lemari yang merupakan bagian dari kitchen set, atau lemari penyimpanan khusus yang memang dibuat untuk menampung segala perabot dan bahan makanan.

Di dalamnya, pemilik dapur bisa mengelompokkan peralatan dapur atau bahan makanan sesuai dengan jenisnya. Misalnya, piring, gelas, dan dining ware diletakkan di satu area yang berdekatan. Akan lebih baik jika berada di antara area penyajian dan meja makan, sehingga mobilitas terasa lebih efisien.

Tak hanya itu, di bagian dalam pintu lemari juga bisa dimultifungsikan sebagai rak penyimpanan bumbu-bumbu. Dengan begitu, sebuah ruangan terorganisasi akan membuat langkah pemilik dapur lebih efektif dan efisien.

Konsep terbuka
Lemari penyimpanan juga bisa berupa rak terbuka yang dapat dengan mudah terlihat oleh mata. Tak ada pintu yang membatasi sehingga memudahkan saat ingin mengambil dan menyimpan barang. Biasanya rak tersebut pasang di bagian dinding.

Konsekuensinya adalah perlengkapan dapur maupun bahan makanan harus diletakkan serapi mungkin untuk menghindarkan kesan amburadul pada dapur. Pastikan juga untuk selalu membersihkannya agar tidak menjadi sarang debu atau hewan. Sisi positifnya, rak dinding semacam ini tidak makan tempat, serta memudahkan jangkauan Anda meraih benda yang dibutuhkan. Selain itu, ruangan dapur terkesan lebih lapang.

Misalnya, rak modular yang terbuat dari logam. Rak itu bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Pemilik dapur bisa menambahkan ruang di sisi-sisinya dengan cara dilas. Selain itu, rak piring dari logam lebih tahan lama dan tak mudah berkarat akibat tetesan air.

Jika tak suka rak piring dari logam, letakkan piring dan gelas sehari-hari di area terbuka di lemari dapur. Materialnya beragam, seperti terbuat dari kayu.

Lemari penyimpanan terbuka juga bisa dimanfaatkan sebagai pembatas ruangan. Atau, jika Anda memiliki ruangan yang cukup luas, bisa menempatkan lemari dapur berdinding kaca sebagai pembatas ruangan. 

Dibuat dengan konsep built-in, lemari itu menjulang dari ujung lantai ke ujung langit-langit. Lemari dapur juga dilengkapi dengan pintu menuju bagian rumah lain. Desain itu sangat cocok untuk pemilik hunian yang tak ingin dapurnya terlihat oleh tamu.

Rak tersembunyi
Eksplorasi ruang dapur juga menarik dilakukan, untuk mencari tahu sampai sejauh mana sebuah area bisa digunakan. Selain lemari yang dari luar terlihat sebagai tempat penyimpanan, pemilik dapur bisa juga mengadaptasi desain rak tersembunyi.

Lemari dapur bagian bawah biasanya digunakan untuk menyimpan perlengkapan memasak berukuran besar serta menyembunyikan tabung gas. Desain lemari dapur dengan rak tersembunyi juga cocok dijadikan tempat penyimpanan bumbu dapur. Bentuknya seperti laci, hanya posisinya terbalik sehingga bisa mengambil barang dari dua arah. Sangat efisien dan memudahkan para ibu yang kesulitan menjangkau barang di bagian atas. Jadi, yang mana pilihan Anda? 

Share this article :