IBX5B7AA7B12AEAB Tips Tampil Cantik dan Menarik Saat Idul Fitri - Cahaya Perdana

Iklan

Tips Tampil Cantik dan Menarik Saat Idul Fitri

CahayaPerdana.com - Momentum Idul fitri bukan sekadar perayaan umat Muslim setelah berpuasa Ramadan satu bulan penuh. Pada hari lebaran, terselenggara halal bihalal, yang membuat kita bertemu dengan banyak orang. Belum lagi, kamera selalu siap mendokumentasikan kegiatan silaturahmi tersebut.

Tentunya perempuan ingin tampil cantik dan menarik dalam momen tersebut. Selain mengenakan pakaian disertai aksesori yang padu padan, perempuan ingin tampil prima dengan riasan wajah. Namun, tidak dapat dimungkiri, sejumlah masalah kulit wajah kerap dikeluhkan perempuan. Misalnya, kerut dan keriput, pipi tembem, dagu berlipat, hiperpigmentasi (kokoloteun), jerawat, dan tanda-tanda penuaan dini seperti kulit kusam, kering, kasar, kendur, dan berkerut.

Berbagai prosedur dapat dilakukan untuk peremajaan kulit, dari yang sederhana sampai menggunakan alat canggih. Tentunya selain menjalani prosedur tersebut, perawatan wajah sehari-hari dengan menggunakan sabun pembersih wajah atau obat yang dioles pun tetap harus dilakukan.

Perawatan dengan waktu relatif singkat, tetapi optimal bisa coba dilakukan dengan menggunakan High Intensity Focused Ultrasound atau HIFU. HIFU ini mampu mengurangi kerutan di area mata, mulut, leher, membuat wajah lebih tirus, dan mengurangi dagu berlipat.

HIFU adalah metode perawatan kulit dengan menggunakan energi ultrasound yang difokuskan untuk pengencangan wajah. Tindakan itu dilakukan tanpa operasi, dengan durasi sekitar 30 menit sampai 1 jam, bergantung area wajah yang menerima treatment. Berbeda dengan tindakan bedah, setelah selesai dirawat dengan HIFU, pasien bisa langsung beraktivitas kembali seperti biasa.

Tahap untuk menerima perawatan HIFU ini, secara prosedur, pasien mesti diperiksa dulu masalah kulit yang dihadapi. Dokter akan memberikan opsi soluisi. Bisa diberlakukan satu atau beberapa prosedur. Misalnya, hanya untuk keriput di pipi, mata, leher, atau dahi.

Banyak yang beranggapan, kasus dagu berlipat (double chin) akibat dari penumpukan lemak sehingga harus dilakukan tindakan bedah untuk meniadakan lemak-lemak tersebut. Namun, kasus dagu berlipat dapat pula disebabkan oleh kulit atau otot yang mengendur.

Alat itu digunakan untuk merangsang pembentukan kolagen di area kulit yang keriput tersebut sehingga kulit akan lebih kencang, elastis, kenyal, dan terangkat. Alat itu akan sangat efektif untuk pengangkatan kulit terutama di daerah rahang dan leher, sehingga wajah bisa tampak lebih tirus.

Untuk hasil yang optimal dibutuhkan pengencangan berkala 2-3 kali  tindakan dengan jeda waktu 4 minggu. Hasilnya bisa bertahan hingga satu tahun lebih, sampai membutuhkan perawatan kembali.

Aktivitas pasien juga berpengaruh terhadap waktu untuk kembali dilakukan perawatan. Pada orang dengan aktivitas tinggj di luar rumah, berpikir keras hingga sering mengerutkan dahi, akan berbeda dengan yang di rumah saja tanpa aktivitas berarti. Namun umumnya, pasien baru akan retouch hasil perawatannya setelah kira-kira satu tahun.

Setiap habis melakukan perawatan, tidak akan ada dampak buruk yang berarti. Jika timbul kemerahan pada pasien, reaksi itu hanya hadir sesaat sehingga saat keluar ruang perawatan, kemerahan itu juga menghilang.

Perlu diingat bahwa alat ini hanya membantu pengangkatan dan pengencangan wajah. Untuk keluhan kulit kusam, flek wajah, atau bekas jerawat, diperlukan perawatan lain. Contohnya, penggunaan laser noninvasif. Laser ini mampu mengurangi parut bekas jerawat, menyamarkan stretch mark, kerutan, sampai mengurangi produksi kelenjar minyak pada wajah.

Baik perawatan HIFU maupun laser bisa dilakukan bersamaan dan hanya memakan waktu sekitar 1,5 jam. Prosedur-prosedur peremajaan kulit itu membantu mengatasi penuaan pada kulit seiring bertambahnya usia. Tetapi, proses penuaan alami tetap berjalan sehingga selain prosedur-prosedur peremajaan kulit tersebut diperlukan juga pencegahan dan perawatan sehari-hari.

Perawatan kulit dengan baik dan benar dapat mencegah terjadinya penuaan kulit lebih cepat dari yang seharusnya. Selain itu, harus dibarengi juga dengan asupan gizi yang baik, olah raga, rekreasi, dan kerja yang seimbang sehingga kulit tampak lebih muda juga sehat. Penuaan dini ini juga bukan hanya masalah wanita, jadi pria juga bisa menerima perawatan ini. [Gita Pratiwi/PRM/26052019]

Share this article :