IBX5B7AA7B12AEAB Inilah 10 Binatang yang Telah Punah di Inggris - Cahaya Perdana

Iklan

Inilah 10 Binatang yang Telah Punah di Inggris

CahayaPerdana.com - Tiga ribu tahun yang lalu hutan-hutan di Inggris masih penuh dengan binatang-binatang buas, seperti bison Eropa (auroch), serigala, beruang coklat dan babi hutan. Di tepi-tepi sungai masih banyak dijumpai berang-berang (beaver) dan rusa besar. Bison dan rusa adalah binatang-binatang yang paling dulu punah, terutama karena diburu untuk dimakan dagingnya. 

Mari kita tinjau sebab-sebab kepunahan binatang-binatang tersebut. Inilah 10 binatang yang telah punah di Inggris.


Rusa besar
Binatang yang memiliki tanduk bercabang ini selain punah karena diburu juga menghilang akibat perubahan iklim. Waktu kepunahannya yang tepat belum dapat dipastikan, akan tetapi dari peninggalan yang berasal dari Abad Perunggu 3000 tahun yang lalu dan sebuah syair Galia kuno dapat diketahui bahwa rusa besar ini masih berkeliaran di Skotlandia pada Abad Pertengahan. Tapi setelah itu binatang ini hanya ada dalam syair-syair saja.


Bison Eropa
Banteng liar raksasa ini dulu merupakan binatang yang dianggap hebat dengan tinggi badan mencapai 18 jengkal dan jarak antara kedua tanduk 2,5 m. Diperkirakan bison ini lenyap dari bumi Inggris pada tahun 600 S.M. tapi masih berkeliaran di Eropa sampai Abad ke 9. Bison Eropa yang terakhir mati di sebuah taman di Polandia pada tahun 1627.


Beruang coklat
Binatang ini diburu karena daging dan bulunya. Pada Abad ke 10 binatang ini sudah tak terlihat lagi di Inggris karena habis diburu. Karpet yang dibuat dari bulu beruang menjadi simbol status dan dagingnya banyak dicari orang karena lezat. Beruang yang tak dibunuh dalam perburuan digunakan untuk memancing beruang-beruang lainnya.


Berang-berang
Diperkirakan binatang ini lenyap pada sekitar akhir Abad Ke 12 akibat eksploatasi komersial. Bulunya yang hangat dan tahan air sangat dicari oleh para pembuat topi. Nama-nama tempat seperti Beverly (Beavear's Les) di Yorkshire, Beaversbrook di Wiltshire dan Beavercotes di Notinghamshire menunjukkan betapa luasnya daerah penyebaran beaver dulunya. Menurut Giraldus Cambrensis berang-berang ini punah dari Inggris pada tahun 1188, akan tetapi beberapa masih ada yang selamat dan hidup di sungai Teifi di Wales dan sebuah sungai lainnya di Skotlandia.



Babi hutan
Babi hutan dan serigala punah pada Abad Pertengahan. Babi hutan dianggap sebagai binatang buas yang dagingnya enak dimakan, akan tetapi mereka tak disukai oleh para petani dan peternak babi karena sering merusak panen dan menghabiskan rumput untuk babi peliharaan. Karena diburu dan pengrusakan hutan-hutan besar di Inggris, jumlah babi hutan berkurang secara drastis sampai akhirnya mereka hanya dapat ditemui di taman-taman. Babi hutan yang terakhir mati di sebuah taman di Cannock Chase pada tahun 1676.



Serigala
Seperti beruang coklat serigala juga adalah binatang yang ditakuti orang. Serigala diburu terutama karena mereka dianggap berbahaya baik bagi kawasan ternak maupun manusia sendiri. Serigala tak pernah disukai. Dalam dongeng-dongeng dan cerita-cerita rakyat serigala selalu diidentikkan dengan yang menyeramkan atau yang suram dan gelap. Agak mengherankan bila mereka masih bisa bertahan demikian lama. Di Inggris serigala sudah tak terlihat lagi pada tahun 1600-an akan tetapi masih bertahan di Skotlandia sampai tahun 1743 di mana serigala terakhir dibunuh di daerah Iverness.



Burung Bustard besar
Burung Bustard besar terkenal karena tubuhnya yang besar yang menyerupai kalkun. Karena selalu diburu-buru oleh para pemburu burung maka sekarang burung ini tak kelihatan lagi di Inggris. Burung Bustard besar yang terakhir di Inggris mati pada tahun 1832.



Burung Betet laut besar
Burung laut yang tubuhnya sebesar angsa ini, dulu pernah banyak hidup di pesisir laut Atlantik Utara dari Amerika sampai Eropa. Karena adaptasi yang berlebihan dengan air, akhirnya burung ini tak dapat terbang lagi dan menjadi sasaran empuk bagi para pemancing. Dagingnya dimakan dan dijadikan umpan kail. Para pemburu gelap juga memperdagangkan bulu dan telurnya. Sarang-sarang burung betet laut besar masih dapat ditemukan di Orkneys dan St. Kilda sampai tahun 1840 dan akhirnya musnah total pada tahun 1844.



Kupu biru besar
Tambahan terakhir pada daftar spesies binatang yang punah di Inggris adalah kupu biru besar. Binatang ini dinyatakan musnah total pada tahun 1979. Populasinya yang jarang dan selalu menjadi incaran entomologis (pengumpul/kolektor kupu-kupu) telah mempercepat kemusnahannya. Kupu-kupu ini juga musnah karena lingkungan hidupnya dijadikan lahan pertanian atau hutan buatan. Siklus hidup binatang ini tergantung sepenuhnya pada tumbuhan liar dan adanya koloni semut merah. Karena itu kupu-kupu ini tak dapat hidup di sembarang tempat.



Capung berwama
Capung ini musnah karena banjir yang melanda pantai timur Inggris tahun 1953. Daftar nama binatang-binatang yang punah di Inggris ini nampaknya akan terus bertambah jika tidak segera diambil tindakan untuk melindungi mereka dari kepunahan.

Dengan hanya satu kekecualian dalam kasus capung berwama semua binatang tersebut di atas musnah karena tindakan manusia sendiri, baik secara langsung melalui perburuan ataupun secara tidak langsung melalui pengrusakan lingkungan hidup binatan-binatang itu. Untuk menyelamatkan mereka The British Wildlife Appeal, sebuah badan perlindungan binatang-binatang liar di Inggris yang pernah diketuai oleh Sir David Attenborough telah mengumpulkan dana untuk menyelamatkan suaka-suaka alam tempat binatang-binatang liar itu tinggal. Tindakan itu memang harus diambil sekarang karena besok akan sudah sangat terlambat.

Share this article :