IBX5B7AA7B12AEAB Menikmati Kecantikan Cotswolds, Kawasan Perdesaan di Inggris yang Kaya akan Sejarah - Cahaya Perdana

Iklan

Menikmati Kecantikan Cotswolds, Kawasan Perdesaan di Inggris yang Kaya akan Sejarah

CahayaPerdana.com - Anda pernah menonton film romantis "The Holidays" yang dibintangi oleh Kate Winslet, Cameron Diaz, dan Jude Law? Atau film "Bridget Jones's Diary" yang mengangkat nama Renee Zellweger? Apakah Anda sempat memperhatikan betapa cantiknya perdesaan yang menjadi latar dari film-film box office tersebut? Ya, perdesaan yang menjadi lokasi tempat syutingnya film-film tersebut memang sangat istimewa.

Cotswolds, begitulah masyarakat Inggris menyebutnya. Jangan salah. Cotswolds bukanlah nama sebuah desa, tetapi nama kawasan yang terdiri atas beberapa desa dan kota kecil yang terletak di selatan pusat Inggris, tepatnya mengelilingi daerah Gloucetershire, Oxfordshire Barat dan sebelah barat daya Warwirkshire. Berdasarkan Cotswold District Council, tercatat ada 113 desa kecil ataupun kota yang termasuk di dalam area Cotswolds.

Nama Cotswolds merupakan gabungan dari bahasa Inggris kuno, yaitu kata cots yang berarti domba dan wolds yang berarti bukit. Secara harfiah, Cotswolds berarti "domba-domba yang menutupi lereng bukit yang bergulir." Memang betul, selama dua jam perjalanan menuju area Cotswolds dari London, kita bisa melihat banyak sekali domba di sepanjang bukit yang membentang. Pemandangan yang cantik sekali.

Ada yang unik dari bagaimana otoritas Inggris membagi daerah menjadi hamlet, village, town, dan dry. Umumnya, pembagian daerah di Britania Raya ini bukan dari besar kecilnya wilayah atau populasi penghuninya, melainkan ditentukan dari ada atau tidaknya fasilitas seperti pasar, gereja, dan katedral.


Hamlet, umumnya adalah daerah yang terdiri atas beberapa rumah, yang di dalamnya tidak terdapat toko atau fasilitas lain seperti gereja. Village dikenal sebagai desa, yang memiliki gereja kecil, tapi tidak memiliki katedral atau pasar. Lain lagi dengan town yang bercirikan memiliki pasar, tetapi bisa saja secara wilayah dan populasi penduduknya lebih kecil daripada village. Sementara city umumnya memiliki katedral dan universitas, tetapi belum tentu luas wilayahnya lebih besar daripada town ataupun vilage.

Terlepas dari apa sebutan wilayahnya, Cotswolds dikenal sebagai countryside atau "perdesaan" oleh masyarakat Inggris. Bagaimana tidak, selain karena lokasinya yang jauh dari perkotaan, suasananya pun sangat jauh berbeda dari kota-kota di Britania Raya pada umumnya, yang memiliki bangunan modern serta aneka fasilitas yang mengikuti perkembangan zaman.

Kawasan Cotswolds memiliki ciri yang sangat khas yaitu bangunan-bangunan tua yang dibangun dengan bebatuan kapur berwarna kuning madu keemasan yang berasal dari zaman Jurassic. Karakter bangunan yang khas serta indahnya hampa ran bukit yang luas menjadikan Cotswolds masuk ke dalam predikat Area of Outstanding Natural Beauty (AONB) atau Kawasan dengan Keindahan Alam yang Luar Biasa sejak 1966.

Keistimewaan yang dimiliki Cotswolds membuatnya juga dikenal sebagai kawasan kalangan atas. Bangunan-bangunan tua di kawasan Cotswolds pun sarat akan sejarah, terutama di lingkungan keluarga "ningrat" Inggris. Rumah-rumah besar berbentuk istana di area Cotswolds diklaim merupakan kediaman bangsawan Inggris pada masanya. Beberapa nama besar seperti JK Rowling, penulis novel Harry Potter; model terkenal Kate Moss dan pemain film ternama Hugh Grant disebut-sebut memiliki rumah di Cotswolds.

Pilihan transportasi
Tidak sulit untuk bisa sampai ke Cotswolds dari ibu kota Inggris, London. Ada banyak pilihan transportasi yang bisa digunakan wisatawan; baik itu mobil pribadi atau sewaan, bus, atau kereta. Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari London membuat Cotswolds dapat ditempuh kurang dari dua setengah jam, dengan tiket perjalanan yang cukup terjangkau.

Jika Anda ingin menggunakan bus, sebaiknya perhatikan jadwal keberangkatan dan kepulangan bus secara saksama. Lantaran lokasi Cotswolds yang agak terpencil dan jauh dari kota, tidak banyak armada bus yang beroperasi dari London menuju satu desa ke desa lain.

Begitu pula dengan kereta, yang berangkat dan tiba di stasiun yang dekat dengan desa-desa tertentu saja. Bebasnya memilih desa tujuan serta bisa mengatur waktu dengan leluasa menjadi alasan utama mengapa banyak wisatawan memilih menggunakan mobil. Jika Anda ingin berlibur bersama keluarga atau teman-teman, menyewa mobil bisa menjadi pilihan. tepat.

Bila Anda tipe yang menyukai perjalanan liburan yang praktis, mengikuti tur juga bisa menjadi pilihan. Ada banyak agen wisata yang menyediakan paket kunjungan ke Cotswolds dari London dalam satu hari atau day trip, dengan harga kompetitif. Contohnya, paket tur yang menyediakan kunjungan ke tiga desa Cotswolds sekaligus dalam satu hari; yaitu Bibury, Burford, dan Bourton on the Water dengan biaya 38 pound sterling atau sekitar 750.000 rupiah.

Berwisata ke pedesaan Cotswolds akan memberikan pengalaman dan suasana baru saat Anda berada di negeri Ratu Elizabeth II ini. Terlebih lagi jika Anda ingin melihat keseharian penduduk lokal perdesaan di Inggris. Bagaimana, Anda tertarik? [Ilma Aulia Zaim/PRM/30122018]

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :