IBX5B7AA7B12AEAB 2 Jenis Kanker pada Pria Selain Kanker Prostat - Cahaya Perdana

Iklan

2 Jenis Kanker pada Pria Selain Kanker Prostat

CahayaPerdana.com - Dua jenis kanker pada pria selain kanker prostat adalah kanker testis dan kanker penis. Sebuah jurnal pernah menyinggung jenis kanker ini yang terjadi pada seorang pria di Skotlandia. Ia didiagnosis kanker testis karena terkena infeksi dari debu cerobong asap.

Memang agak sulit membayangkan bagaimana keterkaitannya. Akan tetapi, kanker pada testis termasuk jarang ditemukan, sangat bisa disembuhkan, mudah didiagnosis, dan pengobatannya cepat.

Namun, jika terlambat ditangani, penyebarannya bisa sangat cepat. Kanker ini bisa juga disebabkan oleh testis (buah zakar) yang tidak turun sedari lahir. Karena tidak berada pada tempatnya, bisa memicu kemunculan sel kanker dan bisa menyebar jauh dari organ reproduksi, misalnya hingga ke paru-paru.


Kanker ini biasanya ditandai dengan satu testis yang bengkak. Seperti jenis kanker lain, juga memiliki stadium. Jika sudah pasti didiagnosis kanker testis, disarankan untuk segera ditangani. Tidak bisa menunggu. Masa penyebarannya dalam hitungan minggu. Akan sangat mudah menyebar.

Jalan penanganannya bisa melalui biopsi dari kemoterapi, serta konsumsi obat. Penyintas kanker testis tidak perlu khawatir dengan kesuburannya. Testis adalah organ pembentuk sperma meski sudah terkena kanker dan diobati masih bisa memiliki anak.

Jenis kanker pada pria lainnya yaitu kanker penis. Berbeda dari dua kanker lain yang diakibatkan hormon atau karena bawaan lahir, kanker ini salah satunya disebabkan oleh infeksi Human Papillomavirus (HPV). Penyebarannya akibat berhubungan seksual. 

Penanganan untuk kanker ini juga disesuaikan dengan stadiumnya. Agar terhindar dari kanker penis, dianjurkan agar pria melakukan hubungan seks yang aman dan bersih. [Eva Fahas/PRM/17032019]

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :