Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Sabun Bayi untuk Mencegah Iritasi Kulit


Sebuah fakta menyebutkan bahwa kulit bayi adalah kulit yang sensitif, bahkan lebih sensitif dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Oleh karena itu orang tua tidak boleh asal memilih sabun bayi. Sabun bayi anti iritasi menjadi solusi yang tepat untuk mencegah iritasi kulit pada bayi. 

Tanda kulit bayi mengalami iritasi biasanya adalah kulit yang kemerahan bahkan bisa sampai terkelupas. Kondisi seperti itu tentu akan sangat mengkhawatirkan bagi orang tua. Dampaknya, bayi akan merasa tidak nyaman dan rewel.

Memilih Sabun Bayi yang Aman dan Lembut di Kulit Bayi
Sabun bayi yang wangi belum tentu terjamin keamanannya. Alangkah baiknya jika kamu memastikan terlebih dahulu apakah sabun tersebut memiliki bahan-bahan yang aman atau tidak untuk menjaga kulit si bayi. Jika sabun tersebut ternyata mengandung bahan yang tak aman, maka kulit bayi pun bisa menjadi kering.

Memilih Sabun Bayi Batang atau Cair? 
Dalam merawat kulit bayi memang membutuhkan perhatian yang lebih. Namun para orang tua kerap bingung ketika memilih antara sabun bayi batangan atau cair. Agar tidak bingung memilih lagi kita harus memikirkan beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan dalam memilih diaper cream bayi.

Sabun bayi batangan memiliki kelebihan di antaranya:
  • sabun bayi batangan lebih mudah dibilas dan tidak licin pada kulit bayi,
  • harga sabun batangan relatif murah,
  • memiliki kemasan yang ramah lingkungan.

Sabun batangan juga memiliki berbagai kekurangan, yaitu:
  • sabun bayi batangan lebih mudah lembek, apalagi bila penyimpanan tidak cermat,
  • sabun bayi batang tidak lebih higienis dari sabun cair, karena disentuh tangan secara langsung berulang-ulang, juga rentan terjatuh ke lantai saat digunakan.

Sabun bayi cair memiliki keunggulan sebagai berikut:
  • sabun bayi cair lebih higienis daripada sabun bayi batang,
  • wangi dari sabun bayi cair lebih tahan lama, dan
  • lebih praktis ketika memakainya.

Akan tetapi, di balik keunggulan-keunggulan tersebut juga ada kelemahannya, seperti:
  • sabun bayi cair lebih tidak kesat ketika dibilas, dan
  • bahan pewarna dan pewangi dari sabun bayi cair lebih pekat dari sabun bayi batang. Bahan pembuatnya bersifat keras sehingga bisa memicu reaksi alergi pada kulit bayi.
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News