IBX5B7AA7B12AEAB 7 Tips Belanja Imlek Paling Murah Dan Hemat - Cahaya Perdana

Iklan

7 Tips Belanja Imlek Paling Murah Dan Hemat


Setiap tahunnya, suku Tionghoa di Indonesia selalu bersiap-siap untuk merayakan Tahun Baru Cina atau yang biasa disebut dengan perayaan Imlek. Oleh sebab itu tak heran jika di masa-masa tersebut pusat perbelanjaan selalu ramai pengunjung dan bahkan ada banyak tawaran menarik. Pastinya hal ini juga mengundang perhatian bagi banyak orang. Terutama bagi mereka yang mempersiapkan perayaan dan merasa membutuhkan berbagai banyak barang untuk keperluan tersebut. Jika ingin mendapatkan barang yang paling menarik dan ekonomis, berikut ini beberapa tips belanja Imlek paling murah dan hemat bagi yang hendak merayakannya.


1.      Buat Catatan Belanja
Hal pertama yang wajib dilakukan yaitu membuat catatan kecil mana saja barang yang diperlukan untuk dibeli. Mengapa? Karena tanpa catatan maka kita tidak bisa fokus menentukan mana yang perlu dan mana yang sekedar keinginan. Oleh sebab itu memakai catatan belanja akan membantu kita untuk fokus saat mencari barang kebutuhan nantinya. Sehingga nantinya barang yang dibeli benar-benar sesuai dengan kebutuhan yang sesungguhnya. Jangan sampai yang penting terlewatkan tetapi justru membawa banyak belanjaan yang kurang perlu. Sebaiknya tahan keinginan belanja yang meluap-luap dan selalu fokus pada catatan belanja kita. Dengan demikian maka hal ini membantu supaya biaya yang dikeluarkan nantinya juga cukup dan tidak membengkak.

2.      Sisihkan Dana
Berbelanja untuk Imlek tentunya tidak sama seperti halnya belanja bulanan biasanya. Karena umumnya dalam merayakan sesuatu ada hal-hal tambahan yang diperlukan. Seperti misalnya belanja dekorasi, atau belanja bahan makanan yang lebih untuk seluruh keluarga besar. Oleh sebab itu tentunya akan sulit untuk memenuhi kebutuhan belanja tanpa diiringi perencanaan dana yang tepat. Sehingga sebaiknya sisihkan dana sejak beberapa bulan sebelum supaya mampu mengeluarkan biaya seperti yang diperlukan. Jika tidak maka tentu Anda harus menghadapi kesulitan saat dihadapkan pada pembayaran di akhir. Lain halnya jika sudah menyiapkan dana yang tepat untuk berbelanja. Tentu tidak akan terasa berat dan seluruh kebutuhan bisa terpenuhi secara maksimal

3.      Sesuaikan Kebutuhan
Tips berikutnya yaitu pastikan supaya membeli barang yang memang dibutuhkan saja. Atau sesuaikan harga barang yang hendak dibeli dengan kemampuan finansial Anda. Jangan berlebihan atau membeli barang yang di luar kemampuan. Karena bisa jadi hal tersebut hanya memberikan kesenangan sesaat tetapi malah memberatkan di akhir. Misalnya dana bulanan jadi terpotong atau malah terdapat tunggakan kartu kredit. Oleh sebab itu hal ini memang membutuhkan keputusan yang tepat dan bijaksana supaya hanya membeli barang yang dibutuhkan untuk keperluan selama perayaan saja.



4.      Cari Yang Paling Murah
Sudah merupakan hal yang lumrah jika dalam berbelanja kita pasti mencari harga yang paling murah dan ekonomis. Mencari yang murah ini bukan berarti mencari barang dengan kualitas yang buruk. Akan tetapi yang ditekankan di sini yaitu mencari brang dengan kualitas yang sama tetapi dengan harga yang paling murah. Sehingga jika demikian maka dapat membantu untuk memaksimalkan hasil dan menghemat pengeluaran secara optimal. Ada banyak cara untuk melakukan hal tersebut. Misalnya melihat promo katalog toko atau mencari informasi secara online. Dengan persiapan yang tepat tentu tidak susah untuk menemukan tempat belanja yang paling murah dan berkualitas. Hanya diperlukan ketelitian dan kesabaran lebih dalam melakukan hal tersebut. Sehingga tentunya bisa melakukan penghematan yang perlu dan baik. Sisa dana bisa dipakai untuk kebutuhan lain yang lebih penting, misalnya kebutuhan sekolah atau kebutuhan anak lainnya.

5.      Belanja Online
Alternatif berikutnya yang patut dicoba yaitu memilih untuk berbelanja secara online. Mengapa demikian? Karena di masa yang serba praktis terutama di kota besar, menghemat waktu adalah hal yang cukup penting untuk dilakukan. Daripada bermacet ria di jalanan dan mencari promo di toko offline, maka cukup gunakan gadget untuk mencari barang yang dibutuhkan dan bandingkan mana tempat yang menjual dengan harga paling murah. Misalnya cobalah untuk berbelanja di iLotte.com yang menyediakan promo menarik selama menyambut perayaan Tahun Baru Cina 2019 ini. Ada berbagai macam barang dengan merek yang lengkap serta promo yang sayang untuk dilewatkan. Sehingga tentunya lebih menarik jika memanfaatkan promo tersebut tanpa harus repot menyita waktu. Barang akan diantar dan anda tinggal duduk manis menunggunya di rumah. Sangat praktis dan efisien!



6.      Manfaatkan Diskon
Sering kali menjelang perayaan hari besar tertentu banyak pusat perbelanjaan yang menawarkan promo menarik. Seperti misalnya diskon dan potongan harga besar-besaran. Sebaiknya cermati hal ini dan bandingkan antara satu toko dengan toko yang lain. Pilih tempat yang menjual barang yang sama tetapi dengan promo diskon yang paling besar. Bahkan beberapa toko bisa jadi menawarkan diskon tambahan di saat-saat terakhir. Oleh sebab itu jika memang berencana untuk belanja, ada baiknya melakukan persiapan mencatat lokasi belanja yang memberikan aneka diskon khusus barang-barang Imlek. Sehingga bisa mendapatkan semua keperluan dengan harga potongan yang lebih murah dan menarik. Hanya saja pastikan supaya tetap fokus berbelanja dan tidak menambah daftar belanjaan secara spontan. Karena hal ini bukannya membantu Anda berhemat melainkan justru menambah pengeluaran yang kurang perlu. Maklum saja, diskon dan potongan harga ini terkadang memang sangat menggiurkan siapa saja sehingga ingin menambah belanjaan dengan alasan mumpung mendapatkan harga yang sangat murah dibandingkan harga di hari biasanya.

7.      Promo Kartu Kredit
Salah satu hal menarik yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan promo kartu kredit. Tetapi ingat, hal ini tetap saja harus dilakukan dengan bijaksana supaya tidak terjerat dan terjebak oleh hutang kartu kredit. Salah satu yang bisa dimanfaatkan yaitu promo cicilan nol persen. Sehingga bisa mengangsur barang tanpa bunga dengan jangka waktu tertentu. Kemudian selain itu bisa juga menggunakan promo reward kartu kredit yang umumnya bisa ditukar dengan potongan belanja. Ada juga promo diskon khusus kartu kredit tertentu jika berbelanja di tempat yang bekerja sama antara kartu kredit dan merchant. Yang pasti teliti secara baik promo yang ditawarkan kartu kredit dan gunakan dengan bijak supaya belanja jauh lebih hemat dan maksimal. Dengan penggunaan yang diawasi dengan tepat, sebenarnya kartu kredit juga bisa menjadi salah satu senjata untuk berbelanja hemat dan murah. Asal tau cara menggunakannya dengan tepat.

Itulah beberapa tips belanja Imlek paling murah dan hemat yang bisa diterapkan bagi mereka yang sedang bersiap-siap untuk merayakannya. Tentu sayang sekali melewatkan momen yang hanya terjadi dalam satu tahun sekali ini. Oleh sebab itu sebaiknya ikuti saja tips di atas supaya dapat memperoleh kebutuhan perayaan secara maksimal. Dengan perencanaan serta pengaturan yang tepat, tentu barang yang dibutuhkan bisa didapatkan dengan mudah dengan harga yang murah pula. Selamat berbelanja!

Share this article :